Ini Ia 12 Khasiat Terbaik Buah Anggur

Anggur termasuk jenis tanaman merambat, benar bukan? Anggur diyakini berasal dari Armenia. Namun, bangsa Timur tengah sudah mengenal dan mulai membudidayakan anggur semenjak 4000 tahun SM, bangsa Mesir Kuno berbagi anggur untuk diolah menjadi arak. Dari sini, teknik pengolahan anggur kemudian menyebar sampai ke Yunani, Perancis, Spanyol, Jerman, dan Austria. Lalu Christoper Colombus mengenalkan teknik pembuatan minuman anggur ke Amerika, Afrika dan juga Asia, ketika beliau melaksanakan perjalanan berkeliling dunia melalui jalur laut.






Ada  beberapa jenis anggur yang biasa tersedia di pasaran, mulai dari jenis anggur berwarna kehitaman, hitam, hijau, sampai yang berwarna ungu. Saat matang, daging buahnya berasa anggun dan mempunyai banyak kandungan air. Rasa anggun pada anggur menawarkan kadar glukosa dan fruktosa yang sangat tinggi. Selain itu, anggur kaya akan zat antioksidan dan antimikroba sehingga bisa menangkan beberapa penyakit.


Kandungan dan Senyawa Anggur



Buah anggur, khususnya anggur merah, mengandung antioksidan dalam jumlah besar, berupa antisianin. Antioksidan dalam anggur ini sanggup membantu mencegah kerusakan sel akhir terpapar radikal bebas. Radikal bebas merupakan pemicu timbulnya banyak sekali penyakit menyerupai kanker dan serangan jantung. Anggur juga mengandung serat dan flavonoid. Flavonoid inilah yang berperan menurunkan kadar kplesterol jahat yang bersarang ditubuh Anda.

Selain buah, biji anggur juga mengandung zat antioksidan antara lain antrosianidin, tanin, dan polifenol, yang sangat bermanfaat mencegah penyakit kanker dan jantung. Pad abagian kulit anggur mengandung polifenol jenis resveratrol yang melawan efek jelek radikal bebas, menyerupai kerusakan dinding sel pembuluh darah. Di samping itu, reveratrol sanggup membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.


Khasiat dan Manfaat Buah Anggur




  1. Menyembuhkan Asma
    Anggur memilikikekuatan assimilatory yang sanggup meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik bagi penderita asma alasannya sanggup mengurangi problem sesak nafas.

    2. Mengurangi Risiko terkena Penyakit Alzheimer
    Anggur sanggup meningkatkan kesehatan otak sehingga akan mengurangi risiko terkena penyakit alzheimer.

    3. Melindungi Tubuh dari Infeksi
    Anggur merah mempunyai kandungan antibakteri dan antivirus yang kuat, sehingga sanggup melindungi badan dari banyak sekali penyakit infeksi.

    4. Mencegah Kanker P*da
    Jus anggur yang berwarna ungu membantu mencegah kanker dan tumor pada p***da**.

    5.Mengatasi Sembelit ( Sulit BAB )
    Anggur mengandung asam organik, gula,d an selulosa, yang dikenal sebagai pencahar. Senyawa ini sangat baik untuk mengatasi amsalah sembelit atau susah BAB.

    6. Memberi energi
    Jus Anggur mengandung energi instan. ANggur yang kaya akan zat besi sanggup mengurangi kelelahan.

    7. Mencegah Penyakit Jantung
    Anggur mempunyai kegunaan mencegah pembekuan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga sanggup menghentikan oksidasi kollesterol jahat yang menghambat pembuluh darah.

    8. Mengatasi Gangguan Pencernaan

    9. Menyembuhkan Migrain
    Mengomsumsi jus anggur tanpa adonan air setiap pag sanggup menyembuhkan penyakit migrain atau sakit kepala sebelah.

    10. Anti Aging
    Ekstrak bijianggur sangat ampuh untuk memerangi penuaan.

    11. Mengatasi Peradangan Prostat pad aPria
    Seng dan mangan juga bisa mengatasi peradangan prostat.

    12. Mengatasi Gangguan Ginjal
    Anggur sanggup membantu menyingkirkan asam pada ginjal. Ini akan mengurangi gangguan pada ginjal.




Ramuan dari Anggur



Hasil riset yang pernah dilakukan pada tahun 2004 kemudian oleh Jane Freedman dari Boston University Medical School menawarkan minum jus anggur dalam 14 hari berturut-turut bisa menaikkan kadar HDL serta menurunkan kolesterol total, berikut ini cara menciptakan jus anggur yang baik dan benar:

  • Tempatkan buah anggur yang telah dicuci dalam panci besar. Lalu masukkan air kedalamnya sampai terendam, kemudian panaskan diatas kompor dengan api kecil sampai mendidih.
  • Saat mendidih, biarkan sampai semua buahnya terkupas dari kulitnya.
  • Ambil kain putih yang rapat di atas sebuah saringan atau corong, kemudian tempatkan wadah di bawahnya.
  • Perlahan-lahan tuangkan hasil rebusan anggur dan air, kemudian biarkan sari anggurnya tersaring sampai tersisa kulit dan juga bijinya. Dinginkan selama 1-2 hari.
  • Untuk menghasilkan sari anggur yang manis, tuangkan sari anggur yang sudah hirau taacuh ke dalam panci, kemudian panaskan dengan api kecil. Tambahkan gula dan aduk rata. Setelah itu, biarkan jus dingin.
  • Saring kembali sari anggur dengan memakai kain higienis atau filter Sering Cemas, Gugup dan Gelisah? Coba Ramuan Herbal Ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel