Khasiat Dan Manfaat Wortel








Wortel (Daucus carota) ialah tumbuhan sayur yang ditanam sepanjang tahun. Terutama di daerah pegunungan yang mempunyai suhu udara hambar dan lembab, kurang lebih pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan wortel mernbutuhkan sinar matahari dan sanggup turnbuh pada semua musim. Wortel mempunyai batang daun berair yang berupa sekumpulan pelepah (tangkai daun) yang muncul dari pangkal buah belahan atas (umbi akar), ibarat daun seledri.









Wortel (Daucus carota) ialah tumbuhan jenis sayuran umbi yang biasanya berwarna jingga atau putih dengan tekstur serupa kayu. Diantara jenis sayur lainnya, wortel termasuk sayuran yang paling digemari banyak orang, baik itu sampaumur maupun anak – anak. Citarasanya yang manis dan teksturnya renyah, cocok sekali dijadikan hidangan yang menyehatkan. Jika anda tidak suka sayuran kesukaan kelinci ini, anda termasuk kelompok yang merugi. Sebab, anda banyak kehilangan manfaat yang diberikan wortel bagi kesehatan.









Wortel menyukai tanah yang gembur dan subur. Menurut para botanis, wortel (Daucus carota) sanggup dibedakan atas beberapa jenis, di antaranya: WORTEL (Daucus carota, Linn.)




jenis imperator, yakni wortel yang mempunyai umbi akar berukuran panjang dengan ujung meruncing dan rasanya kurang manis.




jenis chantenang, yakni wortel yang mempunyai umbi akar berbentuk lingkaran panjang dan rasanya manis.




jenis mantes, yakni wortel hasil kombinasi dari jenis wortel imperator dan chantenang. Umbi akar wortel berwarna khas oranye.









Nama Lokal




Carrot (Inggris), Carotte (Perancis), Bortel (Belanda); Wortel (Indonesia), Bortol (Sunda), Wortel, Ortel (Madura); Wortel, Wortol, Wertol, Wertel, Bortol (Jawa);









Konon, orang-orang Yunani dan Romawi yang pertama kali mempublikasikan manfaat wortel ini. Dan info mengenai manfaat wortel ini didapat dalam buku-buku mereka yang telah ditulis semenjak 230 tahun sebelum masehi. Tamanan wortel tumbuh secara liar tersebar di daerah kepulauan asia tengah, kemudian belahan asia timur dan menyebar ke banyak sekali negara, termasuk Indonesia dan yang paling pesat di jawa barat.









Bagian yang sanggup dimakan dari wortel ialah belahan umbi atau akarnya. Wortel ialah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 - 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih.









Penggunaan




Wortel sanggup dimakan dengan banyak sekali cara. Pada wortel mentah hanya 3% ß-ririencha yang dilepaskan selama proses pencernaan, proses ini sanggup ditingkatkan hingga 39% melalui pulping, memasaknya dan menambahkan minyak sawit. Bisa juga dengan cara di buat jus wortel dan kandungan vitaminnya hampir sama dengan wortel yang dimakan begitu saja.









Tumbuhan pendamping




Wortel sanggup menaikkan jumlah produksi tomat bila ditanam di rumahmu. Jika dibiarkan berbunga, wortel akan mengeluarkan aroma herbal yang menarik tawon predator untuk tiba dan membunuh hama kebun.









Nutrisi




Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.




Mengkonsumsi wortel baik untuk penglihatan pada mata, terutama bisa meningkatkan pandangan jarak jauh









Beta-karoten pada wortel




Wortel mengandung beta-karoten yang sanggup dikonversi di dalam badan menjadi vitamin A. Oleh lantaran itu beta-karoten juga disebut pro-vitamin A. Vitamin A dalam bentuk jadi juga terdapat dalam masakan lain, terutama produk hewani ibarat hati, mentega, ikan, susu, keju dan kuning telur.




Vitamin A dibutuhkan dalam menjalankan fungsi mata, terutama untuk beradaptasi dengan kegelapan. Rabun senja (menjadi buta bila cahaya redup) sanggup terjadi bila kekurangan vitamin A yang parah dan berkepanjangan. Bentuk yang paling parah dari kekurangan vitamin A ialah xeroftalmia atau kekeringan mata yang menjadikan kerusakan kornea sehingga menimbulkan kebutaan total. Banyak anak di negara berkembang telah menjadi korban. Salah satu cara mencegah hal ini ialah dengan memasukkan beta-karoten ke dalam masakan mereka.









Berapa banyak sebaiknya makan wortel?




Setiap orang sampaumur disarankan mendapat asupan 600-700 mikrogram vitamin A per hari. Jumlah ini sanggup dengan gampang didapatkan dari masakan yang seimbang, terutama lantaran vitamin A juga sanggup terbentuk dari beta- karoten.




Untuk membentuk satu mikrogram vitamin A, Anda memerlukan enam mikrogram beta-karoten. Setiap 100 g wortel mentah mengandung 1.067 mikrogram vitamin A dalam bentuk beta-karoten (sekitar 6.400 mikrogram). Artinya, dengan 100 g wortel Anda sudah memenuhi lebih dari 1,5 kali rekomendasi harian rata-rata untuk vitamin A. Beta-karoten juga terdapat dalam buah-buahan dan sayuran lain, pada tingkat lebih rendah, terutama di kubis, buah-buahan berwarna gelap, sayuran berdaun hijau dan kuning atau oranye.









Bahaya kelebihan vitamin A




Terlalu banyak vitamin A juga berbahaya. Mereka yang kelebihan vitamin A mengalami tanda-tanda keracunan akut ibarat mual, muntah, sakit kepala, pusing, penglihatan kabur dan kesulitan koordinasi otot. Hal ini terjadi bila mengkonsumsi vitamin A lebih dari 3000 mikrogram (dewasa) atau 600 mikrogram (batita) per hari.




Kelebihan vitamin A terutama disebabkan oleh penggunaan perhiasan yang tidak sempurna atau makan terlalu banyak hati dan produk hati. Kelebihan vitamin A lantaran mengkonsumsi wortel dan masakan kaya beta- karoten lain sangat jarang. Pengubahan beta-karoten menjadi vitamin A dilakukan secara selektif, bila badan sudah merasa cukup maka tidak semua beta-karoten diubah menjadi vitamin A.









Manfaat kesehatan dari wortel termasuk kolesterol berkurang, pencegahan dari serangan jantung, menangkal kanker tertentu dan banyak lainnya. Sebagian besar manfaat wortel sanggup dikaitkan dengan beta karoten dan serat konten. Ini root, yang mempunyai nama ilmiah Daucus Carota, merupakan sumber yang baik biro antioksidan juga. Wortel kaya akan vitamin A , vitamin C, vitamin K, dan potasium .









Baik orang sampaumur dan belum dewasa ibarat wortel lantaran tekstur renyah dan rasa manis. Meskipun warna oranye wortel orisinil tumbuh dalam warna lain termasuk putih, kuning, merah atau ungu.









Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Serta Khasiatnya meliputi:




Mencegah penyakit jantung: Dalam sebuah studi yang dimaksudkan untuk mengungkapkan nilai terapeutik peneliti wortel di Wolfson gastrointestinal Laboratorium di Edinburgh, Skotlandia mengungkapkan bahwa mengurangi kadar kolesterol sebesar 11 persen bila tujuh ons wortel mentah setiap hari diambil selama berminggu-minggu Engkau. Kolesterol tinggi merupakan faktor utama untuk penyakit jantung. Karena konsumsi secara teratur wortel mengurangi tingkat kolesterol itu baik untuk mencegah duduk masalah jantung yang terkait. Sekelompok ilmuwan Swedia menemukan bahwa sayuran akar sanggup mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung. Sebuah studi yang dilakukan di Mario Negri Institut Penelitian Farmakologi di Italia menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak wortel mempunyai sepertiga risiko serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang makan wortel lebih sedikit.




Mencegah kanker : beta-karoten konsumsi telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa kanker, terutama kanker paru-paru. Peneliti Inggris menemukan bahwa peningkatan konsumsi beta-karoten 1,7-2,7 miligram sehari resiko kanker paru-paru berkurang lebih dari 40 persen. Wortel rata-rata mengandung sekitar tiga miligram Beta-karoten. Dalam sebuah studi, peneliti menemukan bahwa makan wortel kaya serat mengurangi risiko kanker usus besar sebanyak 24 persen. Studi lain memperlihatkan bahwa perempuan yang makan wortel mentah 5-8 kali lebih mungkin berbagi kanker payudara daripada perempuan yang tidak makan wortel. Dibandingkan dengan sayuran lain, wortel paling banyak mengandung beta karoten, rata - rata 12.000 IU ; para hebat menganjurkan 15.000 - 25.000 IU perhari. Ini terkait kandungan tinggi beta karoten yang bisa mencegah penyakit kanker, lantaran sifat antioksidanya yang melawan kerja destruktif sel - sel kanker. Disamping itu beta karoten membantu sistem kekebalan badan yang menghasilkan "killer cell" alami. 




Lain lagi dengan penelitian di Kanada yang menguji kekebalan badan pada 50 orang yang berusia di atas 65 tahun mendapat nutrisi yang mengandung beta karoten dan vitamin E dalam jumlah ekstra. Setelah beberapa ketika mereka menjadi lebih jarang mengalami batuk pilek, flu, dan infeksi lain dibandingkan orang yang tidak memakai suplemen. Dan bila mereka sakit, mereka lebih cepat sembuh.




Degenerasi makula: Ini ialah penyakit mata umum lansia. Ini merusak makula. Penelitian menemukan bahwa orang yang makan paling Beta-karoten mempunyai risiko empat puluh persen lebih rendah dari degenerasi makula dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi sedikit.




Mencegah rabun senja dan Memperbaiki penglihatan: Defisiensi vitamin A sanggup menimbulkan beberapa kesulitan melihat dalam cahaya redup. Karena wortel kaya akan vitamin A itu baik untuk meningkatkan penglihatan. Karoten juga baik untuk kesehatan mata. Membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah. Kekurangan vitamin A atau yang dikenal dalam istilah kedokteran sebagai vitaminosis A, sanggup menimbulkan buta ayam atau rabun senja. Wortel merupakan jenis sayuran terpopuler kedua sesudah kentang. Wortel mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A dan Beta karoten kadang kala diresepkan untuk hal yang sama, lantaran beta karoten di dalam badan dikonversi menjadi vitamin A. Beta karoten sendiri termasuk dalam golongan karotenoida dan telah diidentifikasi terdapat lebih dari 600 jenis karoten yang berbeda. Antara lain yang cukup dikenal di dunia kesehatan ialah karoten, lutein, dan lycopen. Beta karoten merupakan belahan penting dari karoten. Jika badan diberi asupan beta karoten maka badan akan membentuk vitamin A sesuai yang dibutuhkan badan sehingga menyantap wortel menjadikan cara yang kondusif untuk memperoleh vitamin A. Karoten juga baik untuk kesehatan mata. Membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah. Kekurangan vitamin A atau yang dikenal dalam istilah kedokteran sebagai Avitaminosis A sanggup menimbulkan buta ayam atau rabun senja.




Stroke: Sebuah wortel sehari sanggup mengurangi risiko stroke hingga 68 persen. Banyak penelitian yang memperkuat "efek wortel" pada otak. Studi dilakukan pada pasien stroke memperlihatkan bahwa wortel dengan tingkat tertinggi Beta karoten mempunyai tingkat kelangsungan hidup terbaik.




Diabetes: Wortel yang baik untuk regulasi gula darah lantaran adanya karotenoid dalam wortel. Karotenoid terbalik mempengaruhi resistensi insulin dan gula darah sehingga lebih rendah.




Wortel mempunyai kualitas antiseptik dan lantaran itu, sanggup dipakai sebagai pencahar, vermicide dan sebagai obat untuk kondisi hati. Minyak wortel baik untuk kulit kering. Dengan memakan wortel Itu menciptakan kulit lebih lembut, halus dan kencang. Jus wortel juga meningkatkan kesehatan perut dan pencernaan.




Memperbaiki sistem pencernaan, Warna kuning/oranye dari wortel memperlihatkan kandungan karotin. Jus wortel mempunyai imbas terhadap kesehatan. Minum jus wortel juga manis untuk imbas pencucian liver dengan kandungan vitamin A yang ada dalam sayuran ini. Vitamin A mengurangi empedu dan lemak di dalam liver




Menurunkan kolesterol darah, Didalam wortel juga terkandung pectin yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Dengan adanya kandungan kalium dalam wortel, sanggup membantu menetralkan asam dalam darah dan vitamin A membantu hati menghilangkan toksin didalam tubuh. Di dalam wortel juga terkandung pectin yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Menurut R&D Department SidoMuncul, meminum jus wortel (Daucus carota var sativa) juga sanggup mengatasi kandungan kulit, ibarat jerawat, jerawat bernanah ataupun kulit kering. Masalah-masalah tersebut biasa timbul lantaran diet dan kebiasaan minum alkohol, obat-obatan dan rokok, sehingga menimbulkan kondisi asam yang tinggi di dalam darah. Dengan adanya kandungan kalium dalam wortel, sanggup membantu menetralkan asam dalam darah dan vitamin A membantu hati menghilangkan toksin di dalam tubuh. Wortel mentah atau dimasak merupakan sumber kalium dan vitamin C. Mendapatkan dan mengonsumsi wortel sangatlah mudah, sanggup dicampur dalam banyak sekali variasi makanan, minuman jus ataupun suplemen. Sebagai minuman kesehatan untuk anak-anak, SidoMuncul mengombinasikan beta karoten dengan ekstrak temulawak dan alang-alang. Produk ini selain untuk menambah daya tahan badan anak, mempertajam penglihatan juga menambah nafsu makan




Menurunkan tekanan darah tinggi, Kandungan mineral yang terdapat dalam wortel ialah kalium. Untuk mineral berfungsi menjaga keseimbangan air dalam badan dan membantu tekanan darah serta membantu menetralkan asam dalam darah.









Untuk kandungannya :




Biji : mengandung flavonoid, minyak atsiri, termasuk asaron, pinen, limonen, asam tiglat, azaron, dan bisabol, meristisin yang berguna memperlihatkan imbas aprodisiak.




Daun : mengandung paspirine suatu zat yang sanggup merangsang kelenjar pituitary (kelenjar di bawah otak) yang memperlihatkan perintah untuk melepaskan hormon seks. Zat-zat yang terdapat pada wortel sangat dibutuhkan dalam memicu fungsi kerja kelenjar endoktrin, khususnya kelenjaradrenalin dan kelenjar kelamin, juga berguna menyuburkan sistem reproduksi.




Umbi wortel kandungan nilai gizi dan kalori per 100 g materi segar : Kalori 42,00 kal, Protein 1,20 g, Lemak 0,30 g, Karbohidrat 9,30 g, Kalsium 39,00 mg, Fosfor 37,00 mg, Besi 0,80 mg, Natrium 32,00 mg, Serat 0,90 g, Abu 0,80 g, Vitamin A 12,000,00 si, Vitamin B-1 0,06 mg, Vitamin B-2 0,04 mg, Vitamin C 6,00 mg, Niacin 0,60 mg, Air 88,20 g.









KHASIAT




Pada ketika dilakukan pemanenan wortel harus dilakukan secara hati-hati semoga tidak terjadi luka pada umbinya. Luka pada umbi akan menimbulkan masuknya bakteri. Bakteri dari kelompok Leaconostoe yang masuk ke dalam umbi wortel yang terluka akan cepat sekali tumbuh dan akan menguraikan gula yang ada di dalam wortel untuk diubah menjadi dextran yaitu suatu senyawa yang berbentuk lendir sehingga wortel tidak layak untuk dikonsumsi. Kekurangan vitamin A sanggup menimbulkan katarak dan kebutaan, tingginya angka kesakitan dan angka kematian, khususnya di kalangan balita. Setiap tahun di Indonesia diperkirakan lebih dari 60.000 anak Indonesia menderita gangguan penglihatan. Indonesia masih kekurangan vitamin A sekitar 1,5 – 13,9 % yang pada umumnya diderita pada anak pra-sekolah. Oleh alasannya itu dianjurkan untuk mengkonsumsi masakan yang banyak mengandung zat vitamin A setiap hari, contohnya wortel.




Wortel ialah salah satu sumber masakan detoksifikasi yang mempunyai kemampuan untuk mengatur ketidakseimbangan dalam tubuh.




Wortel merupakan komoditas sayuran yang banyak mengandung beta karoten yang merupakan prekusor vitamin A.




Wortel sebagai sumber vitamin A berfungsi untuk membantu proses penglihatan. Vitamin tersebut merupakan belahan yang sangat penting dari penerimaan cahaya mata. Semua pigmen penglihatan mata dibentuk dari protein yang mengandung vitamin A.




Wortel kaya akan zat antioksidan beta karoten yang bisa mencegah radikal bebas menjadikan kanker, sanggup menurunkan resiko kanker prostat pada lelaki.




Mengkonsumsi secara rutin wortel sanggup mengurangi keganasan dari radikal bebas.




Sebaiknya tidak mengkonsumsi terlalu hiperbola alasannya akan menimbulkan kulit menjadi kuning.




Wortel selain dikonsumsi segar sanggup pula dikukus terlebih dahulu kemudian dimakan.









TIPS PENYAJIAN




MENURUNKAN KOLESTEROL: Wortel sanggup dibentuk dari buah yang segar dengan cara diblender untuk menurunkan kolesterol hingga dengan 11% bila mengkonsumsi 7 ons wortel tiap hari.




MENCEGAH RESIKO STROKE: maka dianjurkan untuk makan wortel segar paling sedikit 5 kali seminggu. Mengkonsumsi wortel selama 3 minggu, sanggup menurunkan resiko serangan jantung sekitar 22%. Mengkonsumsi wortel paling sedikit 5 kali seminggu sanggup menurunkan resiko terkena stroke sebesar 68%. Bagi yang sudah terlanjur terkena stroke, vitamin A pada wortel sanggup mencegah cacat pasca stroke. Dalam 100 gram wortel diketahui mengandung 12.000 S.I vitamin A.




MENINGKATKAN KESUBURAN BAGI KELUARGA MUDA: 3 ons wortel diblender dengan gabungan 1 buah apel dan 0,5 kg taoge.




ANTI KANKER: Mengkonsumsi 250 ml jus wortel setiap hari, terutama pada pagi hari sebelum makan akan membantu kesehatan usus besar dan membantu pertahanan badan dari resiko kanker, terutama kanker paru, laring, protat, kantung kemih dan cervix (leher).




MENGHALUSKAN WAJAH: 2-3 wortel diparut kemudian diperas airnya atau parutan wortel eksklusif ditempelkan di wajah.




MENGATASI HIPERTENSI: 500g wortel dicuci, dipotong-potong, beri sedikit air matang, kemudian diblender. Saring, kemudian diminum. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.




MENGATASI RABUN SENJA: 2 batang wortel dicuci diparut. remas dengan 2 sendok air matang. Peras dan saring. Beri madu supaya lebih enak, kemudian diminum. Lakukan ini 3x sehari.




MENGATASI MATA MINUS: minum air rebusan wortel atau makan wortel mentah. Bisa juga memarut 7 buah wortel, dan beri sedikit air matang. Kemudian peras dengan kain. Minum air perasannya 1x sehari.




MENGATASI DEMAM PADA ANAK: 200g wortel dicuci, diparut dan diperas hingga keluar sarinya. Air perasannya direbus dan diminum.




MENGATASI CACINGAN: keringkan 5 wortel, dan tumbuk/parut hingga menjadi bubuk. Seduh dengan air secukupnya. Minum 2x sehari, 5g setiap kali minum.




MENGATASI LUKA BAKAR: wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar.




MENGATASI BATUK: sebatang wortel dibersihkan, diparut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Beri sedikit gula aren, aduk hingga rata. Minum 2x sehari.




MENGATASI NYERI HAID: 250g wortel dicuci, dipotong-potong. Beri sedikit air, kemudian diblender. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.




MENGATASI SEMBELIT: 2 wortel dicuci bersih, kemudian diparut. Beri 2 sendok makan air matang dan sedikit garam, kemudian peras. Minum airnya 2x sehari.




MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI: Kandungan mineral yang terdapat dalam wortel ialah kalium. Untuk mineral berfungsi menjaga keseimbangan air dalam badan dan membantu tekanan darah serta membantu menetralkan asam dalam darah. cara mengatasi Mengatasi hipertensi: Ambil 500 gr wortel basuh higienis kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, kemudian diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari.




MENGHALUSKAN WAJAH: Ambil 2 – 3 wortel yang sudah dikupas bersih, kemudian basuh dan parut. Kemudian eksklusif oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu hingga kering. Bilas.









Wortel Juga Berperan Bagi Pengobatan




Kejang Jantung




Bahan: 




umbi wortel, 




2 sendok madu, 




1 potong gula aren;









Cara membuat: wortel diparut dan diperas dengan 2 gelas air, kemudian dioplos dengan materi lainnya hingga merata;




Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.









Eksim




Bahan:




1 umbi wortel 




1 sendok teh kapur sirih;









Cara membuat: wortel diparut dan dicampur dengan kapur sirih hingga merata;




Cara menggunakan: ditempelkan pada belahan yang sakit dan dibalut dengan verban.









Bahan: 




3 umbi wortel;









Cara membuat: diparut dan diseduh dengan 2 gelas air masak;




Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.









Cacing Kremi




Bahan: 




5-7 umbi wortel, 




garam 




santan kelapa secukupnya;









Cara membuat: wortel diparut, kemudian ditambah dengan materi lainnya;




Cara menggunakan: diperas dan disaring, kemudian diminum menjelang tidur malam.









Mata Minus




Bahan: 




umbi wortel secukupnya;









Cara membuat: diparut dan diperas untuk diambil airnya;




Cara menggunakan: diminum setiap pagi hari secara teratur.









Komposisi :




KANDUNGAN KIMIA : Wortel (Daucus carota) mempunyai nilai kandungan Vitamin A yang tinggi yaitu sebesar 12000 SI. Sementara komposisi kandungan unsur yang lain ialah kalori sebesar 42 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,3 gram, hidrat arang 9,3 gram, kalsium 39 miligram, fosfor 37 miligram, besi 0,8 miligram, vitamin B 1 0,06 miligram, dan vitamin C 6 miligram. Komposisi di atas diukur per 100 gram.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel