Khasiat Som Jawa Alias Ginseng Jawa Untuk Kebugaran Tubuh



Kolesom atau juga dikenal dengan som jawa, telah usang dikenal sebagai obat alami. Contohnya yang paling umum diperdagangkan yaitu anggur kolesom cap itu.   Meski disebut dengan som jawa namun bahwasanya tanaman ini bukan dari jawa tapi dari Benua Amerika Tropis.  Karena akarnya yang menyerupai dengan ginseng korea maka kolesom sering juga disebut dengan ginseng jawa.   Nama ilmiah dari kolseom yaitu Talinum paniculatum.  Ginseng jawa menyerupai juga ginseng korea, dikenal mempunyai kegunaan untuk mengatasi gangguan pada laki-laki dan menambah stamina. Tidak menyerupai ginseng korea yang butuh waktu bertahun-tahun untuk sanggup dipanen akarnya, ginseng jawa ini dalam beberapa bulan sudah sanggup dipanen akarnya yang berkhasiat.

Dari hasil penelitian, Kolesom atau ginseng jawa dapat  menambah kebugaran tubuh, meningkatkan jumlah dan kelincahan sel jantan, menaikan kadar hormon testoteron dan menambah kualitas lapisannya.  Ginseng jawa juga mengandung senyawa turunan saponin, alkaloid, tannin, dan senyawa-senyawa lain yang secara fisiologis sanggup melancarkan sirkulasi atau peredaran darah pada system saraf sentra atau sirkulasi darah tepi.
Menurut ilmu pengobatan China, sifat alamiah gingseng adalah, anggun dan agak dingin, baik untuk organ organ penting.  Sifat alamiah dan kandungan kimiawi dari obat tradisional Tiongkok yaitu Satu kesatuan. Sifat alamiah yaitu hal yang pokok pengobatan tradisional Tiongkok berafiliasi dengan sifat alami Yin (dingin, sejuk)  dan Yang (hangat, panas).  Setiap rasa kemudian diklasifikasikan menurut alam dan fungsionalnya. Contohnya, rasa anggun sanggup melenyapkan darah kotor, meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan energi .  Nah jikalau dari sisi pengobatan modern hanya dipandang dari satu sisi saja yaitu kandungan kimawinya saja. Menurut penulis intinya ilmu pengobatan tradisional herbal china ini lebih komplit alias lebih Holistik deh.


CONTOH PEMAKAIAN GINSENG JAWA /KOLESOM

Menambah stamina

Akar som jawa sebanyak 50 g diiris tipis-tipis. Seduh dengan 3/4 cangkir air panas:Tambahkan sedikit brem, minum selagi hangat.

Memperbanyak ASI  dan mengatasi kurang nafsu makan
Daun som jawa segar secukupnya ditumis, kemudian dimakan sebagai sayuran.

Bisul
Daun som jawa segar dicuci. Tambahkan gula merah secukupnya kemudian digiling halus. Tempelkan pada bisul, kemudian dibalut.

Penting!!!!
Akar segar sebelum digunakan untuk pengobatan atau dikeringkan untuk penyimpanan, harus dikukus terlebih dahulu. Pemakaian akar segar secara pribadi sanggup mengakibatkan diare.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel