Kandungan Manfaat Dan Khasiat Kembang Merak Bagi Kesehatan

Kandungan Manfaat dan Khasiat Kembang Merak Bagi Kesehatan - Kembang atau Bunga Merak merupakan flora orisinil yang berasal dari Asia dan Afrika. Masih dalam kerajaan Plantae, Kembang merak mempunyai nama latin Caesalpinia pulcherrima. Dan Tanaman ini banyak didapat di pekarangan atau depan rumah yang sekaligus dijadikan tumbuhan hias yang indah. Selain kegunaan tersebut, ternyata ada fungsi lain yang sanggup dipakai sebagai obat atau jamu tradisional.

Ciri atau deskripsi dari tumbuhan kembang merak bergotong-royong sangat sederhana saja. Batang perdu berkulit putih, Daun beragam menyirip genap, Bunga berwarna merah bercampur kuning, Dan buahnya berbentuk kacang polong namun pipih. Namun yang ditanyakan disini ialah : Apa saja kandungan senyawa kimia pada kembang merak? Dan Apa saja manfaat serta khasiat untuk kesehatan? Mari kita baca bersama tanggapan singkat dibawah ini!
Kandungan Manfaat dan Khasiat Kembang Merak Bagi Kesehatan Kandungan Manfaat dan Khasiat Kembang Merak Bagi Kesehatan
Kandungan Manfaat dan Khasiat Kembang Merak Bagi Kesehatan
Kandungan zat atau senyawa kimia yang sanggup didapat dari kembang merak ini cukup banyak dan bervariasi, Pada bunga terdapat : Tanin, Gallic acid, Resin, Zat merah dan Benzoic acid. Sedangkan pada daunnya terkandung : Alkaloid, Saponin, Tanin, Glucoside, dan Calcium oksalat. Dan pada kulit ada : Plumbagin, Lumbagol, Tanin, Zat samak, Alkaloid, Saponin, dan Calsium Oksalat. Nah dari beberapa kandungan tersebutlah Bunga Merak ini terbukti ampuh untuk menyembuhkan penyakit.

Kandungan Manfaat dan Khasiat Kembang Merak Bagi Kesehatan :
  • Memperlancar tiba bulan atau Menstruasi pada wanita.
  • Menghentikan diare atau mencret.
  • Mengobati sariawan dan tanda-tanda yang disebabkan.
  • Memutihkan mata merah.
  • Mengatasi begah atau perut kembung.
  • Obat kejang dan panas pada anak.
  • dll.
Cara meracik :
Siapkan Daun, bunga dan kulit batang secukupnya, tumbuk sampai halus lalu di seduh dengan air mendidih. Sebelum diminum tambahkan sedikit garam dapur untuk meredam sedikit rasa pahit. Dan konsumsilah selagi hangat.

Pantangan !!!
Ibu hamil dihentikan meminum jamu ini dikarenakan mengakibatkan gangguan atau juga menimbulkan keguguran.

Nah itulah bahasan singkat mengenai Kandungan Manfaat dan Khasiat Kembang Merak Bagi Kesehatan. Semoga sanggup membantu dna mempunyai kegunaan bagi orang banyak. Informasi lebih lanjut mengenai tumbuhan obat, silahkan cek related post dibawah. Terima kasih dan selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel