Khasiat Dan Manfaat Herbal Dari Kunyit/Kunir

Kunyit sudah sangat usang di gunakan nenek moyang kita bagi kesehatan, dan tanaman ini mempunyai banyak manfaat pengobatan. Masakan Indonesia sangat mengenal kunyit sebagai salah satu materi dasar wajib untuk kuliner yang berwarna kuning atau sebagai pewarna alami makanan. Contohnya; kari ayam, gulai, soto, hingga ayam goreng bumbu kuning, nasi kuning, memakai kunyit sebagai salah satu bumbunya. Selain untuk bumbu dapur, kunyit juga dipakai untuk ramuan obat tradisional baik menjaga kesehatan badan maupun kecantikan. Yang biasa kita konsumsi mungkin yaitu kunir asam yang biasa dijual oleh mbak jamu gendong langganan kita. Dengan mengonsumsi kunyit asam - satu minuman dengan kategori jamu - secara teratur, kulit anggun dengan warna kuning langsat pun akan diperoleh. Kunyit yang bagus untuk obat yaitu yang umur rimpangnya sudah lebih dari satu tahun. Beberapa khasiat obat dari kunyit antara lain:

    Kunyit sudah sangat usang di gunakan nenek moyang kita bagi kesehatan Khasiat dan Manfaat Herbal dari Kunyit/Kunir
  1. Demam : 20 gram rimpang segar dicuci kemudian diparut.Tambahkan 1/2 gelas air matang dan diaduk merata,peras dengan sepotong kain bersih.Air perasan diminum.Lakukan 2 kali sehari
  2. Diare : Bahan : rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya. Caranya: ambil kunyit segar sebesar 1/2 jari tangan,diiris tipis-tipis kemudian direbus dengan 1 gelas air higienis hingga tersisa 1/3 gelas. Tambahkan 1 sendok teh air kapur sirih,aduk hingga merata. Saring dan minum 3 kali sehari hingga sembuh.
  3. Perut kembung,tidak nafsu makan,nyeri,mual 50 g kunyit segar bersihkan kemudian diparut.Tambahkan 3 sendok air minum,lalu aduk merata kemudian diperas dan disaring,dibagi untuk 3 kali minum.
  4. Mencegah kerutan pada kulit. Parut sedikit kunyit dan peras airnya. Untuk hasil maksimal, sebaiknya setiap hari diminum.
  5. Diabetes Mellitus. Bahan : 3 rampang kunyit, 1/2 sendok teh garam. Cara menciptakan : kedua materi tersebut direbus dengan 1 liter air hingga mendidih, kemudian disaring. Cara memakai : diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas.
  6. Tifus. Bahan : 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto. Cara membuat: semua materi tersebut ditumbuk halus dan dipipis, kemudian ditambah 1 gelas ai masak yang masih hangat dan disaring. Cara memakai : diminum, dan dilakukan selama 1 ahad berturut - turut.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel