12 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

12 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami - Ketombe yaitu kondisi kulit yang sangat umum dan hampir semua orang mengalaminya pada satu titik dalam hidup mereka tanpa memandang usia atau etnis. Ketombe sanggup muncul tidak hanya kulit kepala, tetapi juga telinga, alis, sisi hidung, jenggot, dan serpihan dada. Ketombe sanggup mempengaruhi setiap tempat yang ditumbuhi rambut atau tempat dengan folikel rambut bahkan sangat kecil. Nama lain untuk ketombe yaitu dermatitis seboroik atau seborrhea. Baca juga : Cara mengatasi sakit kepala





Sebelum membaca perihal cara menghilangkan ketombe Anda secara alami di rumah, pastikan Anda benar-benar mempunyai ketombe. Jika Anda tahu Anda mempunyai ketombe, dan telah mencoba aneka macam macam shampo anti ketombe. Berikut yaitu 12 cara untuk membantu Anda mengatasi ketombe dengan materi alami dirumah:


1. Hilangkan Ketombe Dengan Cuka



Membilas rambut dengan cuka (Apple Cider Vinegar atau cuka putih) mungkin terdengar ibarat pandangan gres yang mengerikan, tetapi sanggup menjadi cara yang sangat efektif untuk menghilangkan ketombe lantaran bekerjsama yang bermasalah yaitu kulitnya (bukan rambutnya). Sederhananya , ketombe yaitu hasil dari sel-sel kulit mati dan jatuh tempo terlalu cepat dan sanggup mengakibatkan iritasi. Cuka akan menyingkirkan kulit yang tidak diinginkan yang akan mengelupas menjadi ketombe, dan tidak akan menyumbat pori-pori atau mengakibatkan lebih banyak ketombe sesudah dibersihkan. Pertumbuhan berlebih dari jamur juga sanggup mengakibatkan ketombe, dan cuka bertindak ibarat fungisida. Menggunakannya sangat gampang dan sederhana, dan mungkin lebih gampang daripada rambut Anda harus menggunakan beberapa shampoo di luar sana. Tapi jangan menggunakan cara ini dikala anda akan meeting atau ada pertemuan lantaran rambut Anda akan berbau ibarat cuka hingga Anda mandi lagi.





Anda akan perlu :


-1 / 2 cangkir air hangat


-1 / 2 cangkir cuka apel


- Cangkir


 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami 12 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami
Cuka Apel


Cara Membuat :


Campur air hangat dan cuka dalam cangkir. Jumlah total sanggup bervariasi untuk menjadi lebih atau kurang tergantung pada berapa banyak rambut yang Anda miliki. Tuang gabungan atas rambut Anda, gosok dengan lembut di sekitar selama beberapa menit, dan kemudian bilas secara menyeluruh dengan air (hanya air!) Tunggu sekitar 8-12 jam sebelum mengambil mandi normal. Ulangi sekali setiap ahad atau dua minggu, tergantung pada seberapa sering Anda merasa Anda membutuhkannya.




2. Hilangkan Ketombe Dengan Baking Soda



Baking soda hanya sebuah hal yang sangat mempunyai kegunaan untuk dimiliki di rumah. Hal ini memainkan peranan besar dalam banyak pengobatan rumah secara alami, dan biasanya bekerja! Ini membantu untuk mengatasi ketombe untuk sejumlah alasan. Pertama, secara halus menyingkirkan kulit mati yang berlebihan. Ini juga membunuh atau bertindak sebagai fungisida, dan jamur umumnya yang ada pada kulit kepala semua orang sanggup mengakibatkan ketombe. Selain itu, partikel-partikel kecil yang ada pada baking sode sanggup mempunyai kegunaan dalam menghilangkan ketombe yang terjebak dalam rambut Anda.


 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami 12 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami
Baking Soda




Anda akan perlu :


- 1 Sendok makan baking soda


- 1 Cangkir air





Cara Membuat :


Campurkan satu sendok makan baking soda dengan satu cangkir air hangat. Jika Anda menggunakan bekas botol sampo atau botol yang laen, goyang gabungan dengan pelan dan lembut. Jika tidak, aduk sebelum Anda menggunakannya. Lakukan ini sebagai pengganti shampo, setiap hari jikalau mungkin. Rambut Anda mungkin akan merasa cukup kering di awal, tapi minyak alami yang ada pada rambut akan memulihkannya segera, dan rambut Anda akan jauh lebih seimbang daripada dikala menggunakan beberapa shampo komersial.


3. Hilangkan Ketombe Dengan Fenugreek 



Penulis awalnya juga belum tahu ini apa, sesudah search beberapa usang alhasil tahu juga. Fenugreek yaitu tumbuhan yang umumnya dipakai sebagai bumbu, terutama dalam kuliner India, namun juga sanggup dipakai dalam pengobatan juga. Biji fenugreek mempunyai komposisi yang kaya protein dan asam amino, yang sanggup mendorong biar rambut menjadi sehat. Sedikit bonus-nya konsentrasi tinggi lesitin (a emolien alami) sanggup membantu menciptakan rambut lebih besar lengan berkuasa secara keseluruhan, dan banyak orang menemukan bahwa Fenugreek sanggup menghasilkan rambut yang halus dan lembut.


 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami 12 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami
Funegreek


Anda akan perlu :


- 2 Sendok makan biji Fenugreek


- Semangkuk air


- Sesuatu untuk menggiling biji





Cara Membuat :


Rendam benih dalam 1-2 gelas air semalam. Keesokan paginya, giling menjadi pasta halus dan oleskan untuk kulit kepala Anda. Biarkan selama 30-45 menit, kemudian bersihkan dengan sampo ringan atau air.


4. Hilangkan Ketombe Dengan Daun Neem



Apalagi ini, tenang.. Penulis cuma share sgala jenis materi - materi alami untuk menghilangkan ketombe. Daun Neem (juga ramuan India) sanggup menjadi obat alami untuk ketombe Anda. Sifat mereka tidak hanya mengurangi rasa gatal, mereka bertindak sebagai antifungal, menghambat pertumbuhan jamur hiperbola yang sanggup mengakibatkan ketombe. Sadarilah bahwa beberapa orang menyampaikan wangi yang dihasilkan sangatlah kuat.


 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami 12 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami
Neem Leaves


Anda akan perlu :


- Setidaknya 2 genggam daun neem


- 4-5 cangkir air hangat





Cara Membuat : 


Tambahkan dua genggam daun neem hingga dengan 4 atau 5 cangkir air panas. Diamkan semalam. Keesokan paginya saring cairan dan menggunakannya untuk membilas rambut Anda. Anda juga sanggup mencoba menciptakan pasta dari daun, menerapkannya pada kulit kepala Anda, dan membiarkannya selama sekitar satu jam sebelum dicuci dengan air.


5. Hilangkan Ketombe Dengan Listerine



Listerine bekerjsama diciptakan pada tahun 1879 oleh seorang dokter di Missouri dan dipakai sebagai antiseptik bedah yang besar lengan berkuasa untuk dokter gigi. Ketika dokter menjualnya ke sebuah perusahaan farmasi, penggunaan Listerine meluas dan menjadi obat kumur yang pertama pernah dijual di Amerika Serikat. Pada tahun 1930-an dan 40-an, salah satu tujuan aslinya juga untuk melawan ketombe. Ini mungkin tampak aneh, tetapi menganggap bahwa Listerine untuk menumpas jamur, dan salah satu penyebab paling umum dari ketombe yaitu jamur.


 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami 12 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami
Listerine


Anda akan perlu :


- Air Listerine Mouthwash (sebaiknya tidak hijau atau biru lantaran mungkin sanggup mengakibatkan noda di rambut Anda)


-  Semprot-botol (opsional)





Cara Membuat :


Campur air dan Listerine dengan perbandingan 2:1. Setelah Anda menggunakan shampo, semprot atau tuangkan larutan ke kulit kepala Anda, pijat dengan baik, dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air.


6. Hilangkan Ketombe Dengan Cahaya Matahari



Hal ini tidak diketahui persis mengapa, tetapi sudah ada korelasi antara ketombe dan paparan sinar matahari. Ada banyak kasus di mana tingkat keparahan ketombe berkurang dikala penderita menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari. Ada kemungkinan bahwa cuaca kering di demam isu hirau taacuh sanggup mengakibatkan ketombe lantaran kurangnya sinar matahari. Mungkin cahaya membantu mengeringkan beberapa kelebihan minyak, atau mungkin mendapat sedikit waktu di luar di bawah sinar matahari sanggup menciptakan insan sehat secara keseluruhan. Apapun alasan yang bekerjsama adalah, sesuatu ada untuk dicoba, dan itu mungkin salah satu pengobatan rumah yang paling sederhana yang sanggup Anda coba.





Cara Mengaplikasikan : 


Menghabiskan setidaknya 10-15 menit di bawah sinar matahari setiap hari. Pastikan untuk membatasi waktu Anda mendapat terlalu banyak sinar matahari dan itu mengandung sinar UV yang sanggup merusak kulit, rambut, dan kesehatan.


7. Hilangkan Ketombe Dengan Aspirin



Aspirin sanggup membantu lebih dari sekedar sakit kepala. Dan juga merupakan obat ketombe yang gampang didapat. Aspirin murni menggunakan sebagian besar Salicylic Acid, yang merupakan materi aktif dalam banyak komersial shampoo anti-ketombe. Asam salisilat mempunyai sifat fungisida dan anti-mikroba untuk melawan serpih tambahan yang disebabkan oleh jamur, sedangkan Aspirin membantu dengan kulit yang meradang yang sering terjadi pada penderita ketombe dengan kasus yang parah.





 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami 12 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami
Aspirin


Anda akan perlu :


- 2 Tablet Aspirin putih


- Shampoo





Cara Membuat:


Menghancurkan Aspirin hingga menjadi serbuk halus. Menambahkannya ke shampo biasa sebelum digunakan, pastikan untuk mendiamkan di rambut Anda selama sekitar 2 menit sebelum dibilas sepenuhnya.


8. Hilangkan Ketombe Dengan Makan Makanan Sehat



Makan sehat membantu setiap aspek kesehatan Anda.  Tidak mengherankan bahwa hal itu akan mempunyai dampak pada kondisi kulit, termasuk ketombe. Tentu saja, kuliner yang sangat berlemak dan / atau tidak sehat harus dihindari, tapi itu yaitu pengetahuan umum masalahnya  apakah Anda ikuti atau tidak. Apa yang Anda mungkin tidak tahu apa yang harus Anda makan untuk membantu kulit kepala Anda dan mengapa, jadi Anda harus mengusut daftar beberapa kuliner di bawah ini  yang sanggup membantu Anda menyingkirkan ketombe dan menjaga mereka tidak tiba kembali. Selain sanggup menghilangkan ketombe, makan kuliner sehat juga sanggup membantu mencerahkan wajah. Baca : Cara Mencerahkan Kulit





 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami 12 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami
Makanan Sehat


Sayuran:


Sayuran berdaun hijau dalam dampak khususnya bagaimana kulit kita akan berperilaku. Hal ini mendorong kesehatan rambut, kulit, dan kuku.





Minyak Ikan:


Minyak ikan sanggup menciptakan perbedaan dalam keseluruhan make-up dari kulit Anda. Mengambil pelengkap minyak ikan tidak akan menyembuhkan ketombe Anda, tetapi sanggup membantu mengurangi keparahan dan / atau mencegahnya.





Protein:


Untuk meminimalkan ketombe, cobalah makan lebih banyak protein. Mereka membantu membangun rambut dan kulit biar sehat. Makanlah ikan dan daging non-protein, ibarat telur dan kacang-kacangan.


9. Hilangkan Ketombe Dengan Lemons



Keasaman dalam perasan lemon mengandung asam yang sanggup membantu memecah jamur yang sering menjadi penyebab ketombe. Ini juga bebas dari materi kimia dan bahan-bahan alami lainnya yang sering berbahaya untuk rambut dan kulit kepala kita-plus lemon menciptakan rambut Anda lebih higienis dan segar.


 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami 12 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami
Lemons


Anda akan perlu :


-2 Sendok dan 1 sendok teh jus lemon segar


-1 Cangkir air





Cara Membuat:


Pijat 2 sendok makan jus lemon ke kulit kepala Anda dan biarkan selama satu menit. Campur 1 sendok teh jus lemon ke 1 cangkir air dan bilas rambut Anda dengan itu. Ulangi setiap hari hingga tidak lagi diperlukan.


10. Hilangkan Ketombe Dengan  Tea Tree Oil



Tea Tree Oil yaitu minyak esensial yang dihasilkan dari destilasi tumbuhan khas Australia Melaleuca alternifolia (khas di Australia). Minyak yang diekstrak dari daun ini mempunyai sifat fungisida dan itu secara keseluruhan menenangkan kulit terutama bila sakit atau gatal. (Tidak Boleh Diminum)


 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami 12 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami
Tea Tree Oil


Anda akan perlu:


-1 Sendok makan tea tree oil


-1 Cangkir air hangat


-Sebuah botol semprot





Cara Membuat:


Tuangkan 1 sendok makan tea tree oil ke 1 cangkir air hangat dalam botol semprot. Kocok dengan baik. Setelah keramas, semprotkan gabungan seluruh kulit kepala, pijat, dan biarkan selama beberapa menit.


11. Hilangkan Ketombe Dengan Aloe Vera



Aloe Vera gel ini identik dengan "ahhhhh ... lega" di benak banyak orang. Meskipun sanggup dipakai lebih sering untuk membantu luka bakar ringan, juga sanggup membantu mengatasi ketombe. Ia bekerja lantaran konstituennya menghambat proses proliferasi sel kulit. Dengan kata lain, sanggup mengatur seberapa cepat sel-sel Anda tumbuh, dan lantaran ketombe sering disebabkan oleh sel-sel tumbuh dan mati terlalu cepat, aloe vera sanggup membantu mengembalikan mereka ke keadaan normal.


 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami 12 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami
Lidah Buaya


Anda akan perlu:


-1 Botol gel Aloe Vera





Cara Membuat :


Terapkan gel Aloe Vera untuk kulit kepala 15 menit sebelum mencuci rambut Anda. Setelah 15 menit, sampo dan basuh ibarat biasa.


12. Hilangkan Ketombe Dengan Garam



Garam yaitu adalah materi yang selalu ada di sekitar kita, sesuatu yang kita gunakan setiap hari. Tapi tahukah Anda bahwa garam juga sanggup membantu menyingkirkan dan mengatasi ketombe? Sedikit kristal abrasif akan bekerja sebagai exfoliator alami. Hal ini efektif lantaran sanggup membersihkan kulit kepala. Jika Anda mau, gunakan dengan shampo biar sanggup meresap dan bekerja untuk potensi sepenuhnya. Sementara menggosok garam pada kulit kepala Anda mungkin tidak terdengar ibarat perawatan spa, itu benar-benar sanggup merasa cukup menyenangkan, terutama jikalau kulit Anda gatal. 







 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami 12 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami
Garam




Anda akan perlu: 


- Sendok 


- Garam 





Cara Membuat:


Pijat lembut 3 sendok makan garam ke kulit kepala yang sedikit lembap selama 2-3 menit. Shampo segera sesudah itu. 





Terima kasih telah membaca artikel  12 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami. Semoga ketombe ada segera hilang dan tidak akan tiba untuk kedua kalinya. Untuk mendapat artikel -artikel kesehatan lainnya tetap kunjungi Web-Sehat.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel