Khasiat Dan Manfaat Cangkang Labi-Labi

Obat tradisional ini berasal dari binatang labi Khasiat dan Manfaat Cangkang Labi-Labi


Khasiat dan Manfaat Cangkang Labi-Labi - Obat tradisional ini berasal dari binatang labi-labi, dalam bahasa Cina disebut Bie Jia. Labi-labi ialah homogen kura-kura namun kerapas atau cangkangnya lebih lembut. Hewan ini orisinil dari daratan Cina tetapi telah di budidayakan di Indonesia. Selama pertumbuhannya labi-labi membutuhkan cukup sinar matahari.

Rasa dari herbal ini netral dan asin, bersuhu dingin. Kandungan kimia di dalamnya ialah kalsium, fosfor, vitamin D, mangan, zinc, boron dan strontium.

Bekerja pada badan bab hati, ginjal dan limpa. Berkhasiat mengobati: nightweats, demam pasang surut, kekakuan tendon, tremor, pusing, tinnitus, sakit kepala, mata merah, kejang, demam sore, haus, rasa panas di malam hari, badan pengecap merah, denyut nadi cepat, gangguan tulang mengepul, sulit menstruasi, amenore, nyeri panggul, teraba massa di perut bab bawah, meningkatkan fatwa darah di kanal dan arteri, pembengkakan leher, pembengkakan node getah bening, pembesaran kelenjar getah bening pada anak-anak, akumulasi, penggumpalan pada kanal pencernaan, status pra-apopleptic, kelumpuhan, dan hemiplegia.

Bagian yang dipakai ialah cangkang atau kerapas yang telah dikeringkan. Dosis 10-30 gram dalam suatu rebusan. Waktu memasak 60 menit.

Efek farmakologi, meningkatkan protein plasama dan mengobati anemia alasannya ialah disfungsi hati, menghambat proliferasi jaringan dan memecah massa serta nodul. Keracunan  jarang terjadi menyerupai sensasi meyesakkan di dada, agitasi, serangan panik, gatal erytemas. Kontra indikasi, sefisiensi hirau taacuh limpa. Penggunaan selama kehamilan dilarang.

Sumber : Kitab Herbal Cina

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel