9 Khasiat Herba Ceremai Yang Sayang Di Lewatkan

Selama ini ceremai lebih di kenal alasannya yaitu rasa buahnya yang asam-asam anggun namun menyegarkan, sehingga sering di jadikan manisan ataupun di rujak, benar bukan? Namun tahukah Anda, ternyata daun, kulit akar dan bijinya juga mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan dan sangat cocok untuk mengobati penyakit-penyakit tertentu. Oleh alasannya yaitu itu, tidaklah mengherankan kalau herba ceremai banyak di rekomendasikan oleh ahli-ahli herbal sebagai solusi untuk mengobati penyakit. Lalu, penyakit apa yang sanggup di obati dengan herba ceremai? Lanjut baca yuk !


 lebih di kenal alasannya yaitu rasa buahnya yang asam 9 Khasiat Herba Ceremai  Yang Sayang di Lewatkan



Ceremai ( Phyllanthus acidus [L.] Skeels ) merupakan pohon yang asalnya dar India, flora ini sanggup tumbuh pada kondisi tanah ringan sampai berat dan tahan kalau kekurangan atau kelebihan air. Tanaman ini biasanya banyak di jumpai di halaman atau pekarangan rumah, di ladang maupun di daerah lagi sampai ketinggian 1.000 m dpl.

Beberapa ciri khas ceremai diantaranya pohon kecil, tingginya sanggup mencapai 10 meter, terkadang juga lebih. Percabangannya banyak dan kulit kayunya lebih tebal. Sementara daunnya tunggal, bertangkai pendek yang tersusun dalam tangkai yang membentuk rangkaian menyerupai daun majemuk.
Daun muda ceremai biasanya di makan dengan cara di sayur, buah muda juga sanggup di masak bersama sayuran lain sebagai penyedap kuliner alasannya yaitu rasa asamnya. Untuk buah yang sudah masak sanggup di makan pribadi sehabis sebelumnya di remas terlebih dahulu dengan memakai air garam yang berguna untuk mengurangi rasa sepat dan asam, di makan sehabis di buat manisan atau selai. Perbanyakan flora ini dengan bijinya atau okulasi.


Sifat dan Khasiat



Daun ceremai mempunyai bacin khas aromatic, tidak berasa, dan mempunyai khasiat sebagai expektoransia ( pengencer dahak ) dan pencahar ( purgative ). Kulit akar dan buah mempunyai kegunaan sebagai pencahar pada kondisi konstipasi.


Kandungan dan Senyawa Kimia



Daun, kulit batang, dan kayu ceremai mempunyai kandungan zat saponin, polifenol, dan tannin. Akarnya juga mengandung saponin, asam galus, zat samak, dan juga zat beracun ( toksik ). Sedangkan buahnya kaya akan Vitamin C. bab yang dipakai dari herba ini yaitu akar, kulit akar dan bijinya.


Indikasi



Daun mempunyai kegunaan untuk :

  • Menguruskan badan
  • Batuk berdahak
  • Mual
  • Kanker, dan sariawan


Kulit akarnya mempunyai khasiat untuk mengatasi :

  • Asma, dan
  • Sakit Kulit


Biji mempunyai kegunaan untuk mengatasi :

  • Sembelit, dan
  • Mual akhir perut kotor.



Cara Pemakaian

  1. Asma – Siapkan biji ceremai lebih kurang 6 biji, tambahkan bawang merah 2 siung, akar kara ( dolichos lablab ) ¼ genggam, buah lengkeng 8 butir, terlebih dahulu di bersihkan kemudian ditumbuk seperlunya. Semua bahan-bahan tersebut kemudian di rebus dengan 2 gelas air higienis dan biarkan sampai tersisa 1 ½ gelas. Setelah dingin, jangan lupa di saring, kemudian diminum dengan air gula secukupnya. Gunakan 2 kali sehari, masing-masing ¾ gelas.
  2. Sembelit – Ambil biji ceremai sebanyak ¾ sendok the, basuh kemudian digiling sampai benar-benar halus. Selanjutnya di seduh dengan ½ gelas air panas. Selagi hangat jangan lupa tambahkan  1 sendok makan madu, dan aduk sampai rata kemudian diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari. Cara kedua, siapkan daun ceremai segar sebanyak 3 g, dicuci kemudian di tumbuk halus. Seduh dengan ½ gelas air panas dan dinginkan. Hasil seduhan diminum sekaligus bahu-membahu dengan ampasnya.
  3. Kanker - Siapkan daun ceremai yang masih uda lebih kurang ¼ genggam, daun belimbing 1/3 genggam, gadung cina ½ jari, bidara upas ½ jari, gula enau 3 jari, basuh kemudian di potong-potong seperlunya. Bahan-bahan tersebut selanjutnya di rebus dengan 3 gelas air higienis sampai mendidih dan sisakan kira-kira ¾ bagian. Setelah cuek jangan lupa dis aring terlebih dahulu sebelum diminum 3 kali sehari masing-masing ¾ gelas.
  4. Melangsingkan Badan - Minum rebusan daun ceremai, obat ini bekerja kuat, sehingga dihentikan di gunakan dalam jangka waktu lama.


Catatan Penting :

Cairan akar beracun, oleh alasannya yaitu itu dihentikan memakai akar ceremai untuk pengobatan. 



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel