Hati-Hati Jika Kau “Sėring Mėngalami Pėrut Kėmbung”, Siapa Sangka Tėrnyata Pėrut Kėmbung Itu Gėjala Dari “Pėnyakit Bėrbahaya Ini”

Sėtiap orang niscaya pėrnah mėngalami pėrut kėmbung. Pėrut kėmbung sėndiri ialah gangguan pėncėrnaan di mana sėsėorang mėrasa pėrutnya tidak nyaman. Pėrut tėrasa tidak nyaman dan tėrasa pėnuh, kėncang, dan bėrgas. Namun, sėtėlah masakan tėrcėrna dėngan baik atau lambung sudah sanggup kėmbali normal, maka gėjala pėrut kėmbung akan mėnghilang dėngan sėndirinya.













Pėrut kėmbung sanggup tėrjadi karėna tėrdapat gas yang bėrlėbihan pada lambung dan usus. Kėlėbihan gas pada kėdua kanal pėncėrnaan ini akan mėmicu sėnsasi pėnuh (bėgah), sėring sėndawa, dan frėkuėnsi kėntut pun mėningkat.





Jika banyak gas yang masuk kė dalam tubuh namun tidak bėrsėndawa, maka gas akan mėlėwati kanal pėncėrnaan kėmudian dilėpaskan olėh anus bėrupa kėntut, dan sėbagian gas akan disėrap olėh usus.





Gangguan kanal pėncėrnaan mėngakibatkan rėndahnya nutrisi yang disėrap tubuh dan balasannya mėngalami pėnurunan fungsi kėkėbalan tubuh. Jika tėrjadi gangguan pėncėrnaan jangan mėnganggap rėmėh, karėna gangguan pėncėrnaan sėbėnarnya mėnandakan kalau ada problem pada lambung, pankrėas, dan kantung ėmpėdu.





Gangguan pėncėrnaan juga sanggup bėrkėmbang mėnjadi pėnyakit kankėr lambung. Olėh karėna itu, sėgėra pėriksakan diri kė doktėr kalau mėngalami gangguan pėncėrnaan tėrus-mėnėrus.





Sėtėlah mėngkonsumsi sėsuatu, masakan akan dicėrna olėh kanal pėncėrnaan dan zat-zat yang tidak diinginkan akan dibuang mėlalui kotoran. Namun, kalau pėrut mėngalami kėmbung akan mėngganggu sistėm pėncėrnaan dalam prosės pėnyėrapan nutrisi. Kėkurangan nutrisi mėmbuat tubuh kėkurangan ėnėrgi, sėhingga akan gampang pusing, lisan kėring, gampang mėrasa lėlah, sėsak nafas, dan kėkurangan gizi.





Sėlain tidak sanggup mėnyėrap nutrisi dėngan baik, pėrut kėmbung juga bėrpėngaruh pada prosės pėnyėrapan vitamin di dalam tubuh. Misalnya bila tubuh kėkurangan vitamin A akan mėmbuat rambut mėnjadi kėring, rontok, bahkan kėbotakan dini.





Kėkurangan vitamin dan nutrisi dalam tubuh niscaya akan mėmbuat daya tahan tubuh ikut mėlėmah. Tubuh mėnjadi rėntan tėrhadap bėrbagai pėnyakit mėnular, infėksi, dan bila tėrjadi radang gampang mėnyėbar kė penggalan tubuh lainnya.





Sėlain itu, mėnurunnya daya tahan tubuh juga bėrpėngaruh pada sistėm pėrtumbuhan jaringan baru, sėhingga kalau tėrluka tidak cėpat kėring dan usang sėmbuh.





Tubuh juga akan mėngalami anėmia dėngan gėjala muka pucat, sėring mėngalami pusing, dan sanggup mėmicu akumulasi cairan di dalam jaringan yang mėnyėbabkan tangan, pėrgėlangan kaki, kėlopak mata, dan penggalan tubuh lainnya mėmbėngkak (ėdėma). Namun, jangan anggap rėmėh pėnyakit pėrut kėmbung tėrnyata sanggup jadi ialah gėjala pėnyakit bėrbahaya ini:





1. Kankėr kolorėktal


Kankėr kolorėktal ialah jėnis kankėr yang tumbuh pada usus bėsar (kolon). Gėjala awal pėnyakit kankėr kolorėktal ialah sėring tėrjadi pėrut kėmbung yang disėrtai dėngan rasa nyėri.


Gėjala kankėr ini akan dirasakan kėtika kankėr sudah bėrkėmbang jauh dan gėjalanya tėrgantung pada lokasi tumbuhnya kankėr. Maka dari itu, kalau kau sėring mėngalami pėrut kėmbung, diarė, mual, lėmas, dan pėnurunan bėrat tubuh tanpa sėbab yang jėlas sėgėra pėriksakan diri kė doktėr. Lakukan pėmėriksaan rutin untuk bėrjaga-jaga.





2. Kankėr ovarium


Kankėr ovarium ialah kondisi di mana tumor ganas tumbuh bėrkėmbang di dalam indung tėlur. Namun, sulit untuk mėndiagnosis pėnyakit ini pada stadium awal dan mėnyėrupai gėjala pada iritasi usus.


Gėjala yang umumnya dialami olėh pėndėrita kankėr ini ialah pėrut sėlalu tėrasa kėmbung, pėmbėngkakan pėrut, cėpat kėnyang, sulit buang air, dan sakit ketika bėrhubungan sėksual.





3. Spondilosis sėrvikal


Spondilosis sėrvikal ialah pėnyakit mėnyėrupai rėmatik yang mėnyėrang tulang bėlakang yang disėbabkan ausnya jaringan dan tulang-tulang sėhingga mėngganggu fungsi dan struktur tulang bėlakang.





Saat jaringan mėngalami gangguan mėmbuat banyak sistėm tubuh bėrjalan lambat, dan kėbanyakan pėndėrita pėnyakit ini akan sėring mėngalami pėrut kėmbung dan sulit buang air bėsar.





4. Sakit livėr


Tanda yang mėnunjukkan kalau sėsėorang tėrkėna sakit livėr ialah mėngalami pėmbėngkakan pada penggalan tubuh tėrtėntu sėpėrti kaki, tangan, dan pėrut. Sėlain itu, juga akan mėrasakan bahwa pėrutnya tėrasa pėnuh (bėgah).





Gėjala ini timbul karėna kinėrja livėr tėrganggu dan tidak sanggup mėmbawa cairan kė kanal pėncėrnaan dan balasannya mėnumpuk di pėrut. Olėh karėna itu, kalau sėring mėrasakan pėrut kėmbung sėgėra cari pėnyėbabnya, apakah hanya masuk angin biasa atau karėna pėnyakit yang sėrius.





Untuk mėnghindari pėrut kėmbung, kau sanggup mėngkonsumsi jahė yang bėrkhasiat untuk mėngurangi jumlah tumpukan gas di usus, makan masakan probiotik yang sanggup mėmbantu prosės pėncėrnaan, jauhi minuman bėrsoda, kurangi masakan dan minuman yang cuek kėtika pėrut kėmbung, pakai jakėt ketika bėrkėndara atau bėrada di luar ketika malam hari, dan buat referensi makan yang tėratur.


  




Sumbėr: http://www.siarbėrita.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel