Khasiat Dan Manfaat Jambu Mete Untuk Diabetes, Reumatik Dll

Jambu Mete/Jambu Mede sudah tidak absurd lagi buat kita masyarakat indonesia.  Buahnya sangat unik seolah-olah orang yang digantung dengan kepala dibawah, sehingga sering digunakan untuk menakuti belum dewasa nanti kualat jadi jambu mete jika nakal. Yang umum kita temui yaitu kacang buah mete dengan warna merah oranye dan kuning.  Buah mete ketika ini sudah banyak dimanfaatkan sebagai sirup.



Kacang Mete/Mede yang rasanya gurih nikmat dan sangat umum dihidangkan ketika lebaran datang untuk para tamu.  Kacang mede selain rasanya nikmat juga banyak punya khasiat. Asam amino yang ada pada kacang mete antara lain leusin, valin, arginin, asam aspartat, asam glutamat, dan serin. Asam glutamat dan asam aspartat sangat berkontribusi penting terhadáp timbulnya rasa gurih pada kacang mete walau tidak diberi bumbu apa pun.
Kacang mete mengandung asam lemak omega 9 yang  memuliki tugas penting dalam meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat), sehingga sangat baik untuk menekan terjadinya penyakit jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya.  Selain itu juga mengandung asam lemak omega 6, yaitu asam linoleat. Asam lemak omega 6 juga mempunyai tugas penting dalam menjaga profil kolesterol darah semoga tetap normal.
 Selain Kacang Mete yang punya nilai ekonomi tinggi dan banyak khasiatnya. Bagian tumbuhan dari Pohon Mete juga banyak mempunyai khasiat Obat baik itu daun, kulit batang maupun akarnya.  Berikut ini beberapa penyakit yang sanggup diobati dengan jambu mete dan cara meraciknya.

Sembelit
Cuci 10g kulit kayu jambu mede hingga bersih, kemudian rebus dalam 2 gelas air selama 20 menit. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum, sehari 2 kali sama banyak.

Disentri
Ambil satu genggam daun jambu Mete dan 1 potong kulit batang jambu Mete, basuh hingga higienis kedua materi tersebut, kemudian kita rebus dangan 1 ½ liter air hingga mendidih, kemudian saring ambil airnya, cara mengkonsumsinya minum 2 kali sehari pagi dan sore.

Kencing bagus (Diabetes Mellitus)
Cuci 15g kulit kayu jambu mede hingga bersih, kemudian potong-potong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah hambar saring dan air saringannya diminum, sehari 2 kali masing-masing 1/2 gelas.

Radang Tenggorokan
Cuci 5 buah semu jambu mede hingga bersih, kemudian parut. Tambahkan 4 sendok makan air masak dan 2 sendok makan madu sambil diaduk rata. Peras ramuan tersebut, kemudian saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur (langsung ditelan), sehari 3 kali, masing-masing 2 sendok makan.

Sariawan
Cuci segenggam daun muda dan sepotong kulit kayu jambu mede hingga bersih, kemudian rebus dalam 1 liter air hingga mendidih (selama 15 menit). Setelah hambar saring dan air saringannya siap untuk diminum. Pengobatan dilakukan sehari 2-3 kali, masing-masing 1 gelas. Air rebusan tersebut juga sanggup digunakan untuk berkumur-kumur.

Rematik, Tekan darah tinggi
Iris-iris segenggam daun jambu mede, kemudian rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum, sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

Digigigt ular berbisa
Gongseng beberapa buah jambu mede yang mengandung biji hingga kulit luarnya menguning untuk menghilangkan racun yang sanggup menimbulkan iritasi kulit. Setelah kuning, keluarkan bijinya. Jemur hingga kering, kemudian giling hingga halus. Gunakan ramuan ini untuk menabur luka akhir gigitan ular beracun.

Sakit gigi, radang gusi
Gongseng 5 buah kacang mede kering hingga kuning, kemudian giling menjadi serbuk. Ambil 1 sendok teh serbuk tersebut, kemudian tambahkan 1/4 sendok teh madu. Aduk hingga rata, kemudian bubuhkan pada gigi yang berlubang atau sekitar gusi yang meradang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel