Segudang Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan Serta Ibu Hamil

Buah naga mempunyai khasiat dan manfaat yang beraneka ragam Segudang Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan Serta Ibu Hamil

Buah naga mempunyai khasiat dan manfaat yang beraneka ragam. Selain mempunyai kegunaan dalam menjaga sistem keseimbangan tubuh, kekebalan, kesehatan, kecantikan kulit dan wajah, buah naga ternyata sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Sebelum lebih jauh membahas perihal bermacam-macam manfaat dari buah naga, terlebih dahulu saya akan membahas sekilas perihal buah abnormal yang satu ini.

Asal Muasal Buah Naga Serta Kandungannya


Buah yang dikenal di dalam bahasa inggris dengan sebutan pitaya ini mulai terkenal di Asia Tenggara khususnya Indonesia, dalam kurun waktu 10 tahun belakangan ini dan pribadi menjadi primadona terutama dikala menjelang Ramadhan di Indonesia.

Buah naga berasal dari kawasan Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah naga merupakan tumbuhan homogen kaktus yang berasal dari keluarga Hylocereus dan Selenicereus.

Lalu menyebar dan dibudidayakan di beberapa negara di Asia Tenggara menyerupai Vietnam, Filipina, Malaysia, Indonesia dan juga Taiwan.

Buah yang banyak beredar dan dijual di pasar - pasar besar maupun kecil ini, kaya akan kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral.

Buah naga mempunyai khasiat dan manfaat yang beraneka ragam Segudang Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan Serta Ibu Hamil

Di Indonesia, buah naga sudah banyak dibudidayakan, salah satunya oleh petani jagung di Gorontalo yang kini beralih menanam tumbuhan buah naga. Permintaannya pun sangat tinggi, meningkat dari tahun ke tahun.

Budidaya buah naga sanggup dilakukan dengan dua cara yaitu dengan stek batang dan secara generatif atau melalui bijinya langsung.

Bunga buah naga hanya mekar pada malam hari dan tumbuh subur pada media dengan keadaan Porous ( media tanam yang tidak becek ), kaya unsur hara,berpasir, dan cukup sinar matahari dengan suhu ruangan antara 38 hingga 40 derajat celcius.

Pohonnya bisa mencapai ketinggian 3 meter lebih dan sanggup tumbuh dengan baik asalkan menerima cukup sinar matahari serta sanggup berbuah dikala berumur 11-17 bulan jikalau dirawat dengan baik.

Ada tiga jenis buah naga yaitu buah naga merah, putih, dan kuning. Namun yang banyak beredar dan dibudidayakan yakni buah naga merah dan putih.

Perbedaan keduanya yakni :

Buah naga putih berukuran lebih kecil dibandingkan buah naga merah. Kulit berwarna merah cerah, sisik berukuran lebih besar, dan jarak antara sisik buahnya lebih renggang daripada sisik pada buah naga merah.

Buah naga mempunyai khasiat dan manfaat yang beraneka ragam Segudang Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan Serta Ibu Hamil


Sedangkan buah naga merah mempunyai warna merah lebih gelap, sisik lebih banyak, dan lebih rapat.

Itulah sekilas perihal asal -  muasal, penanaman atau budidaya, dan jenis - jenis buah naga.

Kandungan Buah Naga


Buah naga mengandung cukup banyak air, protein, karbohidrat, serat, Vitamin B1, B2, B3, Vitamin C, kalsium dan zat besi.


Khasiat Buah Naga Untuk Obat, Diet, Dan Kecantikan


Setelah mengetahui sekilas perihal buah kaya manfaat ini, kini mari kita bahas perihal segudang manfaat buah naga untuk kesehatan.

Berikut diantaranya :

1. Menurunkan Berat Badan


Bagi kau yang sedang menjalankan jadwal diet dan ingin menurunkan berat tubuh ada baiknya untuk mengkonsumsi buah naga.

Selamat, alasannya kandungan vitamin B3 yang terkandung dalam buah naga bisa meminimalisir kandungan kolesterol jahat dalam tubuh dan mengurangi penumpukan lemak.

Buah naga yang rendah kalori juga sanggup dijadikan masakan pengganti cemilan yang sehat dan tidak akan mengakibatkan kegemukan.


2. Menjaga Kesehatan Jantung


Khasiat buah naga yang dapat  menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh sanggup mengurangi resiko penyakit kardiovaskular dengan cara mengurangi kadar kolesterol dalam pembuluh darah yang sanggup mengakibatkan penyumbatan dan mengakibatkan gangguan pada jantung.

3. Membuat Kulit Tampak Awet Muda


Buah naga yakni obat anti-aging alami. Kandungan antioksidannya yang tinggi bisa mencegah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan mencegah penuaan sel serta memperbaharui sel - sel tubuh yang rusak.

Sehingga membantu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh yang kemudian menciptakan kulit tampak cerah dan abadi muda.


4. Mengurangi Resiko Diabetes


Manfaat buah naga selanjutnya yakni membantu pencegahan penyakit diabetes. Kandungan buah naga yang kaya akan serat sanggup mengontrol kadar gula dalam darah dan menyeimbangkannya.


5. Sebagai Pereda Nyeri


Buah naga bersifat sebagai anti-inflamasi dan sanggup mengurangi rasa sakit serta pembengkakan pada sendi. Dengan kata lain, obat naga yakni obat alami untuk penyakit arthritis atau yang lebih dikenal dengan radang sendi.


6. Menyehatkan Pencernaan dan Melancarkan BAB


Kandungan serat yang sangat tinggi pada buah naga berfungsi untuk melancarkan pencernaan dengan cara detoksifikasi usus besar. Dan sanggup mengatasi persoalan sembelit.

7. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh


Kandungan Vitamin B, C, dan kalsium serta zat besi berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan zat - zat asing dari luar tubuh yang sanggup mengakibatkan penyakit.

8. Menangkal  Radikal Bebas


Buah naga sanggup membantu proses detoksifikasi yaitu mengeluarkan racun berupa radikal bebas yang berasal dari luar.

9. Mencegah dan Mengobati Jerawat


Cobalah gunakan buah naga yang telah dihaluskan sebagai masker pada wajah. Cara ini bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat dan menjaga semoga wajah tetap bersih.


10. Menjaga Kesehatan Mata


Kandungan beta karoten yang terkandung dalam 100 gram buah naga sama baiknya dengan buah wortel untuk menjaga semoga mata tetap sehat.

11. Menjaga Kadar Kolesterol Dalam Darah


Kandungan Vitamin B3 dalam buah naga mempunyai kegunaan untuk menjaga kadar kolesterol jahat dalam darah.


12. Mengurangi Resiko Penyakit Kanker


Kandungan serat, kalium, fosfor, vitamin C dan B2 sanggup membantu mengeluarkan zat berat menyerupai logam yang bersifat racun dari dalam tubuh yang sanggup mengakibatkan kanker.

Buah naga juga kaya akan kandunga antioksidan phytoalbumin penangkal zat - zat yang bersifat racun / karsinogen.

13. Meringankan Gejala Batuk Dan Asma


Manfaat buah naga lainnya yaitu sanggup meringankan batuk dan gangguan pernapasan dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh penderitanya alasannya kadar vitamin C dari buah naga ini sanggup mempertebal sistem imun seseorang.


14. Kesehatan Tulang dan Darah


Buah naga mempunyai kandungan kalsium dan zat besi yang cukup tinggi. Mengkonsumsinya sanggup memenuhi kebutuhan kalsium harian yang baik untuk fungi otot dan transmisi syaraf.

Sedangkan kandungan zat besi membantu melancarkan penyaluran oksigen melalui darah ke seluruh tubuh.

Kandungan vitamin C nya membantu tubuh dalam peresapan zat besi sehingga gampang diserap tubuh yang baik dalam menjaga kesehatan darah.

Nah, itulah segudang manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Serta Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil


Selain mempunyai kegunaan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh, ternyata buah naga sangat baik pula dikonsumsi oleh ibu hamil.

Khasiat buah naga dipercaya bisa membantu ibu hamil selama proses kehamilan.

Buah naga mempunyai khasiat dan manfaat yang beraneka ragam Segudang Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan Serta Ibu Hamil

Ini ia beberapa diantara banyak manfaat buah naga bagi ibu hamil.


A. Mencegah Anemia


Buah naga banyak mengandung zat besi yang membantu dalam pembentukan sel darah merah.

Mengkonsumsinya sanggup mengurangi resiko anemia pada ibu hamil yang sanggup mengakibatkan lemas, lesu, dan tidak bertenaga selama proses kehamilan. Mengkonsumsi buah naga tentunya akan memperlihatkan banyak manfaat.

B. Sumber Energi


Mengkonsumsi buah naga bagi ibu hamil sanggup mencukupi asupan karbohidrat sekitar 14 gram dari 135 gram karbohidrat yang diharapkan dikala hamil.

C. Menangkal Racun Dalam Tubuh


Antioksidan yang tinggi dalam buah naga berguna untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi perkembangan janin.


D. Pembentukan Tulang dan Gigi


Kandungan kalsiumnya yang cukup tinggi berguna dalam membantu perkembangan dan pembentukan tulang serta gigi janin dalam kandungan selama kehamilan.


E. Membantu Penyerapan Protein


Kandungan vitamin B1 dari buah naga sanggup membantu mempercepat peresapan protein bagi ibu hamil yang berguna sebagai zat pembangun sel - sel pada janin.

F. Mencukupi Asupan Gizi Selama Kehamilan


Kandungan buah naga yang kaya akan protein, kalsium, fitokimia, dan vitamin C yakni banyak sekali nutrisi yang diharapkan dalam perkembangan janin hingga proses melahirkan.

Mengkonsumsi buah naga secara rutin sanggup mengurangi resiko mal nutrisi dikala bayi dilahirkan.


G. Mencegah Dehidrasi


Buah naga merupakan salah satu jenis buah - buahan yang kaya akan kandungan air.

Hal inilah yang bisa mengurangi resiko kehilangan cairan tubuh bagi ibu hamil yang sanggup mengakibatkan tubuh menjadi lemas.

H. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ibu Hamil


Kesehatan seorang ibu yang sedang hamil akan kuat juga pada kesehatan janin.

Maka, ada baiknya seorang ibu yang sedang hamil selalu menjaga daya tahan tubuhnya, salah satunya yaitu dengan konsumsi buah naga.

Karena kandungan vitamin C nya membantu memperkuat daya tahan tubuh ibu dan janin.

I. Pertumbuhan dan Perkembangan Janin


Kandungan asam folat yang terdapat dalam buah naga berfungsi dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan otak bagi janin.

Mengkonsumsi buah naga dikala sedang mengandung sangat baik bagi kesehatan keduanya.


J. Melancarkan Buang Air Besar


Masalah BAB yakni persoalan gangguan pencernaan yang umum dirasakan dikala kehamilan. Kaya akan serat, buah naga sanggup mencukupi kebutuhan serat yang baik untuk menjaga sistem pencernaan.

Ada baiknya mengkonsumsi setidaknya 100 gram buah naga setiap hari.

K. Menjaga Keseimbangan Metabolisme Sel
L. Membantu Perkembangan Sistem Syaraf Tulang Belakang
M. Mencegah Beri - Beri
N. Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Demikianlah segudang manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh dan manfaat buah naga bagi ibu hamil.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

Baca juga artikel kesehatan lainnya berikut berjudul: Obat Batuk Alami ? Gunakan Bumbu Dapur Berikut Ini


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel