Obat Sakit Dari Bunga Teratai














Teratai (Nelumbium Nelumbo Druce) ialah termasuk jenis tumbuhan dari keluarga Nymhaeaceae, yaitu tumbuhan air menahun yang sangat indah, berasal dari daratan Asia. Teratai dibudidayakan diperairan dan dikolam, namun tak jarang juga kita akan menemukan teratai yang tumbuh liar dirawa-rawa atau kali. 





Teratai termasuk tumbuhan menjalar, daun dan bunga langsung keluar dari rimpangnya yang terikat pada lumpur yang ada didasar kolam, permukaan daunnya berlilin, berwarna hijau keputihan, bab tepinya rata, bab tengah agak melengkung dan tulang daun tersebar dari sentra daun kearah tepi. Sedangkan bunganya harum, menjulang kepermukaan air dengan tulang tangkai bundar dan kokoh, panjangnya tangkai bunga 75-200 cm, dan bunga teratai mekar setiap hari penuh, pagi hingga sore hari, sesudah bunga layu mahkota bunga akan berguguran, hingga karenanya tersisa dasar bunga yang akan menjadi bakal buah.





Teratai bukan saja anggun untuk dijadikan tumbuhan hias, namun bunga teratai juga berguna untuk kesehatan, banyak khasiat bunga teratai yang sanggup kita manfaatkan untuk mengobati banyak sekali penyakit yang sedang kita derita, bagian-bagian teratai bukan hanya bunga atau daunnya saja melainkan rimpang dan akarnya juga sanggup kita manfaatkan untuk kesehatan.


Berikut ini ialah beberapa khasiat bunga teratai untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit dan cara mengolahnya.





Batuk berdarah


Ambil rimpang teratai secukupnya, basuh hingga bersih, kemudian potong-potong seperlunya kemudian kita buat jus, hingga terkumpul 1 gelas 200 cc, minum sekaligus.





Darah tinggi


Ambil 10 gram biji teratai dan 15 gram tunas biji teratai (lien sim), kemudian kedua materi tersebut rebus dengan 350 cc air hingga mendidih dan airnya berkurang menjadi 200 cc. Minum setiap hari menyerupai minum teh





Obat disentri


Ambil 50 gram rimpang teratai dan 10 gram jahe, basuh hingga bersih, buat jus dengan cara diblender kemudian tambahkan air 100 cc, selanjutnya direbus hingga mendidih, sesudah masbodoh tambahkan 1 sendok makan madu. Aduk hingga rata kemudian minum.





Obat mimisan


Ruas akar teratai dicuci hingga higienis selanjutnya kita blender, ambil airnya. teteskan air ramuan tersebut kehidung.





Obat diare


Ambil 50 gram rimpang teratai dan 15 gram jahe, buat jus kedua materi tersebut, kemudian minum tiga kali sehari


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel