Tanaman Sambiloto Dengan Keuntungannya Sebagai Herbal

Tanaman Sambiloto Dengan Manfaatnya Sebagai Herbal


Sambiloto atau Andrographis panculta termasuk flora herba musiman yang setahu saya bersasal dari India. Daunnya tunggal bertangkai pendek, dan berbentuk lanset. Seluruh potongan tubuhnya sanggup dimanfaatkan sebagai obat, tetapi potongan yang paling banyak dipakai yaitu daun dan batangnya. Bunga sambiloto berwarna putih dan ungu. Bunganya keluar dari potongan ketiak daun dan ujung tangkai.









Seluruh potongan flora ini khususnya daun mengandung zat andrographolid. Zat inilah yang menimbulkan atau menjadikan rasa pahit pada daun sambiloto. Fungsi dari zat andrographolid yaitu merusak inti sel tumor dan meningkatkan daya tahan tubuh, daun ini sangat bagus……





Tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai anti kanker dan mengobati diabetes mellitus, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan tumor paru. Sambiloto memiliki sifat mematikan dan membunuh sel kanker, merusak inti sel tumor, dan meningkatkan daya tahan tubuh.





Bagi pengobatan luar atau eksternal sanggup dilakukan dengan cara melumat potongan flora lalu ditempelkan ke potongan yang sakit atau luka. Penyakit tersebut antara lain memar, digigit serngga, kudis, eksim, dll.





Memperbanyak flora sambiloto sanggup dilakukan dengan cara setek dan secara generative dengan biji.


Perbanyakan paling mudah, cepat, dan jumlahnya cukup banyak dengan cara menanam bijinya


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel