7 Flora Obat Keluarga Wajib Ada Di Pekarangan

7 Tanaman Obat Keluarga Wajib Ada di Pekarangan - Saat ini tumbuhan obat mulai banyak dilirik dan masyarakat sebagai alternatif untuk menjaga dan mengatasi banyak sekali persoalan kesehatan pada anak maupun orang dewasa. Pemerintah juga semakin gencar mempromosikan untuk memakai dan menanam tumbuhan obat di pekarangan rumah yang biasa disebut TOGA (Tanaman Obat Keluarga), semoga tumbuhan obat tersebut gampang didapatkan dikala anggota keluarga mengalami persoalan kesehatan ringan yang sanggup di obati dengan flora obat.

Nah, berikut ini beberapa jenis tumbuhan obat yang wajib ada dan sangat dianjurkan untuk ditanaman di lahan pekarangan rumah, mengingat manfaat dan kegunaannya.


Cocor Bebek



 Tanaman Obat Keluarga Wajib Ada di Pekarangan 7 Tanaman Obat Keluarga Wajib Ada di Pekarangan


Cocor angsa merupakan jenis tumbuhan yang dianjurkan untuk ditanam di pekarangan Anda, tumbuhan ini sangat bahagia dengan air, tetapi bukan berarti harus ditanamn di air. Kandungan air yang banyak pada daun tumbuhan ini menciptakan orang-orang dulu biasa memanfaatkannya sebagai obat demam (obat kompres).
Lebih lanjut, berikut ini beberapa khasiat tumbuhan cocor angsa yang perlu Anda ketahui dan cara pemanfaatannya.

Antipiretika (Obat Penurun Demam)
Sangat baik digunakan untuk menurunkan demam pada si kecil. Caranya sangat gampang ambil 1 lembar daun cocor bebek, bersihkan, kemudian memarkan, dan pribadi letakkan di dahi anak sebagai obat kompres, ini akan menciptakan anak merasa nyaman dan demamnya akan reda.

Obat Alami Untuk Ambeien
Cocor angsa juga sering digunakan sebagai obat ambein dengan cara yang cukup mudah. Ambil beberapa lembar daun cocor angsa yang sudah tua, cuci higienis dan keringkan di terik matahari, tumbuk hingga lembut menyerupai abu teh, selanjutnya ambil 1 sendok makan dan seduhlan dengan air panas, jangan lupa tambahkan madu sedikit untuk memberi rasa. Komsumsi/minum ramuan ini tiga kali sehari.

Anti Asma
Teh dari daun cocor angsa juga sangat baik untuk penderita asma, caranya cukup diseduh dengan air panas satu gelas (sekitar 125 cc) minum secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Sebagai Antibiotik dan Antimemar.
Bila Anda mengalami luka memar akhir benturan dengan benda tumpul, daun cocor angsa sangat bermanfaat untuk mengobati memar dan mencegah terjadinya abuh pada luka. Cara penggunaannya sangat simpel, tinggal kompres bab luka dengan daun cocor bebek, dan diamkan beberapa waktu, hingga daun cocor angsa tampak kering dan layu. Ulangi hingga beberapa kali.


Daun Sirih



Siapa yang tidak kenal dengan daun sirih, flora yang hidupnya biasanya menumpang dan merambat didahan pohon, telah digunakan secara bebuyutan dan mempunyai khasiat yang luar biasa. Apa saja khasiatnya? Beberapa diantaranya di jelaskan berikut ini.

  1. Air rebusan sanggup digunakan untuk membersihkan mata dari kotoran dan menciptakan mata lebih fresh.
  2. Daun sirih juga sanggup mengobati amis ketiak yang membandel, gunakan secara teratur untuk hasil maksimal.
  3. Daun sirih hijau juga sanggup digunakan sebagai obat herbal keputihan dengan cara merebus daun sirih jijau secukupnya, gunakan untuk membasuh Miss “V”.
  4. Jika Anda menderita sariawan, gunakan daun sirih dnegan cara dikunya hingga lumat atau kalau Anda tidak tahan, sanggup berkumur-kumur dengan air rebusan daun sirih.
  5. Sebagai obat luka bakar, caranya ambil beberapa lembar daun sirih, panaskan sebentar hingga layu, sehabis itu tempelkan pada luka bakar.
  6. Menghilangkan amis mulut, dengan cara dibentuk sebagai obat kumur dari hasil rebusan daun sirih.
  7. Sangat baik untuk menghentikan mimisan, caranya remas daun sirih hingga memar, kemudian gulung, dan sumbatkan pada bab hidung yang mimisan.
  8. Sebagai obat gatal-gatal pada kulit. Caranya tumbuk daun sirih hijau secukupnya, kemudian balurkan pada bab kulit yang gatal, ulangi beberapa kali hingga hasil yang maksimal.
  9. Sebagai obat radang tenggorokan. Caranya gunakan rebusan daun sirih hijau sebagai obat kumur dan lakukan minimal 3 kali sehari.
  10. Dengan minum air rebusan daun sirih sanggup mengatasi persoalan hadi pada perempuan ( haid tidak teratur dan tidak lancar).


 



Temu Lawak



Temulawak merupakan tumbuhan obat indonesia yang mempunyai kandungan Kurkumin yang berguna sebagai Anti Radang ataupun Anti Keracunan Empedu. Untuk manfaat lebih lengkap silahkan baca di sini.

 



Seledri





Rasanya tumbuhan yang satu ini sangat familiar bagi kita, selain yummy digunakan sebagai penyedap rasa ternyata seledri juga berfungsi sebagai obat alami alasannya ialah kaya akan kalsium, fosfor dll.
Salah satu manfaat  seledri sanggup digunakan sebagai Obat Asam Urat. Caranya Cukup rebus beberapa biji seledri untuk segelas air didihkan kemudian minum setiap pagi.



Jambu Biji



Tanaman jambu biji banyak tumbuh hampir di seluruh Indonesia. Penduduk kebanyakan mementingkan buahnya, tetapi daun-daunnya pun ternyata mempunyai nilai obat yang baik. Daun-daun jambu biji berkandungan zat penyamak, minyak atsiri berwarna kehijauan yang mengandung egenol, minyak lemak, damar, dan garam-garam mineral. Daun jambu biji berguna untuk menyembuhkan penyakit mencret dan astringensia. Cara memakai cukup gampang untuk penyakit diare, ambil beberapa pucuk daun muda jambu biji, kemudian kunyah daun dengan sedikit garam, telan airnya. Gunakan beberapa kali hingga diare reda atau berhenti.


Pepaya



Tanaman pepaya tumbuh dan banyak ditemukan di banyak sekali tempat ditanah air kita. Daun Pepaya pada umumnya kita makan sebagai lalap  atau disayur. Adapun kandungan zat yang terdapat pada daun pepaya, antara lain alkoida karpin, glukosida, karposioda, sedikit damar, dan lazin proteolitik papain.
Daun Pepaya berguna sebagai obat untuk menyembuhkan demam, disentri, dan sebagai penambah semangat dengan takaran minimal 0,5 mg hingga 4 gram.Baca posting sebelumnya " sejuta khasiat dan manfaat pepaya "


Daun Dewa



Daun Dewa dipercaya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Daun Dewa mengandung minyak atsiri, saponin dll. Daun Dewa bida digunakan sebagai Obat Penyakit Stroke ataupun Pencegah datangnya Penyakit Stroke. Mampu juga mengobati luka memar dan Penurun Darah Tinggi.

Demikian 7 jenis Tanaman Obat Keluarga yang di rekomendasikan untuk ditanam dihalaman pekarangan, sanggup di sesuaikan dengan luas halaman pekarangan, atau tumbuhan obat ini sanggup juga di budidayakan dengan memakai pot atau bahkan dengan media lainnya. Semoga ada manfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel