9 Khasiat Dan Manfaat Herba Cakar Ayam

9 Khasiat dan Manfaat  Herba Cakar Ayam - Herba Cakar Ayam (  Selaginella doederleinii Hieron ) merupakan jenis tanaman paku-pakuan ini umumnya tumbuh dan di temukan di tebing, tepi jurang dan lokasi-lokasi teduh yang berhawa dingin. Tumbuh tegak, tingginya 15 – 35 cm, akar keluar pada percabangan, sedangkan batang ada yang bangkit tegak , berbaring dan bercabang menggarpu.  Daunnya kecil-kecil panjang 4 -5 mm, lebarnya 2 hh, berbentuk jorong, ujung meruncing, warna permukaan hijau tua, dan pangkal rata, sedangkan permukaan bawah  hijau muda. Daunnya tersusun rapi pada bab kiri kanan batang induk hingga di percabangannya, sehingga bentuknya sangat ibarat dengan cakar ayam lengkap dengan sisik-sisiknya.


pakuan ini umumnya tumbuh dan di temukan di tebing 9 Khasiat dan Manfaat  Herba Cakar Ayam




Sifat dan Khasiatnya



Herba cakar ayam mempunyai rasa manis, hangat, masuk meridian paru, lambung dan hati. Berkhasiat untuk menghilangkan panas dan lembap. Antitoksik, melancarkan fatwa darah, penghenti perdarahan ( haemostatik ), antineoplasma, dan menghilangkan bengkak. Herba cakar ayam mempunyai senyawa alkaloid, phytosterol dan juga saponin. Sedangkan bab yang digunakan  ialah seluruh tanaman ( herba ) yang telah di keringkan terlebih dahulu.


Khasiat dan Manfaat



Secara umum herba cakar ayam kaya mempunyai banyak khasiat dan manfaat, diantaranya :

  1. Batuk, sakit tenggorok
  2. Infeksi susukan napas ( bronchitis ), radang paru ( pneumonia ), radang akut amandel ( tonsillitis akut ) radang konjungtiva mata ( konjungtivitis )
  3. Hepatitis akut dan kronis, radang kandung empedu ( kolesistitis ), pengerasan hati ( sirosis hepatis ), perut busung ( asites ).
  4. Diare, disentri
  5. Infeksi akut susukan kencing
  6. Patah tulang ( fraktur )
  7. Keputihan ( leukorea )
  8. Kanker : korioepitelioma, koriokarsinoma, kanker nasofaring, kanker paru, dan kanker susukan cerna.
  9. Perdarahan ibarat mimisan, muntah darah, batuk darah, berak darah.


Cara Pemakaian



Ambil herba cakar ayam yang sudah di keringkan kurang lebih 15 – 30 g, untuk kanker 50 – 100 g. bahan-bahan tersebut selanjuntya di rebus dalam 5 gelas air dengan api kecil selama 3 – 4 jam. Setelah dingin, air rebusan tersebut sanggup diminum beberapa kali hingga habis dalam satu hari. Khusus untuk pemakaian luar herba segar di pipis, kemudian ditempelkan ke bab badan yang sakit. Digunakan untuk pengobatan koreng, rematik, luka berdarah dan patah tulang.


Efek Farmakologi dan Hasil Penelitian



Dari hasil riset menawarkan bahwa pemakaian herba ini sanggup menghambat sarcoma, dan kankaer serviks pada tikus dan sel L, yang di isolasi dari kanker hati manusia, menstimulasi fungsi adrenokortikal tikus, sekaligus merangsang metabolism dan fungsi retikuloendotelial.

Contoh Pemakaian :

  • Pneumonia, Tonsilitis akut, konjungtivitis – herba cakar ayam yang sduah kering sebanyak 30 gram, daging sapi tanpa lemak sebanyak 30 gram, kedua materi tersebut di rebus dengan memakai air sebanyak 4 gelas dengan api kecil lebih kurang 3 jam.  Setelah cuek jangan lupa di saring terlebihd ahulu dan di bagai untuk 3 kali minum, yakni pagi, siang dan sore hari.
  • Kanker, Sirosis Hepatis – herba cakar ayam kering, 60 gram, daging sapi tanpa lemak 30 – 60 gram atau beberapa buah kurma, selanjutnya di rebus dengan 5 gelas air higienis selama 4 jam. Disaring beberapa kali sehari hingga habis dalam sehari.
  • Patah Tulang – gunakan herba kering cakar ayam sebanyak 15 – 30 g direbus, kemudian di minum. Untuk pemakaian luar gunakan herba cakar ayam yang masih segar, jangan lupa di basuh terlebihd ahulu kemudian di pipis, tempelkan ke bab badan yang mengalami patah kemudian di balut dengan kain steril. Ganti 3 kali sehari.
  • Rematik – ambil herba cakar ayam yang masih segar seperlunya, kemudian di pipis dan di tempelkan ke bab yang sakit, sambil di balut. Lakukan penggantian 2 – 3 kali sehari.



Catatan :

Tanaman herba ini sudah di kemas dan dibentuk dalam bentuk larutan infus, tablet, dan obat rematik di jual dengan merek dagang Decancerlin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel