7 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat

10 Cara Meningkatkan Daya Ingat - Saat kita beranjak tua, kita semua mulai sanggup melihat beberapa perubahan dalam kemampuan kita untuk mengingat sesuatu.





Mungkin Anda pernah pergi ke dapur dan tidak bisa mengingat mengapa, atau tidak ingat nama dekat teman Anda. Anda bahkan mungkin melewatkan komitmen lantaran Anda lupa. Menurunnya daya ingat sanggup terjadi pada semua usia, tetapi kita cenderung berpikiran bahwa menurunnya daya ingat hanya disebabkan lantaran usia kita bertambah tua. Fakta ini, kehilangan memori yang signifikan pada orang renta bukan merupakan penggalan normal dari penuaan-tetapi lantaran gangguan organik, cedera otak, atau penyakit neurologis, dengan Alzheimer menjadi salah satu yang paling ditakuti.





Sebagian besar problem memori sekilas yang kita alami dengan usia mencerminkan perubahan yang normal dalam struktur dan fungsi otak. Perubahan ini sanggup memperlambat proses kognitif tertentu, sehingga agak sulit untuk berguru hal-hal gres dengan cepat atau menyaring gangguan yang sanggup mengganggu memori dan belajar. Memang, perubahan ini bisa menciptakan putus asa ketika kita perlu mempelajari keterampilan gres atau mempunyai tanggung jawab segudang. Berkat beberapa penelitian, ada banyak sekali seni administrasi yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan dan mempertajam daya ingat kita. Berikut ialah 10 cara efektif untuk meningkatkan daya ingat.


 kita semua mulai sanggup melihat beberapa perubahan dalam kemampuan kita untuk mengingat se 7 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat
Bagaimana meningkatkan Daya ingat


1. Terus belajar 



Tingkat pendidikan yang lebih tinggi dikaitkan dengan fungsi mental yang lebih baik di usia tua. Para jago berpikir bahwa pendidikan lanjutan sanggup membantu menjaga memori yang besar lengan berkuasa dengan menciptakan orang ke dalam kebiasaan yang aktif secara mental. Menantang otak Anda dengan latihan mental diyakini untuk mengaktifkan proses yang membantu menjaga sel-sel otak individu dan merangsang komunikasi di antara mereka. Banyak orang mempunyai pekerjaan yang menciptakan mereka tetap aktif secara mental, tetapi mengejar hobi atau berguru keterampilan gres sanggup berfungsi dengan cara yang sama. Baca buku, bergabung dengan kelompok pecinta buku, bermain catur, menulis dongeng hidup Anda, memainkan game puzzle, ikut les musik atau seni, mendesain tata letak taman dirumah anda. Hal yang sanggup anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat di daerah kerja, ibarat mengusulkan sesuatu atau menjadi relawan untuk sebuah proyek yang melibatkan keterampilan Anda yang biasanya tidak digunakan. Membangun dan melestarikan koneksi otak ialah proses yang berkelanjutan, sehingga menciptakan kita sanggup berguru seumur hidup ialah prioritas.


2. Gunakan Semua Indera Anda



Semakin banyak indera yang Anda gunakan dalam mempelajari sesuatu, semakin otak Anda akan terlibat dalam mempertahankan memori. Dalam sebuah penelitian, orang cukup umur menawarkan serangkaian gambar emosional netral, masing-masing disajikan bersama dengan bau. Mereka tidak diminta untuk mengingat apa yang mereka lihat. Kemudian, mereka menawarkan serangkaian gambar, kali ini tanpa bau, dan diminta untuk menawarkan yang mereka lihat sebelumnya. Mereka mempunyai ingatan yang sangat baik untuk semua gambar bau-berpasangan, dan terutama bagi mereka yang terkait dengan wangi yang menyenangkan. Pencitraan otak menawarkan bahwa korteks Piriform, wilayah wangi pengolahan utama otak, menjadi aktif ketika orang melihat benda awalnya dipasangkan dengan bau, meskipun wangi yang tidak lagi hadir dan subyek tidak mencoba untuk mengingatnya. Makara gunakan semua indera Anda dikala Anda menjelajah ke suatu hal yang asing. Sebagai contoh, cobalah untuk menebak materi yang dipakai menurut wangi dan rasa dari hidangan gres di suatu restoran. Buatlah patung atau keramik, memperhatikan tekstur dan rasa materi yang Anda gunakan.


 kita semua mulai sanggup melihat beberapa perubahan dalam kemampuan kita untuk mengingat se 7 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat
Bermain Catur


3. Percaya Pada Dirimu Sendiri



Ada mitos ihwal penuaan sanggup berkontribusi pada penurunan daya ingat. Jika Anda yakin Anda sanggup meningkatkan dan Anda menerjemahkan keyakinan dalam tindakan yang nyata, Anda mempunyai kesempatan yang lebih baik untuk menjaga pikiran Anda tajam.


4. Menghemat Penggunaan Otak Anda



Jika Anda tidak perlu memakai energi otak untuk mengingat di mana Anda meletakkan kunci Anda atau kapan pesta ulang tahun cucu Anda, Anda akan lebih sanggup berkonsentrasi dalam berguru dan mengingat hal-hal gres yang lebih penting. Manfaatkan kalender dan note, peta, daftar belanja, file folder, dan buku alamat untuk menyimpan informasi rutin yang akan diakses. Tentukan daerah di rumah untuk kacamata, tas, kunci, dan item lainnya yang sering Anda gunakan. Sehingga data ingat anda akan meningkat.


5. Ulangi Apa Yang Anda Ingin Tahu



Bila Anda ingin mengingat sesuatu yang Anda gres saja dengar, baca, atau berpikir ihwal sesuatu , ulangi kembali atau menuliskannya. Dengan begitu, Anda memperkuat memori atau koneksi. Misalnya, kalau Anda gres saja diberitahu nama seseorang, gunakan ketika Anda berbicara dengan dia: "Jadi, John, di mana kamu bertemu Camille" Jika Anda menempatkan barang-barang Anda di daerah lain selain tempatnya yang biasa, ucapkan dengan keras apa yang telah Anda lakukan. Dan jangan ragu untuk mengulang informasi yang diinginkan.


6.  Beri Jeda



Pengulangan ialah hal yang paling ampuh sebagai sarana berguru ketika itu diatur dengan benar. Lebih baik untuk tidak mengulangi sesuatu yang berkali-kali dalam waktu singkat, seakan-akan Anda mengejar sasaran untuk ujian. Sebaliknya, kembali mempelajari kembali hal hal penting sehabis periode yang agak usang - sehabis satu jam, maka setiap beberapa jam, maka setiap hari. Jeda periode penelitian sangat berharga ketika Anda mencoba untuk menguasai informasi yang rumit, ibarat rincian kiprah kerja baru. Penelitian menawarkan bahwa latihan meningkatkan jeda mengingat tidak hanya pada orang sehat tetapi juga pada mereka dengan problem kognitif berbasis fisik tertentu, ibarat yang terkait dengan multiple sclerosis.


7. Membuat mnemonic



Ini ialah cara kreatif untuk mengingat daftar. Mnemonic sanggup mengambil bentuk abreviasi (seperti RICE untuk mengingat saran tunjangan pertama untuk kaki terluka: Rest, Ice, Compression, dan Elevation) atau kalimat (klasik "​​Every good boy does fine" untuk mengingat catatan musik E, G, B, D, dan F pada garis-garis treble clef).





Terima kasih telah membaca artikel  7 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel