Manfaat Obat Kembang Telang



Kembang Telang merupakan tumbuhan liar yang tumbuh merambat biasa ditemukan di pekarangan rumah. Bunganya cukup elok berwarna biru keunguan.  Kembang telang telah usang dipakai oleh masyarakat kita sebagai sumber obat tradisional.

Nama ilmiah Kembang Telang: Clitoria ternatea L.

Nama kawasan Kembang Telang:
Nama-nama kawasan tumbuhan Kembang Telang tersebut antara lain bunga biru (Melayu), kembang telang (Sunda), kembang teleng (.Jawa), bunga temen raleng (Bugis).

Kandungan Kimia dan Efek farmakologis Kembang Telang :
Kembang telang memiliki akar yang beracun. Beberapa materi kimia yang terkandung pada kembang telang di antaranya saponin, alkaloid, flavonoid, ca-oksalat dan sulfur. Daun flora ini mengandung kaemferol 3-glucoside, dan triterperroid, sedangkan bunganya mengandung delphirridin 3,3’,5’, triglucoside dan fenol. Efek farmakologis yang dimiliki oleh akar kembang telang di antaranya laxative (pencahar), diuretic, perangsang muntah, dan pembersih darah. Daun kembang telang sanggup mempercepat pematangan bisul, sedangkan bijinya sanggup dipakai untuk obat cacing dan pencahar ringan.
Khasiat dan Manfaat Obat Kembang Telang 1. Abses dan bisul
Tumbuk halus bunga kembang telang berwarna biru secukupnya, kemudian tambahkan gula jawa secukupnya. Gunakan adonan kedua materi tersebut untuk menurap bisul atau abses. Selain itu, rebus akar kembang telang putih, kemudian minum air rebusannya. Air rebusan ini bermanfaat untuk mencuci darah.

2. Demam, menghilangkan dahak pada bronkhitis kronis, iritasi kandung kemih, dan jalan masuk kencing
Rebus 0,3 g akar kembang telang kering dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan kemudian minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

3. Radang mata merah
Rendam bunga kembang telang yang berwarna biru secukupnya dalam 1 gelas air hingga air rendaman menjadi bin. Gunakan air rendaman untuk mencuci mata.

4. Sakit telinga
Cuci higienis daun kembang telang, kemudian lumatkan. Ambil air perasannya, tambahkan garam, kemudian oleskan di sekitar indera pendengaran yang sakit dikala masih hangat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel