Khasiat Dan Manfaat Cocor Angsa Untuk Bisul, Luka, Mulas, Demam, Radang Telinga, Alergi Dll

Tanaman sosor angsa sanggup dengan gampang dijumpai di sekitar kita. biasanya ditanam sebagai tanaman hias di dalam pot. Tanaman ini cukup unik sebab dari pinggiran daunnya yang berlekuk-lekuk ini tumbuh pula anakannya yang sudah memiliki akar.  Dalam waktu singkat tanaman ini bisa memperbanyak dirinya sendiri.  Cocor bebek, yang dalam bahasa ilmiah atau Latin disebut Kalanchoe pinnata, merupakan tanaman dari Kepulauan Madagaskar.


Sosor angsa sudah dikenal sebagai salah satu cuilan dari tanaman obat, terutama untuk obat yang dipakai sebagai obat luar atau topikal. 


Daun cocor angsa juga mengandung asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat, dan tanin. Cocor angsa dipakai sebagai obat tradisional untuk menghilangkan sakit kepala, batuk, sakit dada, borok, dan penyakit kulit lain, demam, memperlancar haid yang tak teratur, obat luka, serta bisul.
  


Untuk Obat Luar penyakit yang sanggup diobati dengan daun sosor angsa antara lain :


1. Luka


Daun sosor angsa secukupnya diparut atau ditumbuk. Tambahkan sedikit air dan balurkan pada cuilan badan yang mengalami luka. Ganti setiap tiga jam sekali.





2. Perut mulas


Beberapa helai daun dadap serep ditumbuk dengan beberapa lembar daun sosor bebek. Beri sedikit air. Kemudian balurkan ramuan tersebut pada perut.





3. Menurunkan demam


Lumatkan daun sosor bebek, kemudian balurkan pada dahi. Gunakan dua kali sehari.





4. Bisul atau memar


Hancurkan 30-60 gram daun sosor angsa kemudian peras. Tambahkan madu dan diminum. Sisa daun ditempelkan pada cuilan yang sakit.





5. Radang indera pendengaran luar


Lumatkan 5-10 daun sosor bebek, peras. Airnya dipakai sebagai obat tetes telinga.


Radang amandel


Lumatkan 5-10 daun sosor bebek. Ambil airnya dan gunakan sebagai obat kumur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel