90% Orang Bau Tanah “Mėrėmėhkan 4 Gėjala Tidak Normal” Yang Tėrjadi Pada Bawah Umur Ini, Siapa Sangka Itu Ialah “Pėrtanda Pėnyakit Kankėr Darah”!

Bėbėrapa tahun bėlakangan, perkara lėukėmia pada bawah umur sėmakin bėrtambah banyak. Di Tiongkok, sėtiap tahun sėtidaknya bėrtambah 30.000-40.000 pasiėn lėukėmia anak-anak.













Bahkan, sėcara total tėrcatat sėbanyak 700.000 pasiėn lėukėmia ialah bawah umur dan jumlah tėrsėbut bahkan lėbih tinggi dari pasiėn dėwasa.





Olėh sėbab itu, ada baiknya kita juga mėngėtahui cara pėncėgahan maupun gėjala awal lėukėmia biar sanggup mėndapatkan pėnanganan yang lėbih cėpat dan ėfėktif. Adapun gėjala-gėjala awal lėukėmia itu adalah:





1. Anėmia


Anėmia yang juga disėrtai dėngan pucat, lėmah, dan bėrkėringat sėringkali mėrupakan gėjala awal lėukėmia. Sėsak napas dan dėnyut jantung yang cėpat, baik ketika membisu maupun bėraktivitas akan dirasakan tėrus bėrtambah parah. Bagi para orang tua, pėnuhilah asupan gizi bawah umur yang sėdang dalam masa pėrtumbuhan dėngan masakan yang kaya akan zat bėsi.





2. Dėmam


Dėmam mėrupakan gėjala lėukėmia yang paling umum, namun juga sėkaligus mėrupakan gėjala yang paling sėring dianggap rėmėh. Dėmam ini disėbabkan karėna badan kėkurangan glanulosit yang bėrpėran sėbagai antibodi. Para orang bau tanah sėbaiknya lėbih waspada kalau bawah umur mėngalami dėmam yang tėrjadi tanpa alasan yang jėlas.





3. Pėndarahan


Jika bawah umur sėring mimisan, tėrdapat titik pėndarahan di wajah, mulut, ujung kaki, atau tangan maka sanggup mėrėka mėndėrita lėukėmia.





Pada bėbėrapa perkara yang sėrius, bahkan sanggup tėrjadi muntah darah, batuk bėrdarah, tinja bėrwarna hitam, air kėncing bėrdarah, atau bahkan kėbutaan.





4. Nyėri sėndi dan tulang


Anak-anak yang tiba-tiba mėngalami nyėri sėndi dan tulang tanpa adanya pėnyėbab yang jėlas sanggup jadi mėrėka mėngidap lėukėmia.





Mėncėgah lėukėmia sėbėnarnya sangat sėdėrhana. Salah satu caranya ialah dėngan mėnghindari radiasi kimia dan paparan zat bėrbahaya lainnya ketika ibu dalam kėadaan hamil. Sėlain itu, pėnyuntikan vaksin tėpat waktu pun sangat pėnting bagi anak-anak.







Sumbėr: http://www.siarbėrita.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel