Khasiat Sambang Darah Untuk Gangguan Pendarahan




Nama Sambang darah sangat terkait dengan khasiatnya untuk obat dilema gangguan pada darah. Tanaman ini biasa ditanam sebagai tanaman hias, atau tanaman penghias jalan, sebab warna daunnya yang cukup cantik.  Nama umum yaitu Chinese croton, diperkirakan berasal dari tempat china sampa indochina. Ada dua jenis sambang darah yang umum ditanam masyarakat yang daunnya hijau dan ada yang daunnya belang-bekang putih (varigata) namun keduanya punya daun bawah yang berwarna merah.
Nama ilmiah Sambang darah yaitu Excoecaria cochinchinensis Lour.

Tanaman Perdu yang tumbuh tegak; tinggi 0,5-1,5m, percabangan banyak, getahnya berwarna putih dan beracun. Daun bertangkai, helaian daun bentuknya jorong hingga lanset memanjang, ujung dan pangkal runcing, tepi bergerigi, tulang daun menyirip dan menonjol pada permukaan bawah, panjang 4-15 cm, lebar 1,5-4,5 cm, warna daun pada permukaan atas hijau tua, dan permukaan bawah  daun sambang darah berwarna merah. Daun muda warnanya lebih mengkilap. Bunga keluar dari ujung percabangan, bentuknya kecil-kecil warnanya kuning, tersusun dalam rangkaian berupa tanda, bunga jantan lebih banyak dari pada bunga betina. Buah bentuk bundar, dengan diameter sekitar 1 cm. Perbanyakan dapat dengan setek batang atau cangkokan.
  
Sambang darah rasanya pedas, sifatnya hangat, beracun. Tumbuhan ini berguna membunuh benalu (parasitisid), menghilangkan gatal (antipruritik), dan penghenti perdarahan (hemostatis).

Berikut beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan Sambang Darah:

a. Disentri

Petiklah 15 lembar daun sambang darah, basuh bersih. Rebus dengan 3 gelas air higienis hingga tersisa menjadi 2 gelas. Dinginkan dan minum sehari 2 kali masing-masing 1 gelas.

b. Muntah darah

Petik segenggam daun sambang darah kemudian tumbuk halus. Tambahkan dengan sedikit garam dan 1/2 gelas air minum. Aduklah ramuan tersebut kemudian peras dengan kain higienis dan minumlah hingga habis.

c. Perdarahan haid berlebihan

Rebus beberapa ranting daun sambang darah segar sesudah dicuci terlebih dahulu. Minum air rebusan tersebut.

d. Perdarahan sesudah bersalin ataupun keguguran

Ambillah 1,5 jari tangan akar sambang darah, kemudian basuh hingga bersih. Rebus akar dengan 2 gelas air minum hingga tinggal 1 gelas. Minum sehari 2 kali masing-masing 1/2 gelas saja.

e. Luka berdarah

Tumbuk daun sambang darah hingga halus. Tempelkan tumbukan daun yang telah halus pada kepingan yang sakit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel