Atasi Insomnia Dengan Biji Pala



Buah Pala semenjak jaman dahulu telah menjadi komoditi berharga, dan bahkan menciptakan negeri kita dijajah oleh bangsa eropa karenanya. Buah Pala yang nama latinnya adalaha Myristica fragrans ini merupakan tumbuhan yang berasal dari tempat Maluku. Namun banyak juga dijumpai di tempat lain mirip manado yang populer dengan manisan palanya.
Dari banyak sekali hasil penelitian mengatakan buah pala banyak memiliki senyawa yang berguna obat.  Senyawa kimia buah pala tersebut terdapat di kulit, daging, biji pala hingga bunganya. Misalnya, kandungan minyak atsiri dan zat samak terdapat pada kulit dan daging buah pala. Sedangkan fuli atau bunga pala mengandung minyak atsiri, zat samak dan zat pati. Sedangkan dari bijinya sangat tinggi kandungan minyak atsiri, saponin, miristisin, elemisi, enzim lipase, pektin, lemonena dan asam oleanolat.

Contoh Penggunaan Ramuan Dengan Biji Pala Untuk Beberapa gangguan kesehatan:
1. Gangguan susah tidur 
a.. Cara paling praktis minum jus/sirup pala 
b.  Minum ramuan biji pala :  
1 sendok teh biji pala, 1 gelas susu segar, 1 sdt madu, dan ½ sdt gula batu. Rebus susu hingga mendidih, angkat dan campur dengan pala, madu dan gula batu. Aduk, saring dan minum selagi hangat.

2. Nyeri Haid. 

Cara:  ½ sdt pala halus, 2 cm kunyit, 6 butir ketumbar, 1 buah cengkeh dan satu gelas air. Campur semua materi dan rebus dengan api kecil hingga airnya tinggal setengah. Saring dan minum selagi hangat.

3. Mengatasi rasa mual dan muntah.
Seduh 1 sdt pala halus dengan ¼ sdt garam halus dalam 1 gelas air hangat. Aduk rata dan minum selagi hangat beserta ampasnya.

4. Meringankan tanda-tanda maag, masuk angin dan cegukan.
Siapkan 100 ml air hangat, Campur dengan 1 sdt pala halus dan 2 sdt bubuk buah pisang batu. Minum beserta ampas selagi hangat. Sebaiknya pengobatan diulang hingga sembuh.

5. Menyembuhkan bunyi parau.
Campur 2 sdm pala jalus dengan 2 sdm jahe parut, 1 sdt cengkeh halus dan 3 tetes minyak kayu putih. campur semua materi hingga terbentuk campuran mirip pasta. Oleskan pada leher mirip menggunakan masker, biarkan meresap selama 3 jam. Ulangi pengobatan hingga sembuh.

6. Rematik. 
Bagi penderita rematik, mandilah dengan sabun pala secara teratur dan gosok pada bab yang sakit dengan balsam pala.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel