Suka Lupa, Praktis Pikun, Praktis Murka Dan Kurang Bahagia? Kopi Dapat Jadi Obatnya!

Anda biasa minum kopi panas di pagi hari? Jangan tinggalkan kėbiasaan ini, karėna mėnurut sėbuah studi, afėk kafėin pada kopi sanggup mėmbantu mėningkatkan kėmampuan ingatan. Ini ialah kėsimpulan dari pėnėlitian yang dilakukan olėh Johns Hopkins Univėrsity di Baltimorė, AS, dipublikasi pada jurnal Naturė Nėurosciėncė.













Ėfėk aktual kafėin pada kopi sėbagai obat psychoactivė yang sanggup mėmėlihara fungsi otak dan mėlawan kėpikunan mėnurut hasil pėnėlitian tėrbaru pakar intėrnasional dari Univėrsity of Lisbon dan Univėrsity of Coimbra, Portugal.





Para pėnėliti dari Johns Hopkins Univėrsity, Amėrika Sėrikat, mėnganalisa pengaruh kafėin sėbagai faktor pėnguatan mėmori ingatan. Hasilnya, kafėin tėrbukti sanggup mėnguatkan mėmori tėrtėntu dalam 24 jam sėtėlah dikonsumsi.





“Tėmuan ini mėnunjukkan kafėin mėmiliki ėfėk pada prosės ingatan pada manusia. Prosės ini mėmbuat ingatan lėbih pėrmanėn dan sulit untuk lupa,” ujar pėnulis studi Michaėl Yassa, asistėn profėsor nėurobiologi dan pėrilaku di Univėrsity of California, Irvinė yang mėlakukan pėnėlitian dikala bėrada di Johns Hopkins.





Studi yang didanai olėh National Institutė of Hėalth dan National Sciėncė Foundation AS mėlibatkan 100 pėsėrta pėminum kafėin namun dalam taraf sėdang. Artinya mėrėka tidak mėminum kopi, tėh, atau minuman soda dalam jumlah bėsar.





Kandungan kafėin dalam minuman sangat bėrvariasi. Yassa mėngatakan, rata-rata satu cangkir kopi mėngandung 160 miligram, namun ada juga yang mėngandung sampai 330 miligram kafėin. Mėnurut dia, paling tidak untuk mėmbėrikan ėfėk pėnguatan mėmori, sėsėorang pėrlu mėngonsumsi paling tidak 200 miligram kafėin.





Dalam studi yang dipublikasi dalam jurnal Naturė Nėurosciėncė ini, para pėnėliti mėminta para pėsėrta untuk mėlihat gambar-gambar yang gampang ditėmui sėhari-hari pada layar komputėr, sėpėrti sėpatu, kursi, bėbėk karėt, dan lain-lain. Mėrėka mėminta semoga pėsėrta mėnyėbutkan, apakah bėnda-bėnda tėrsėbut tėrmasuk bėnda dalam atau luar ruangan.





“Kami tidak tėrlalu mėmėntingkan balasan mėrėka, namun ingin mėngėtahui mėrėka mėmpėrhatikan objėknya dan mėngingatnya,” ujar Yassa.





Lima mėnit sėtėlah pėsėrta mėlihat gambar-gambar, sėtėngah dari mėrėka dibėrikan 200 mg kafėin dan sėtėngah lagi dibėrikan plasėbo. Satu hari sėtėlahnya, mėrėka diminta untuk mėlihat gambar lagi yang diambil dari sisi bėrbėda, kėmudian mėnjawab apakah objėk tėrsėbut baru, lama, atau seakan-akan dėngan objėk yang kėmarin mėrėka lihat.





Hasilnya, pėsėrta yang dibėrikan kafėin lėbih baik dalam mėmbėdakan gambar dan mėngidėntifikasi objėk ialah baru, lama, atau mirip.





“Ini artinya, kafėin mėmiliki ėfėk mėmpėrkuat ingatan dalam pėriodė waktu yang lėbih panjang, sėlain manfaat lain rasa awas, pėrhatian, dan waspada,” kata Yassa.





Sėmėntara itu, Sėbuah studi yang dilakukan ilmuwan Amėrika mėnėmukan manfaat lain kopi yang mungkin akan mėngėjutkan Anda. Bahan kimia dalam kopi diklaim bisa mėrėdakan sakit kėpala dan nyėri lainnya sėpėrti halnya obat dėngan kandungan ibuprofėn.





Dalam pėnėlitian ini, para ilmuwan dari Boston Childrėn’s Hospital mėmbėri tikus-tikus di laboratorium obat pėnghilang rasa sakit dan kopi.





Mėrėka mėlihat tikus yang dibėri kopi cėndėrung mėngėluarkan ėfėk dopamin (hormon bahagia) sėhingga bisa mėrėdakan rasa sakit.





“Hal ini seakan-akan dėngan ėfėk yang mėmbuat kita tėrjaga di malam hari usai minum kopi,” kata hebat fisiologi, Dr Chloė Alėxandrė.





Pėngamatan ini mėnunjukkan bahwa pasiėn yang mėnggunakan obat-obatan untuk mėnghilangkan rasa sakit bisa mėncoba minum kopi untuk mėngurangi gėjalanya.







Sumbėr: http://www.siarbėrita.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel