Khasiat Dan Manfaat Daun Ungu

Key : Khasiat Dan Manfaat Daun Ungu, Manfaat Daun Ungu, Obat Dari daun Ungu.

Warna daun ungu banyak kita jumpai di indonesia ternyata banyak keuntungannya eksklusif tertuju pada wasir atau ambeien. Famili Acanthaceae itu memang mujarab mengobati penyakit akhir membengkaknya bibir anus itu. Daun ungu juga mempunyai kegunaan antiinflamasi, antiplak gigi, dan mencegah sakit saat menopause. Wasir atau hemorrhoid merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya pembengkakan atau pembesaran pembuluh vena di kepingan terbawah poros usus, baik di sisi dalam maupun di sisi luar anus. Penyakit ini ditandai dengan munculnya benjolan menyerupai bisul berwarna merah kebiru-biruan atau kehitaman. Ada dua tipe wasir yang lazim dikenal, wasir dalam (internal hemorrhoid) dan wasir luar (external hemorrhoid). Wasir bisa disebabkan lantaran kurang mengkonsumsi serat. Ini menyebabkan susah buang air besar (konstipasi), hingga penderita kerap mengejan.

  Warna daun ungu banyak kita jumpai di indonesia ternyata banyak keuntungannya eksklusif tertuj Khasiat Dan Manfaat Daun Ungu

Pola defekasi yang tidak teratur pun serta jarangnya olahraga menjadi faktor pememicu timbulnya wasir. Khasiat daun ungu sebagai anti-hemorrhoid sen diri dibuktikan oleh Prof dr H Sardjono Oerip Santoso dari Farmakologi FKUI. Sebanyak 9-10 gram daun ungu segar lalu direbus dalam 2 gelas air (600 cc) hingga menjadi 1 gelas rebusan dan diminum tiap hari 1 kali. Lima hari kemudian, imbas yang ditimbulkan oleh tanda-tanda hemorroid menyerupai nyeri, pendarahan, dan panas hilang tak berbekas. Dr JM Sugiarto memperlihatkan bukti, Konsumsi 1 gelas rebusan daun ungu selama dua bulan berturut-turut ternyata bisa membebaskan penderita dari gangguan wasir. Berkat daun ungu, pengidap ambeien tak perlu lagi mengkonsumsi obat-obatan jenis phlebodinamic menyerupai radium dan daflon. Obat itu lazim diresepkan dokter untuk melancarkan sirkulasi darah di kawasan anus serta menghilangkan bengkak, tonjolan, dan pendarahan. Analgesik. Sebagai analgesik pun khasiat daun ungu teruji sebagaimana ditunjukkan oleh penelitian yang dilakukan Dr drg Nur Permatasi MS, dr Umi Kalsum MKes, dan dr Nurdiana MKes dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Mereka menyatakan bahwa kandungan alkaloid dalam daun ungu mempunyai kemampuan sebagai antiinflamasi dan juga sebagai analgesik pada binatang percobaan. Efek analgesik tersebut ditunjukkan dengan terjadinya penurunan nilai ambang nyeri sesudah pertolongan ekstrak alkaloid pada takaran 1,5, 3, dan 6 mg/kg. Menurut trio peneliti tersebut kemampuan imbas analgesik dan antiinfl amasi fraksi alkaloid dari ekstrak etanol daun ungu ampuh menurunkan nilai ambang nyeri pada takaran 3 mg/kg bobot tubuh. Itu setara dengan pertolongan aspirin dengan takaran 125 mg/kg bobot tubuh. Hal ini berkat kemampuan alkaloid daun wungu dalam menghambat pembentukan prostaglandin. Penelitian yang dilakukan oleh drg Endang Wahyuningtyas MS SpPros dari Jurusan Ilmu Prostodonsia Fakultas Kedokteran Gigi UGM, menyimpulkan daun ungu bermanfaat untuk sanitasi gigi palsu. Penelitian yang memakai 40 sampel gigi tiruan arkrilik dibagi dalam 4 kelompok. Masing-masing kelompok diberikan konsentrasi 5%, 10%, 20%, dan 40% daun ungu dan direndam selama 15 menit. Setelah digunakan oleh pasien selama 4 jam, gigi palsu itu lalu dibilas dan diperiksa. Hasilnya, daun ungu ampuh mencegah pertumbuhan kuman mutan streptococcus, cendawan, dan mencegah pertumbuhan plak. Penelitian tersebut merekomendasikan bahwa pencegahan terbaik untuk menghambat plak, bakteri, dan cendawan terjadi pada konsentrasi kandungan daun ungu sebanyak 40%. Daun ungu ternyata mengandung berjuta manfaat.

kanker juga bisa sembuh dengan rutin mengkonsomsi daun ungu tersebut diatas.

SUMBER : LIHAT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel