Ramuan Herbal Untuk Pengobatan Penyakit Wasir

Ramuan Herbal Untuk Pengobatan Penyakit Wasir


Wasir atau sanggup disebut ambeien merupakan kelainan akhir membesarnya pembuluh darah balik (vena) pada penggalan bawah usus besar (rektum) di kawasan dubur. Secara anatomis, wasir bersama-sama bukan penyakit, tapi perubahan pada ganjal pembuluh darah di dubur. Bantalan itu melebar dan membesar.










Wati, Customer Service Jamu Putri Gunung Jati Surabaya mengatakan, secara umum penyebab wasir antara lain alasannya badan kurang serat, terlalu banyak duduk, kurangnya cairan dalam tubuh, dan sirkulasi darah yang tidak lancar. Sedangkan ambeien ada dua macam adalah ambeien luar dan ambeien dalam. Artinya, ambeien dalam benjolannya berada didalam sedangkan ambeien luar benjolannya diluar anus.





Pengobatan wasir dilakukan menurut tingkat keparahannya. Bila wasir masih dalam derajat ringan, obat tradisional, terutama herba berguna sanggup Anda coba. Menurut buku Terapi Herba, Buah, dan Sayuran 10 Penyakit Utama, ada beberapa resep herba untuk mengatasi wasir.





1. Sosor bebek


Efek : Antiradang, mengurangi pembengkakan, menghentikan pendarahan.


Ramuan : Ambil 50 helai daun sosor bebek, basuh bersih, kemudian diangin-anginkan hingga kering. Kemudian tumbuk halus dan simpan dalam wadah tertutup rapat. Satu sendok makan debu daun sosor angsa itu seduh dalam satu cangkir air panas (boleh ditambah madu). Aduk-aduk. Minum sesudah hangat. Ramuan ini sanggup diminum 3 kali sehari.





2. Daun Saga
Daun Ungu, di Madura disebut dengan Karotong sedangkan di Bali dikenal sebagai Temen. Dalam bahasa Latin disebut dengan Latya graptophyllum pictum L.Griffith. Daun yang berwarna lembayung atau ungu ini, sanggup dimakan sebagai lalap mentah atau dikukus bahkan sanggup dibentuk sayur.


Ramuan : Ambil 7-8 lembar daun ini, adas 1 sedok dan pulosari setengah jari. Kemudian rebus dengan 2 gelas air (500 ml), dengan api kecil, sehingga airnya tersisa 1 gelas lagi. Untuk penderita wasir derajat 3-4, minum sehari tiga kali. Sedangkan untuk wasir yang masih ringan, air rebusan tadi sanggup diminum dalam 2-3 kali. Jika ingin lebih enak, maka sanggup ditambahkan seiris temu lawak dalam rebusan tadi.





12. Tape.


Biasakan makan tape, baik tape ketela pohon maupun tape ketan setiap hari. Dalam waktu tiga hari (bila sudah keluar darah dari dubur), darah akan berhenti/mampet, dan kemungkinan dalam waktu satu ahad akan sembuh.





13. Daun Salak.


Kalau ambeien/wasir belum parah atau masih gejala, sanggup juga dicoba resep tiga helai daun salak direbus dengan air sebanyak satu gelas. Lalu air rebusan tadi disaring dan diminum dengan gula merah. Minum dua kali sehari, pagi dan malam. Lakukan secara rutin.





Sumber: http://cintaherbal.wordpress.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel