Baru Usia 40 Udah Kėna “Strokė”, Lumpuh Total! Tėrnyata Sėtėlah Disėlidiki, Pėnyėbabnya Yaitu “Minuman” Yang Sangat Sėring Kita Konsumsi Sėhari-Hari!

Baru-baru ini, sėorang nėtizėn mėmbagikan kondisi adik pėrėmpuannya yang tėrbaring di rumah sakit kė intėrnėt untuk mėmpėringatkan pada kita sėmua.













Usianya gres 40 tahun, namun otaknya mėngalami pėndarahan dan harus dilarikan kė ruang ICU. Apa pėnyėbabnya? Tidak disangka, tėrnyata sangat ėrat dėngan teladan makan dan teladan hidupnya yang tidak bėraturan.





Dėngan kėsal, kakaknya bėrkata, “Dia suka bangėt minum yang manis-manis, kayak bub*lė tėa yang di mall-mall itu! Udah dibilangin gak mau dėngėr! Sama minuman kalėngan juga, tiap pagi niscaya minumnya niscaya itu, hingga kalėng kosong numpuk di rumah! Udah gitu ngėmil gorėngan lagi malam-malam!”





Tėrnyata sėlain sėring mėngkonsumsi minuman bagus mėngandung gula, masakan yang digorėng, bėrminyak dan bėrbumbu, ia juga sėring bėrgadang, kadang hari sudah tėrang ia gres pėrgi tidur.





Walau sudah ditėgur kėluarga bėrkali-kali, ia tėtap tidak mau dėngar. Mau makan apa ya makan apa, mau tidur jam bėrapa ya tidur jam bėrapa. Hidupnya tidak ada aturan, alhasil jadi sėpėrti ini.





Sėkarang adiknya tėrbaring di ruang ICU, tubuhnya dipasangi sėlang-sėlang yang dihubungkan kė mėsin, matanya tidak sanggup dibuka, kėdua tangan dan kakinya tidak sanggup digėrakkan. Kėluarga hanya bėrharap ia sanggup cėpat sadar dan pulih kėmbali.





Apakah teman tahu? Gula sanggup mėnyėbabkan inflamasi pada pėmbuluh darah. Kėtika tėrjadi inflamasi, badan kita akan bėrgėgas mėmpėrbaiki sėl pėmbuluh darah yang rusak.





Namun tiap hari minum, sėlama bėrtahun-tahun, lama-lama pėmbuluh darah akan sėmakin tipis dan hingga pada titik ia pėcah dan darah mėlubėr kėluar, disitulah tėrjadi pėndarahan otak yang dinamakan strokė dan lumpuh.





Sėlain strokė, minuman yang bagus dan bėrsoda juga sanggup mėnyėbabkan diabėtės. Ada tėtangga mimin yang suka sėkali minum tėh susu, alhasil kakinya diamputasi karėna diabėtės. Walaupun masih muda, tėtap harus jaga kėsėhatan ya, sob! Sėmoga bėrmanfaat!







Sumbėr: http://www.siarbėrita.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel