Khasiat Dan Manfaat Obat Lamtoro / Petai Cina

Lamtoro atau juga dikenal dengan Petai Cina atau Mlanding nama ilmiahnya ialah Leucaena glauca, biasanya digunakan sebagai materi lalapan, juga gabungan untuk nasi pecel atau dibentuk botok. Seperti halnya petai aroma lamtoro langu kurang sedap tapi bila sudah masuk dimulut jadi sedap.  Lamtoro juga banyak dimanfaatkan oleh petani sebagai tumbuhan naungan alasannya termasuk legume yang dapat menambah kesuburan tanah.  Tanaman ini juga biasa digunakan sebagai tumbuhan penghijauan di lahan kritis alasannya cepat tumbuh, sedang daunnya dapat digunakan untuk makanan ternak.



Lamtoro meski nama lainnya ialah petai cina, bukan berasal dari cina, namun asalnya dari benua amerika tropis yang kemudian dibawa ke jawa oleh belanda untuk kepentingan belanda khususnya dalam pertanian proyek kehutanan.  Lamtoro kemudian menyebar ke seluruh Indonesia dan sekitarnya.  Jika anda ke Malaysia, Lamtoro lebih dikenal dengan nama Petai Jawa.

Tanaman Lamtoro ternyata juga berguna obat yang dapat digunakan untuk penyakit diabetes,   susah tidur,  radang ginjal,  disentri, meningkatkan  gairah  bercinta,  cacingan,  peluruh  haid,  herpes  zoster,  luka terpukul, bisul,  eksim, patah tulang, tlusupen kayu/bambu dan  pembengkakan.
 
1. Kencing Manis/Diabetes
Seduh satu sendok teh abu biji tumbuhan lamtoro dengan ½ cangkir air panas. Minum hasilseduhan ketika masih hangat, setengah jam sebelum makan sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

Gunakan 5 gram abu biji tumbuhan lamtoro diseduh dengan 100 cc air panas, kemudian diminum hangat-hangat 1/2 jam sebelum makan. Lakukan 2 kali sehari.

 2. Cacingan, Bengkak (Oedem) dan Radang ginjal
Rebus atau seduh 3-5 gram serbuk biji tumbuhan lamtoro kering dengan 1 cangkir air panas, kemudian minum air rebusan atau seduhannya. Lakukan pengobatan tiga kali sehari dengan takaran yang sama.

3. Bisul, Patah tulang, Abses paru, Luka terpukul, Susah tidur alasannya gelisah (Insomnia)
Rebus 10 gram seluruh bab tumbuhan lamtoro dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum sekaligus satu kali sehari ketika hangat.

4. Meluruhkan Haid
Rebus segenggam akar tumbuhan lamtoro dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

5. Meningkatkan gairah cinta
Kocok 1 sendok abu biji tumbuhan lamtoro, 1 sendok abu lada hitam, 2 butir kuning telur ayam kampung mentah dan 1 sendok madu hingga rata. Minum gabungan tersebut sekaligus satu hari.

6. Cacingan
Gunakan biji lamtoro bau tanah dan kering ditumbuk halus menjadi bubuk. Ambil 5 gr abu tersebut kemudian seduh dengan 100 cc air panas kemudian diminum.
 

7. Tertusuk Bambu atau Kayu (Telusupen)
Bahkan bila anda tertusuk kayu, bambu, dan lain-lain gunakan daun lamtoro yang muda secukupnya dihaluskan kemudian ditempelkan pada bab yang sakit. Untuk mengobati luka gres dan bengkak, gunakan daun lamtoro secukupnya dihaluskan kemudian ditempelkan pada bab badan yang luka.
 

8. Herpes
Untuk mengobati penyakit herpes zoster dengan memakai 30 gram daun lamtoro ditambah 1 siung bawang putih ditumbuk halus kemudian ditempelkan pada bab yang sakit.
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel