Manfaat Berendam Di Air Bahari Untuk Kesehatan

 bulan saya tinggal dan menetap di perumahan nelayan dipinggiran pantai Manfaat Berendam di Air Laut Untuk Kesehatan - Sudah Hampir 3 bulan saya tinggal dan menetap di perumahan nelayan dipinggiran pantai.Pemandangan pantai, nelayan,dan hamparan air bahari yang luas jadi pemandangan yang biasa setiap harinya. Ditengah asyiknya memandang hamparan air bahari yang sangat luas itu terkadang saya berfikir apakah air bahari hanya sebagai daerah hidup ikan dan makhluk bahari lainya,atau sebagai daerah mata pencaharian para nelayan,atau hanya sebatas daerah rekreasi?.Apakah air bahari ada keuntungannya untuk kesehatan?. yah secara saya menggeluti blog yang membahas problem seputar kesehatan.

Berangkat dari pertanyaan-pertanyaan itulah saya mencari rujukan dari banyak sekali sumber yang membahas perihal manfaat air bahari khususnya untuk kesehatan. Dengan tujuan selain untuk keperluan penulisan di blog ini juga untuk membuatkan warta yang bermanfaat untuk kita semua. Karena saya selalu teringat sebuah pepatah yang menyampaikan "Sebaik baik orang yaitu orang yang bermanfaat untuk orang lainya". Dan kesannya bisa anda simak dibawah ini!!!

Kandungan Garam dan Mineral yang Terkandung dalam Air Laut

Selain mengandung garam rata rata 35 %,Air bahari juga mengandung banyak sekali zat mineral alami yang sangat berkhasiat untuk badan kita. Beberapa kandungan mineral itu diantaranya magnesium, potasium, kalsium sulfat, Zat Besi, Boron, selenium, zink dan sodium, serta masih banyak lagi. Berbagai zat mineral itu sangat diharapkan oleh badan kita. Maka dari itulah kenapa air bahari mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan.brikut penjelasannya.

1. Magnesium

Magnesium sangat diharapkan oleh badan kita, lantaran magnesium ini dipakai sebagai katalisator lebih dari 300 reaksi biokimia dalam tubuh. hampir 50% magnesium disimpan dalam tulang kita, cuilan lainnya ada di sel- sel jaringan badan dan organ lainnya. Hanya sekitar 1 % saja ada dalm darah.

2. Pottasium

Pottasium atau kalsium yaitu mineral terbanyak ketiga dalam badan kita. mineral ini punya tugas penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi kita. Dan juga sangat berperan dalam proses kontraksi dan relaksasi otot, pembekuan darah dan imunitas atau menjaga sistem kekebalan tubuh. kekurangan pottasium berakibat fatal bagi kesehatan.

3. Kalsium sulfat.

Kalsium sulfat merupakan garam yang ada di air bahari dan di lingkungan alam yang lain. Zat ini yaitu senyawa kalsium, belerang dan oksigen.Dalam bentuk yang paling murni mempunyai rumus kimia CaSO4; ini dikenal sebagai anhidrat – bebas air – kalsium sulfat, atau anhidrit mineral. Hal ini juga tiba dalam bentuk “hydrous”. Kalsium sulfat untuk kesehatan terutama untuk metabolisme tubuh, penghubung antar syaraf dan kerja jantung.

4. Zat Besi

Zat Besi yaitu nutrisi yang penting diharapkan bagi acara badan kita setiap hari, termasuk untuk melakukan fungsi dasar badan menyerupai pertumbuhan dan perkembangan. Nutrisi ini juga dipakai untuk membantu memetabolisme protein, memproduksi hemoglobin, energi, enzim, membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, fungsi otot, dan membuang karbon dioksida dari dalam tubuh.

5. Boron

Boron dipakai untuk membangun tulang yang kuat, mengobati osteoarthritis, sebagai dukungan untuk membangun otot dan meningkatkan tingkat testosteron, dan untuk meningkatkan keterampilan berpikir dan koordinasi otot.Perempuan adakala memakai kapsul yang mengandung asam borat, bentuk paling umum dari boron, di dalam vagina untuk mengobati nanah ragi. Orang juga memakai asam borat pada kulit sebagai zat atau untuk mencegah infeksi, atau menggunakannya sebagai mencuci mata.

6. Selenium

Selenium yaitu mineral dan nutrisi penting untuk melawan penyakit menyerupai kanker dan penyakit jantung. Selenium yaitu sinergis dengan vitamin E, yang berarti bahwa keduanya bekerja sama-sama kuat. Keduanya yaitu antioksidan berpengaruh yang membantu mencegah atau memperlambat penuaan dan pengerasan jaringan melalui oksidasi. mineral selenium ini penting untuk banyak fungsi badan dan sanggup ditemukan di setiap sel tubuh, yang terutama pada ginjal, hati, limpa, pankreas, dan testis. Pada laki-laki, setengah dari selenium badan berkonsentrasi di testis dan cuilan dari susukan sperma atau sekitar kelenjar prostat.

7. Zinc

Zinc yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai seng, dan dalam ilmu kimia dilambangkan dengan Zn, merupakan mineral penting yang terdapat dalam semua sel badan mahluk hidup, termasuk badan manusia. Lebih dari 300 macam enzim di dalam badan insan memerlukan zinc sebagai kofaktor untuk menjamin meningkatkan secara optimal fungsinya.

Bagi anda yang suka mandi atau berendam atau berenang beliau air bahari berikut ini manfaat yang bisa anda dapatkan dari acara mandi di air bahari yang anda lakukan.

1. Air bahari mempunyai komposisi yang sama dengan komposisi plasma darah manusia. Penggunaan air bahari sebagai obat sudah mulai dilakukan semenjak 4 periode Sebelum Masehi. Air bahari mempunyai 84 elemen vital yang juga ditemukan dalam badan manusia, termasuk di antaranya vitamin, garam mineral dan asam amino.

Selain itu air bahari juga kaya akan mikroorganisme yang menghasilkan santibiotik, antimicrobial dan antibacterial.
Tubuh insan mempunyai kemampuan alami unuk menyerap elemen-elemen tersebut.

2. Air bahari mempunyai manfaat bagi kesehatan kulit. Itu sebabnya tempat-tempat spa di seluruh dunia memakai garam bahari dalam layanan perawatan mereka. Garam pada air bahari membantu melepaskan racun dari kulit dan berfungsi sebagao pengelupas alami yang melepaskan sel-sel kulit mati serta merangsang pertumbuhan sel-sel baru.

3. Air bahari juga mengandung banyak mineral, terutama magnesium yang membantu meningkatkan kelembapan pada permukaan kulit sehingga kulit tampak segar bercahaya.

4. Salah satu laba terbesar yang terdapat dalam air bahari yaitu kemampuannya untuk menyembuhkan penyakit atau iritasi pada kulit Mulai dari peradangan, psoriasis termasuk luka ringan lantaran kandungan garam dan potasium klorida di dalamnya.

Berikut manfaat lengkap dari air laut/berendam di air laut:


  • Melancarkan sirkulasi darah,
  • Memperkuat otot jantung,
  • Melenturkan atau merelaksasi otot sehingga badan terasa segar
  • Melancarkan sistem pernapasan,
  • Meningkatkan produksi sel darah merah,
  • Menormalkan tekanan darah,
  • Menyeimbangkan keasaman dalam darah,
  • Mencegah keropos tulang dan osteoporosis
  • Meringankan sakit pinggang, wasir dan rematik
  • Mengatasi kulit kering dan pecah2 pada kulit kaki dan tangan
  • Menyehatkan dan menutrisi kulit badan sehingga lebih bercahaya.
  • Meningkatkan gairah seks yang menurun / melemah
  • Mencegah penyakit kencing manis
  • Mengatasik flek paru pada anak.



Cara mendapat manfaat dari air bahari yang bisa anda lakuakan yaitu sebagai berikut;

Cara pertama
Berenang/mandi ataupun berendam di air bahari yaitu cara yang paling elok untuk mendafatkan manfaat dan khasiatnya.Apabila tujuan berendam di air bahari yaitu untuk mengobati penyakit yang mesti anda lakuakan yaitu Anda berendam pada air bahari antara 30 menit s/d 1 jam (tergantung penyakitnya berat atau ringan) dipagi hari sekitar pukul 6.30 atau pukul 7.00 (lebih pagi lebih baik).Usahakan air bahari tersebut tidak tercampur air tawar (misalnya bersahabat dengan muara sungai), lebih baik lagi tidak terdapat muara sungai disekitar daerah kita berendam.Lakukan secara rutin p 3 kali seminggu dan apabila sudah ada perubahan sanggup dikurangi sedikit demi sedikit, dan untuk menjaga supaya tetap sehat lakukanlah seminggu atau dua ahad sekali.

Cara kedua
Bagi anda yang tidak suka ataupun takut untuk berendam di air bahari anda hanya perlu merendam kaki anda saja.Lebih baik lagi jikalau merendam kakinya
tidak hanya berdiam di situ saja,alias sambil jalan jalan.

Namun satu hal yang harus diperhatikan yaitu problem keamanan.apabila anda berenanng atau berendam di pantai yang biasa dipakai untuk berenang para wisatawan.anda harus mematuhi peraturan dan rambu rambu yang di buat oleh penjaga keamanann pantai supaya tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel