Khasiat Dan Manfaat Obat Herbal Patah Tulang (Euphorbia Tirucalli)

Dari namanya saja tumbuhan ini disebut patah tulang, dan bentuknya memang kayak tulang di patah-patah. tumbuhan patah tulang atau nama ilmiahnya Euphorbia tirucalli. Tanaman ini banyak getahnya, sebagaimana cirikhas tumbuhan dari famili euphorbiaceae.  Bentuknya yang menyerupai tulang ini ternyata juga bermanfaat untuk mengobati tulang yang patah.
Disamping biasa di pakai untuk tumbuhan obat, cabang dan ranting yang sudah keringkan kalau dibakar sanggup digunakan mengusir nyamuk menyerupai obat nyamuk bakar yang spiral itu, tapi yang ini lebih alami. Jika suka meracun ikan di empang, getahnya digunakan untuk meracun ikan kemudian ikan akan mabok dan gampang ditangkap. Hati-hati terhadap getahnya jangan hingga terkena mata, alasannya ialah sanggup menyebabkan kebutaan.
Getah tumbuhan patah tulang mengandung senyawa euphorbone, taraksasterol, alfa-laktucerol, euphol, dan senyawa damar.  Bagian tumbuhan yang sanggup di gunakan untuk pengobatan ialah bab akar, batang kayu, ranting dan getah.




Pemakaian :

* Untuk di minum: Akar dan ranting dikeringkan kemudian ditumbuk menjadi bubuk. Campur dengan lontong beras hingga merata, kemudian dibentuk pil kecil-kecil sebesar telur cecak kemudian jemur. Dimakan kalau perlu tapi kalo yang ini B.C belum pernah mencobanya.

* Untuk pemakaian luar: Herba ditumbuk halus kemudian dipakaikan pada bab yang sakit menyerupai bisul, kurap, terkilir, patah tulang dan luka.


Kapalan (clavus), kutil

1/2 kg dahan dan ranting patah tulang sesudah dicuci higienis direbus dengan 4 liter air hingga tersisa menjadi 2 liter. Bagian badan yang kulitnya menebal atau ada kutilnya direndam dalam air godokan tadi sewaktu masih hangat, selama 1/2 jam.
Setelah dikeringkan, oleskan param yang dibentuk dari trusi yang telah ditumbuk halus dicampur dengan putih telur, kemudian dibalut dan sanggup juga dioleskan getahnya secara rutin

Tulang patah (fraktur)


1. Kulit diatas tulang yang patah digosok dengan getah tanaman.
2. Kulit luar dahan patah tulang digiling halus, Tempelkan diatas tulang yang patah, kemudian dibalut.
3. 3/4 genggam tangkai dan daun tanaman, 1 genggam daun srigi, dicuci kemudian digiling halus, Ramas dengan 4 sendok makan air garam, dihangatkan sebentar. Dipakai untuk menurap bab badan yang patah, kemudian dibalut dengan daun bakung/ kulit randu. Diganti 2 kali sehari.

Frambusia
1/2 genggam patah tulang, 1/2 kepalan tangan gadung cina, dicuci kemudian ditumbuk halus. Aduk merata dengan 1 sendok makan getah buah gondang dan 2 sendok makan getah buah pepaya muda, Ramuan ini digunakan untuk melumas dan menurap kulit yang sakit. Lakukan 2 kali sehari.

Tahi lalat yang membasar dan gatal

Tahi lalat digosok dengan air jeruk nipis, kemudian dengan kapas tahi lalatnya dilumaskan getah patah tulang. Lakukan beberapa kali sehari, kalau sudah kering diulang. Hati-hati jangan kena mata.

Sakit gigi


Beberapa tetes getah patah tulang. dengan kapas yang higienis dilumaskan pada gigi yang sakit dan berlubang. Lakukan 1-2 kali sehari, hati-hati jangan hingga mengenai gigi yang sehat. Catatan : Getah berbahaya bagi mata, sanggup menyebabkan buta. Bila getah masuk ke dalam mata, cepat dibilas dengan air kelapa/santan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel