Mengenal Obat Tradisional Untuk Anak Susah Makan

Permasalahan anak susah makan sering menjadi keluhan setiap orang tua, dan ini cenderung terjadi pada anak balita, namun sanggup juga terjadi pada anak usia 5 tahun ke atas. Dalam  kondisi menyerupai ini tentu setiap orang renta merasa khawatir dan kebingungan, apalagi kalau aneka macam upaya telah di coba semoga selera makan si kecil kembali stabil namun tenyata belum juga membuahkan hasil yang menggembirakan. Kabar buruknya kalau kondisi dimana anak susah makan terus berlangsung tentu sedikit banyak akan membawa efek yang terhadap kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan si kecil, benar bukan?





Menurut praktisi kesehatan kondisi anak susah makan memang lazim terjadi pada anak, khususnya ketika menginjak usia 1-2 tahun, sebab pada usia tersebut di sebut juga sebagai usia bermain anak, sehingga si kecil terkadang lebih mengutamakan bermain daripada menghabiskan porsi makanan pada ketika jam makan, oleh sebab itu, sebagai orang renta tentu harus lebih jeli dan sanggup mensiasati kondisi ini semoga anak tetap mau makan walaupun aktifitas bemainnya tinggi.

Selain faktor yang telah disebutkan diatas, ada juga beberapa faktor lain yang menimbulkan anak susah makan, Pertama, faktor fisiknya terganggu, contohnya terdapatnya duduk kasus atau gangguan di dalam organ pencernaan anak, maupun benjol di dalam badan anak. Kedua, faktor psikis anak, contohnya terjadi gangguan psikologis pada anak menyerupai orang tuanya terlalu memaksa anak untuk makan jenis makanan tertentu, padahal anak tidak menyukainya, hal ini tentu akan menyisakan rasa trauma dan ketakutan pada anak sehingga selera makannya menjadi hilang dan susah makan.
Namun bunda tidak perlu merasa cemas dan khawatir berlebihan, tetap damai dan tetap berupaya semoga si kecil kembali mau makan menyerupai biasanya. Nah, berikut ini beberapa obat tradisional berikut ini sanggup bunda coba semoga selera akan anak kembali stabil.


Lempuyang



Lempuyang atau lempuyang kedaluwarsa (Zingiber zerumbet (L.) Roscoe ex Sm., sin. Z. aromaticum Valeton) termasuk kedalam rempah berguna obat, potongan utama yang sering dipakai yaitu rimpangnya dan biasa dipakai sebaga gabungan jamu. Tanaman ini ternyata mempunyai banyak khasiat, salah satunya untuk menambah nafsu makan anak. baca juga : Selera Makan Berkurang? Coba Ramuan Ini

Caranya :
Ambil rimpang lempuyang yang masih segar sebesar ibu jari yang sudah di bersihkan sebelumya, kemudian di parut, tambahkan sedikit air dan aduk sampai merata, jangan lupa di saring sambil diperas airnya. Sebelum diminum tambahkan asam setengah gelas, gula merah dan garam secukupnya untuk memberi rasa, minum ramuan tersebut sekali dengan gelas kecil.


Madu Afis Melifera



Madu afis melifera mempunyai kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi sehingga sangat diharapkan anak dalam masa pertumbuhannya, dengan asupan nutrisi yang adekuat yang sanggup terlengkapi dengan mengkomsumsi madu sanggup menambah daya tahan tubuh/imunitas pada anak sehingga akan melindunginya dari aneka macam bahaya penyakit dan akan cepat sembuh bila terjangkit penyakit.



Cara Pemakaian :

  • Usia 1 – 3 tahun, berikan 2 kali sehari sebanyak setengah sendok teh setiap kali pemberian.
  • Usia 3-5 tahun, 2 kali sehari sebanyak ¾ sendok teh, dan;
  • Usia > 5 tahun, berikan 2 kali sehari sebanyak  1 sendok teh


Temu Lawak



Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) merupakan jenis tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Berasal dari Indonesia, tepatnya di Pulau Jawa, yang kemudian terus menyebar ke aneka macam wilayah terutama daerah wilayah biogeografi Malesia. Tentu tumbuhan ini sangat terkenal di masyarakat kita, dan tentu tidak diragukan lagi khasiat dan keuntungannya untuk kesehatan salah satunya banyak dipakai sebagai obat tradisional untuk meningkatkan nafsu makan anak maupun orang dewasa, bahkan temu lawak juga banyak dipakai sebagai sumber karbohidrat lho ! caranya dengan mengesktrak saripatinya dan diolah menjadi makanan bayi (bubur bayi) dan juga orag-orang yang pencernaannya bermasalah, jago bukan?



Cara Penggunaan :
Cara penggunaannya hampir sama dengan lempuyang, yakni dengan memakai temulawak sebesar jari tangan, di blender dengan sedikit air, pastikan benar-benar halus, kemudian saring dan ambil saripatinya. Saripatinya dimasukkan kedalam gelas dan jangan lupa tambahkan sedikit air ( 100 ml), dan sedikit garam. Berikan pada anak sebanyak 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas kecil.

Caranya cukup mudah bukan? Namun, kalau Anda cukup kesulitan untuk mendapat bahan-bahan obat tradisional diatas, alternatifnya sanggup memakai embel-embel atau obat nafsu makan, hanya saja pastikan produk embel-embel nutrisi yang Anda pilih merupakan formulasi dari bahan-bahan alami berguna untuk meningkatkan nafsu makan. Anda sanggup memakai embel-embel nutrisi Laperma Platinum yang di formulasikan khusus dari madu afis melifera, saripati ikan salmon, temu lawak & lempuyang untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, meningkatkan daya tahan badan dan menambah selera makan si kecil.

Namun, bunda juga jangan mudah mengalah ya, sebab segala sesuatu butuh kesabaran dan juga membutuhkan proses, tetap sabar dan terus bersemangat dan pastikan nafsu makan Anak akan kembali normal menyerupai biasanya. Happy parenting bunda :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel