Manfaat Tanaman Tengguli Bagi Kesehatan

Manfaat Tanaman Tengguli Bagi Kesehatan - Tengguli, Trengguli, Kayu raja merupakan salah satu obat tradisional dari flora hias yang mempunyai bunga warna cerah yang biasa ditanam di taman atau pinggir jalan tengah kota. Diduga berasal dari Asia Selatan dan juga Asia Tenggara. Tengguli masih dalam pembagian terstruktur mengenai kerajaan plantae dan mempunyai nama latin atau ilmiah Cassia fistula. Selain itu, nama dareah untuk tengguli juga boleh dibilang sangat banyak, diantaranya disebut dengan : Bobondelan (jawa), Tilai (kalimantan), Pong raja (bugis), papapauno (irian) dan masih banyak lagi yang lainnya.
 Kayu raja merupakan salah satu obat tradisional dari flora hias yang mempunyai bunga wa Manfaat Tanaman Tengguli Bagi Kesehatan
Manfaat Tanaman Tengguli Bagi Kesehatan
Deskripsi :
Ketinggian pohon mencapai 10 sampai 20m, kulit kayu berwarna abu-abu pucat, daun berseling dengan warna hijau, bunga bergelantung dengan warna kuning berbau sedap, dan berbuah polong. Nah yang dipertanyakan yakni : Apa sajakah Manfaat dan khasiat Tengguli untuk kesehatan? Yuk lanjut saja membacanya!

Manfaat Tanaman Tengguli Bagi Kesehatan :
  • Sebagai obat urus-urus atau pencahar alami (Buah, daun dan pepagan yang direbus).
  • Membersihkan luka dan mencegah infeksi abses (Akar direbus dibasuhkan).
  • Mengatasi penyakit kulit akhir jamur menyerupai panu, kadas, kurap dan lain-lainnya (Merebus kulit dan membasuhkan).
  • Menurunkan demam (merebus akar dan meminumnya).
  • Mengobati kencing bagus / diabetes mellitus (rebus akar,kulit, daun dan buah).
  • dll.
Beberapa kandungan zat kimia yang terdapat pada daging buah tengguli diantaranya : Minyak Atsiri, lendir, gula, pektin dan mempunyai anyir khas menyerupai madu.

Nah itulah bahasan singkat mengenai Manfaat Tanaman Tengguli Bagi Kesehatan. Semoga mempunyai kegunaan dan membantu bagi orang yang sedang membutuhkan. Jangan lupa cek juga artikel kami yang lain. Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel