Manfaat Khasiat Asam Jawa Bagi Kesehatan

Manfaat Khasiat Asam Jawa Bagi Kesehatan - Asam Jawa, Asem, atau asam ini merupakan salah satu buah yang banyak dipakai sebagai bumbu rempah serta alternatif pengobatan tradisional. Selain mempunyai kemampuan untuk melezatkan kuliner menjadi lebih segar, beberapa khasiat lain yang tersimpan juga ampuh untuk mengobati beragai jenis penyakit yang mungkin menyerang badan kita. Asam merupakan penjabaran dari kerajaan Plantae dan mempunyai panggilan latin atau ilmiah Tamarindus indica. Serta banyak sekali nama tempat yang mungkin berbeda menyerupai misalnya : Accem (Madura), Asem (Jawa), Asang (Sulawesi), Dan masih banyak nama lain yang berbeda diberbagai negara.
Manfaat Khasiat Asam Jawa Bagi Kesehatan Manfaat Khasiat Asam Jawa Bagi Kesehatan
Manfaat Khasiat Asam Jawa Bagi Kesehatan
Ciri-ciri / Deskripsi :
Ada pepatah bahwa asam digunung dan garam dilaut. Istilah tersebut sudah dikenal dan umum dikatakan pada lingkungan sekitar. Kenapa demikian? Sebab tumbuhan asam sangat baik tumbuh didataran yang tinggi dan tahan akan kekeringan. Dengan pohon besar mencapai ketingian sampai 30m, daun menyirip dan akan gugur ketika trend panas, Bunga tersusun tandan serta buah berbentuk polong dengan daging lunak berwarna cokelat jikalau sudah matang. Nah yang jadi pertanyaan disini ialah : Apa saja manfaat dan khasiat Asam Jawa untuk kesehatan? Berikut tanggapan singkat yang bisa membantu!

Manfaat Khasiat Asam Jawa Bagi Kesehatan :
  • Mengobati sariawan (dengan rebusan kulit kayu sebagai obat kumur).
  • Sebagai minuman penyegar dan melancarkan Produksi ASI pada ibu menyusui (Rebusan pucuk daun dengan kunyit atau istilah lainnya ialah jamu sinom).
  • Mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada persendian.
  • Menyembuhkan rematik.
  • Obat batuk alami dan penurun demam.
  • Menyembuhkan luka, borok, bisul dan ruam (Kulit kayu yang ditumbuk dan ditapalkan).
  • Mengatasi diare dan juga disentri ( Biji buah yang ditumbuk dan diseduh dengan air matang).
  • Menambah selera makan.
  • Bersifat antipretik, antiseptik, dan abortivum.
  • Sebagai obat pencahar / basuh perut alami.
  • dll.
Untuk penggunaan serta pemanfaatan sehari-hari, Asam jawa dipakai sebagai materi mebel (kayu), Jamu tradisional (Daun dan Kulit) serta juga dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk kuliner ikan yang berfungsi mengugah rasa dan menghilangkan anyir pada ikan.

Nah itulah keterangan singkat mengenai Manfaat Khasiat Asam Jawa Bagi Kesehatan. Semoga bisa membantu dan mempunyai kegunaan bagi yang membutuhkan. Untuk informasi lain silahkan cek pada postingan kami sebelumnya dibawah! Jika ada masukan silahkan tinggalkan komentar ya! Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel