Khasiat Daun Dan Buah Srikaya Untuk Bisul, Diare, Cacingan, Dan Kutu

Tanaman Srikaya banyak dijumpai di Indonesia, dan buahnya cukup khas sehingga sanggup dengan gampang dikenali. Selain ditanam di pekarangan rumah, srikaya banyak juga yang tumbuh liar sebab buahnya juga disukai oleh burung sehingga bijinya terbawa kemana-mana dan tumbuh liat di pinggiran tembok rumah. Nama ilmiahnya yaitu Annona squamosa dan common name-nya yaitu Sugar Apple.

Manfaat Tanaman Srikaya Untuk Pengobatan:

- Borok, nanah keras
Cuci daun segar secukupnya, kemudian giling hingga halus. Tambahkan sedikit garam, kemudian gunakan ramuan ini untuk menurap borok atau nanah dan balut. Dalam sehaii, ganti 2-3 kali.
- Mematangkan bisul
Ambil isi buah yang sudah masak, kemudian giling halus. Tambahkan sedikit garam sambil diaduk merata, turapkan pada bisul, kemudian balut dengan kain kasa.
- Pingsan Tiba-tiba, menenangkan penderita histeris
Cuci daun segar secukupnya, kemudian tumbuk hingga halus. Dekatkan gilingan daun tadi pada hidung penderita semoga baunya terhisap oleh penderita.
Tanaman Srikaya banyak dijumpai di Indonesia KHASIAT DAUN DAN BUAH SRIKAYA UNTUK BISUL, DIARE, CACINGAN, dan KUTU- Membasmi kutu anjing
Mandikan anjing yang berkutu dengan air rebusan daun atau biji srikaya. Caranya, tumbuk halus daun atau biji srikaya, tambahkan air secukupnya, kemudian saring airnya dan gunakan untuk memandikan anjing.
- Membasmi kutu kepala
Cuci biji srikaya (10 butir) dan daun srikaya segar (1 genggam), kemudian giling hingga halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa, kemudian aduk merata. Turapkan pada kulit kepala, kemudian bungkus dengan kain. Setelah tiga jam, buka dan basuh hingga bersih. Jangan hingga bilasan air masuk ke mata sebab sanggup menyebabkan iritasi dan meradang.
- Cacingan pada anak
Cuci daun srikaya segar (15 lembar), kemudian rebus dengan lima gelas air hingga tersisa tiga gelas. Setelah dingin, saring dan minum tiga kali sehari, masing-masing satu gelas.
- Gangguan pencernaan
Cuci daun srikaya segar secukupnya, giling hingga halus, kemudian tambahkan minyak kelapa secukupnya. Tempelkan pada perut.
- Diare
Cuci kulit batang srikaya (6-10 g), potong kecil- kecil, kemudian tambahkan gula merah secukupnya. Rebus dengan empat gelas air hingga tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan minum dua kali sehari, masing-masing satu gelas.
- Kudis
Cuci daun srikaya segar (15 lemban), kemudian giling hingga halus. Remas dengan air kapur sirih sebanyak satu sendok teh dan gunakan untuk menggosok kulit yang kudis. Lakukan sehani dua kali.
Catatan
- Ibu hamil dihentikan minum rebusan biji buah srikaya.
- Hati-hati kalau minum rebusan biji, kulit kayu, dan akar srikaya sebab mengandung racun.
- Hanya dipakai dibawah pengawasan herbalis berpengalaman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel