Khasiat Bunga Aster Ungu (Zi Wan)

Khasiat Bunga Aster Ungu (Zi Wan) - Dalam bahasa Cina bunga aster ungu disebut Zi Wan, jenis tanaman ni merupakan tanaman berbunga dari anggota aster. Tidak banyak ditanam di Indonesia namun terkenal di bab wilayah Asia Timur, bahkan dalam bahasa Jepang disebut dengan ‘shion’ yang artinya “aku tidak akan melupakanmu”.

Rasa dari herbal ini tajam, pahit, dan bersuhu hangat. Kandungan kimia di dalamnya yaitu shionone, friedelin, epifriedelanol, stigmasterol, friedel-3-ena, asetat aurantimide, b-sitosterol, b-amirin, karoten, spinasterol, dll.

Bekerja pada bab badan organ paru. Berkhasiat mengobati: mentransformasi dahak masbodoh pada dahak yang sulit keluar, dahak berdarah, difisiensi masbodoh pada pasien lansia; berhenti batuk pada batuk kronis, batuk pada psien usia lanjut, membasahai paru-paru, batuk alasannya yaitu kekurangan; mengarahkan qi bawah pada pedoman tertahan, batuk kronis, batuk kering, tenggorokan kliring, tidak ada dahak, paru-paru qi tenggelam; menyebar masbodoh pada tenggorokan kering, dahak yang sulit untuk diludahkan, batuk kronis pada pasien lansia; membasahi kekeringan batuk kronis.

Bagian yang dipakai yaitu akar tanaman yang telah dikeringkan. Dosis; 3-10 gram, standar 6 gram. Dimasak selama 20 menit.

Efek farmakologi, antineoplastik, antibiotika dan ekspektoran. Dosis tinggi atau dalam pemakaian jangka panjang tidak dianjurkan. Kontraindikasi, api sebagai akhir dari difisiensi Yin, penggunaan selama kehamilan diperbolehkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel