9 Khasiat Akar Dan Daun Beringin Yang Perlu Anda Tahu

Beringin ( Ficus benyamina L. ) merupakan jenis pohon besar yang rindang yang banyak di temukan di tepi jalan, pinggiran kota atau tumbuh di tepi-tepi jurang, pohonnya sangat besar dan rimbun, ketinggiannya 20 hingga 25 meter berakar tunggang. Batang bulat, tegak kokoh, permukaan bernafsu berwarna cokelat kehitaman. Percabangannya berbentuk simpodial dan di bab patang keluar akar gantung ( akar udara ). Daun tunggal bertangkai pendek dengan letak silang berhadapan, bentuknya lonjong. Sedangkan bunganya tunggal yang keluar dari ketiak daun, kelopak berbentuk corong, mahkota bulat, kuning kehijauan, halus. Buah buni, panjang 0,5-1 cm, bulat, ketika masih muda berwarna hijau, setalah bau tanah merah, biji bulat, keras, putih.


 merupakan jenis pohon besar yang rindang yang banyak di temukan di tepi jalan 9 Khasiat Akar dan Daun Beringin Yang Perlu Anda Tahu




Sifat dan Khasiat Akar dan Daun Beringin



Sensasi sedikit pahit, sejuk, astringen, mempunyai kegunaan sebagai pereda demam ( antipiretika ), anti radang, antibiotika, peluruh keringat ( diaforetik ), dan sebagai peluruh kencing ( diuretika ). Akar udara pohon beringin mempunyai kandungan senyawa asam amino, gula, fenol dan asam oranye. Bagian yang biasa dipakai sebagai obat yakni akar, daun yang di basuh dan dikeringkan sebelum digunakan.


Khasiat & Indikasi



  • Akar udara sangat bermanfaat untuk menyembuhkan dan mengatasi :
  • Radang amandel ( tonsillitis )
  • Pilek, demam tinggi
  • Luka terpukul ( memar )
  • Nyeri pada penyakit rematik sendi.



Sedangkan, daun beringin bermanfaat untuk mengobati

  • Influenza
  • Malaria
  • Radang akses nafas ( bronchitis ), batuk rejan ( pertussis ).
  • Radang usus akut ( akut enteritis ), disentri.
  • Kejang panas pada anak.




Cara pemakaian :



Gunakan akar udara beringin yang sudah kering sebanyak 15 – 30 gram atau daun beringin kering sebanyak 50 -120 gram di rebus, alalu diminum. Untuk pemakaian luar daun beringin di rebus dan ketika air rebusan amsih hangat dipakai untuk mandi.


Beberapa Contoh Pemakaian



Radang Usus Akut dan Disentri

Gunakan daun beringin yang masih segar lebih kurang 500 gram, jangan lupa basuh bershi sebelum di rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah cuek jangan lupa disaring, dan di bagi untuk 2 kali sumbangan pagi dan sore hari masing-masing ½ gelas.



Kejang Panas Pada Anak

Ambil dan gunakan 100 gram daun beringin yang masih fresh, basuh dan direbus dengan 5 liter air selama lebih kurang 25 menit. Air rebusan yang masih hangat dipakai untuk memandikan anak yang sedang sakit.



Bronchitis Kronis

Ambil 75 gram daun beringin segar dan tambahkan 18 gram kulit jeruk mandarin, dicuci hingga higienis kemudian di rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah cuek saring dan di bagi untuk 3 kali sumbangan yaitu pagi, siang dan malam hari. Lakukan cara ini selama 10 hari berturut-turut untuk hasil yang optimal.



Radang Amandel

Ambil akar udara dari pohon beringin sebanyak 180 gram. Cuci dan potong-potong seperlunya. Rebus dengan memakai 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Jangan lupa tambahkan 1 gelas cuka. Setelah cuek dipakai untuk kumur-kumur ( gargle ). Lakukan cara ini beberapa kali sehari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel