Manfaat Obat Ketepeng Cina

 Tanaman ini dikenal dengan nama tempat daun kupang Manfaat Obat Ketepeng Cina
KETEPENG CINA
Cassia alata L.

KLASIFIKASI : Ketepeng cia disebut Cassiaalata L, termasuk ke dalam famili Leguminosae. Tanaman ini dikenal dengan nama tempat daun kupang,daun kurap, ketepeng badak, ki manila, aku mara atau kupang-kupang. dalam bahasa Inggris dikenal candle bush, dan jika diamati memang bentuk rangkaian bunganya ibarat lilin yang berwarna kuning menyala.

SIFAT KIMIAWI : Tumbuhan ini kaya dengan aneka macam kandungan kimia yang sudah diketahui, a. l : Rein aloe-emodina, rein aloe-emodina-diantron, rein,aloe-emodina, asam krisofanat dan tanin.

EFEK FARMAKOLOGIS : Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebut bahwa tanaman ini mempunyai sifat rasa pedas, hangat, insektisidal, menghilangkan gatal-gatal, pencahar, obat cacing, obat kelainan kulit yang disebabkan oleh benalu kulit.


BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN : Efek farmakologi diperoleh dari penggunaan daun.

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGGUNAANYA

Berdasarkan aneka macam literatur yang mencatat pengalaman secara bebuyutan dari aneka macam negara dan daerah, tanaman ini sanggup menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1. Panu, kurap, eksema. Satu genggam daun ketepeng cina segar ditambah sedikit tawas (atau 1 sendok makan kapur sirih) dilumatkan, kemudian digosokkan kuat-kuat pada kulit yang sakit, 2 x sehari.
2. Sembelit. Daun muda segar 7 lembar ditambah 2 gelas air, didihkan hingga 1 gelas, minum sekaligus.

3. Sariawan. Daun 4 lembar dicuci higienis kemudian dikunyah dengan garam secukupnya (seperti mengunyah sirih) selama beberapa menit, kemudian airnya ditelan ampasnya dibuang.
4. Cacing kremi pada anak. Daun 7 lembar ditambah asam secukupnya (untuk menghilangkan bau) ditambah 2 sendok teh abu akar kelembak (Rheumofficinale Baill), direbus dengan 2 gelas air hingga menjadi satu gelas, saring, setelah hangat minum.

CARA BUDIDAYA : Perbanyakan tanaman memakai biji. Pemeliharaan tanaman ini mudah, ibarat tanaman lain dibu­tuhkan cukup air dengan penyiraman atau menjaga kelembaban tanah dan pemupukan terutama pupuk dasar. Tanaman ini menghendaki tempat yang cukup matahari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel