Pengobatan Sakit Dengan Jahe Merah



PENGOBATAN SAKIT DENGAN JAHE MERAH


Khasiat jahe merah - Jahe (Zingiber officinale Rosc) merupakan salah satu bumbu dapur yang sudah usang dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Pemakaian jahe sebagai tumbuhan obat semakin berkembang dengan pesat seiring dengan mulai berkembangnya pemakaian bahan-bahan alami untuk pengobatan. Awalnya pengunaan jahe hanya menurut kebiasaan orang bau tanah zaman dahulu yang diwariskan secara turun temurun, namun seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta dilengkapi dengan penelitian yang mendukung, jahe sekarang mulai dimanfaatkan secara komersial.







Secara umum senyawa kimia yang terkandung didalam jahe terdiri minyak menguap (Volatile oil) minyak tidak menguap (nonvolatile oil) dan pati. Minyak atsiri ialah termasuk jenis minyak menguap, jenis minyak yang mempunyai amis yang khas. Minyak tidak menguap disebut oleoresin yakni jenis komponen yang memperlihatkan rasa pahit dan pedan. Selain itu rimpang jahe juga mengandung gingerol, 1,8-cineole, 10-dehydrogengedione, 6-gingerdione, arginine, a-linolenic acid, aspartic, caprylic acid, capsaicin, chlorogenis acid, farnesal, farnesene, farnesol dan unsur pati menyerupai tepung, kanji serta serat-serat resin dalam jumlah sedikit.





Kandungan minyak atsiri dan oleoresin yang cukup tinggi terkandung pada jahe merah inilah yang menjadikan jahe merah mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia pengobatan, baik itu pengobatan tradisional maupun untuk dalam skala industri yang telah memanfaatkan kemajuan teknologi.





Khasiat jahe merah bukan hanya daging rimpangnya tetapi kulit rimpangnya juga dimanfaatkan untuk pengobatan, obat yang sudah turun temurun dari jahe merah ialah untuk mengobati menceret dan disentri.





Berikut ini ialah beberapa khasiat jahe merah menurut kandungan zat yang terdapat didalam jahe merah :





Limonen 


Khasiatnya bisa menghambat jamur Candidi albicans, antikholinesterase, obat flu





1,8-cineole


Khasiatnya mempu mengatasi ejakulasi prematur, anestetik antikholinesterase, perangsang acara syaraf pusat, merangsang ereksi, merangsang keluarnya keringat, dan penguat hepar.





10-dehydroginger-dione, 10-ginger-dione


Khasiatnya Merangsang keluarnya ASI, menghambat kerja enzim siklo-oksigenase, dan pengutamaan prostaglandin.





Alpha-linolenic acid


Khasiatnya anti pendarahan diluar haid, merangsang kekebalan tubuh, dan merangsang produksi getah bening.





Arginine


Khasiatnya Mencegah kemandulan, memperkuat daya tahan sperma





Aspartic acid


Khasiatnya Perangsang syaraf dan penyegar





Betha-sitoserol


Khasiatnya Perangsang hormon androgen, menghambat hormon estrogen, mencegah hiper-lipoprotein, melemahkan potensi sperma dan materi baku feroid





Caprylic-acid


Khasiatnya anti jamur Candidi albicans





Capsaicin


Khasiatnya Merangsang ereksi, menghambat keluarnya enzime 5-lipoksigenase dan siklo-oksigenase, meningkatkan acara kelenjar endokrin.





Chlorogenic acid


Khasiatnya Mencegah proses penuaan, merangsang regenerasi sel kulit dan farnesal





Farnesol


Khasiatnya Bahan pewangi makanan, parfum merangsang regenerasi sel normal.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel