Manfaat Dan Khasiat Temulawak Bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Temulawak - Tanaman Obat yang akan kami bahas kali ini merupakan salah satu jenis temu-temuan yang paling banyak dikenal dan paling gampang ditemukan yaitu temulawak. Tumbuhan yang berguna obat pada rimpangnya ini diduga berasal dari Indonesia yang khususnya yakni dari Pulau jawa. Dengan begitu mudahnya didapat pada setiap wilayah, Temulawak memiliki nama panggilan yang berbeda menyerupai misalnya Koneng Gede (Sunda) dan Temulabek pada kawasan Madura. Masih meliputi Klasifikasi Plantae, Temulawak temasuk dalam marga Zingiberaceae dan memiliki nama latin atau ilmiah Curcuma xanthorrhiza.
 Tanaman Obat yang akan kami bahas kali ini merupakan salah satu jenis temu Manfaat dan Khasiat Temulawak Bagi Kesehatan
Dengan ciri-ciri sederhana, temulawak sangat gampang dikenali, terutama pada rimpangnya yang berwarna kuning serta lebih besar dari pada rimpang obat yang lain. Selain itu, temulawak lebih memiliki banyak kandungan air, memiliki rasa pahit agak pekat dan sangat cocok dijadikan ramuan tradisional atau jamu. Ciri lain yaitu daun berwarna hijau, tinggi pohon 1 hingga 1.5m dan memiliki bunga berwarna merah muda pada bab ujung dan biru pada bab tangkai.

Nah, yang dipertanyakan disini yakni : Apa saja kandungan serta manfaat pada temulawak? Serta bagaimana cara pengolahan yang sempurna untuk dijadikan jamu tradisional? Berikut tanggapan singkat mengenai pertanyaan yang sudah dilontarkan diatas.

Pertama kita car tahu dulu apa saja kandungan kimia baik pada temulawak. kami tidak akan menyebutkan secara detail supaya bahasan yang kita baca ini tidak terlalu berbelit dan lebih gampang dimengerti. Sesuai dengan sumber yang kami ketahui, beberapa kandungan kimia temulawak ialah : Pati / zat tepung, Kurkumin, Minyak atsiri, dan lain-lain yang bisa dijadikan sebuah antioksidan bagi badan supaya terjaga dari segala serangan radikal bebas / penyakit.

Manfaat dan Khasiat Temulawak Bagi Kesehatan :
  • Meningkatkan dan menambah selera makan
  • Meningkatkan kinerja dari ginjal
  • Anti inflamasi.
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Sebagai antioksidan guna menangkal radikal bebas.
  • anti mikroba.
  • Mencegah sel kanker atau tumor.
  • Mengobati anemia atau kurang darah.
  • Menghalukan wajah dan mengobati jerawat.
  • Pembersih darah alami.
  • DLL.
Untuk meracik dan pembuatan jamu Temulawak :
* Sediakan beberapa rimpang temulawak.
* Segenggam daun mimba
* Garam secukupnya.
* Segenggam daun sambiroto.
Cara Pembuatan :
* Cuci higienis semua bahan
* Parut temulawak
* Tumbuk atau blender daun mimba dan daun sambiroto
* Kemudian campurkan semua materi (kecuali garam)
* Tambahkan air secukupnya / 400cc setara dua gelas.
* Rebus beserta dengan garam hingga mendidih.
* Tiriskan dan minum selagi hangat (saring terlebih dahulu sebelum diminum)

Itu sedikit keterangan perihal Manfaat dan Khasiat Temulawak Bagi Kesehatan, semoga bisa berguna dan membantu orang banyak. Sekian dari kami, selamat membaca dan mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel