4 Tanaman Obat Asam Urat

4 Tanaman Obat Asam Urat - Penyakit asam urat ialah penyakit yang menyerang pada sistem sendi, paling sering menyerang sendi kaki dan tangan. Penyakit ini ditandai dengan tanda-tanda yang sangat khas, dimana pada area sendi yang terjangkit tampak merah, membengkak, dan rasa nyeri. Penyebab penyakit sebagai jawaban peningkatan zat purin (asam urat) dalam darah, sehingga menjadikan tanda-tanda pada persendian.


 Penyakit asam urat ialah penyakit yang menyerang pada sistem sendi 4 Tanaman Obat Asam Urat



Untuk mengetahui lebih niscaya bahwa seseorang menderita asam urat, penderita harus segera melaksanakan investigasi di laboratorium. Untuk kadar asam urat (purin) normal pada laki-laki berkisar 3,5 hingga 7 mg/dl dan pada perempuan 2,6 – 6 mg/dl.

Selain penyebab khusus, peningkatan kadar asam urat juga sanggup dipicu oleh pola makan yang tidak sehat, berikut ini beberapa masakan yang sanggup memicu naiknya kadar asam urat dalam darah:

  • Jeroan: ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak.
  • Seafood: udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden.
  • Ekstrak daging menyerupai abon dan dendeng.
  • Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, sarden).
  • Daging kambing, daging sapi, daging kuda.
  • Bebek, belibis dan kalkun.
  • Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping.
  • Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung.
  • Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Buah-buahan tertentu menyerupai durian, nanas dan air kelapa.
  • Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan memakai margarin/mentega.
  • Makanan kaya protein dan lemak.



Biasanya pengobatan medis yang diberikan oleh dokter jikalau seseorang sudah terdiagnosa menderita penyakit asam urat, diantaranya obat anti radang (anti inflamasi) yang bertujuan mengurangi atau menghilangkan pembengkakan, Analgetika untuk mengurangi rasa nyeri, dan obat khusus untuk menurunkan kadar asam urat itu sendiri. Hanya saja, tentunya komsumsi obat kimia dalam jangka waktu lama, apalagi jikalau penyakit asam uratnya sering kambuh, tidak baik untuk kesehatan jangka panjang, alasannya ialah belum tentu semua obat tingkat penyerapannya maksimal, sehingga akumulasi residu yang menumpuk bertahap di dalam badan akan menjadikan problem kesehatan baru.

Oleh alasannya ialah itu, dikala ini masyarakat mulai banyak melirik pengobatan herbal dengan memanfaatkan flora obat untuk mengobati aneka macam gangguan kesehatan, termasuk penyakit asam urat.

Nah, beberapa jenis flora obat untuk asam urat yang sanggup dipakai untuk mencegah dan mengobati penyakit ini diantaranya.


1.Tanaman Anting-anting



Tanaman ini juga biasa dikenal dengan nama Akar Kucingan/ Rumput Kokosan. Tanaman ini sanggup dimanfaatkan sebagai anti radang, pembersih hati, penambah nafsu makan, dan lain-lain. Pada flora ini juga mempunyai huruf deuretik, sehingga bisa membantu dalam penyembuhan asam urat. Baca juga Khasiat Alami Tanaman Anting-anting


Cara Membuat Ramuan :



Tanaman kering ( seluruh batang ) sekitar30-60 gram direbus, air rebusan diminum 2 kali dan diulangi untuk
5-10 hari.


2.Sambiloto



Tanaman yang berasal dari India, yang lebih dikenal dengan sebutan kayu mas, lang, papaitan, bidara, ki peurat dan lain sebagainya. Tanaman ini juga mengandung senyawa menyerupai alkane, flavanoid, aldehid, keton dan juga mineral menyerupai kalium, natrium, dan kalsium ini sanggup dimanfaatkan sebagai flora obat asam urat. Baca Juga : Kenali Segudang Khasiat Sambiloto


Cara Membuat Ramuan



Cuci higienis dan rebus sambiloto kering 10 gram, rimpang temulawak kering 10 gram, komfrey 5 – 10 gram, dan buah lada 1 gram dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas, diminum 3 kali satu gelas setiap hari, 1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan.


3.Daun Salam



Walaupun daun salam sering dikenal masyarakat sebagai bumbu dapur, namun ternyata,  pada daun salam menyimpan senyawa minyak atsiri, flavonoid dan tannin yang sanggup bermanfaat sebagai flora obat asam urat dan kolesterol.


Cara Membuat Ramuan



Rebus 10–15 lembar daun salam segar ataupun kering dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.


4.Kumis Kucing



Tanaman ini memang sangat dikenal sebagai flora obat yang mujarab, salah satunya kandungan yang ada pada flora ini menyerupai garam kalium sanggup dimanfaatkan sebagai menghancurkan kerikil susukan kencing. Namun sifat diuretik yang ada pada flora ini juga sangat mujarab untuk membuang kelebihan asam urat yang dibuangnya melalui urine.


Cara Membuat Ramuan



Cuci higienis 10 gram daun kumis kucing kering atau 20 gram basah, 10 gram meniran kering atau 20 gram basah, 10 gram sawi tanah kering atau 20 gram basah, 15 gram jahe merah kering atau 30 gram basah, dan 10 gram kapulaga kering. Memarkan jahe merah dan gabung dengan materi yang lain, rebus dalam satu liter air hingga tersisa setengahnya. Minum pagi, siang dan sore hari, masing-masing ¾ gelas (150 ml) atau minum dua kali sehari masing-masing 200 ml.

Demikian beberapa flora obat alternatif yang sanggup dipakai untuk mencegah dan mengobati penyakit asam urat. Megurangi ketergantungan memakai obat-obat kimia merupakan pilihan bijak biar hidup Anda lebih berkualitas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel