Waspada Tanda-Tanda Asam Urat / Gout Artritis

Asam urat merupakan sebutan umum untuk penyakit rematik gout (gout artritis). Penyakit ini merupakan gangguan metabolik yang disebabkan asam urat (uric acid) yang menumpuk dalam jaringan tubuh. Asam urat yaitu zat yang merupakan hasil simpulan dari metabolisme purin dalam badan yang kemudian dibuang melalui urin. Pada kondisi gout, terdapat timbunan atau deposit kristal asam urat di dalam persendian.
Mengapa di sendi? Sendi merupakan penggalan yang paling gampang dihinggapi kristal-kristal asam urat selain juga pada penggalan kulit dan ginjal yang merupakan tanggapan dari penambahan kadar asam urat dalam darah.Kristal-kristal tersebut akan menyebar ke dalam rongga-rongga sendi sehingga terjadilah peradangan akut atau terjadi gout. Jika terjadi selama bertahun-tahun, deposit kristal asam urat dalam sendi tersebut sanggup menjadikan kerusakan sendi secara permanen.
Asam urat atau gout artritis lebih sering menyerang pria terutama yang berumur di atas usia 30 tahun, lantaran umumnya pria sudah memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam darahnya. Sedangkan kadar asam urat pada perempuan umumnya rendah dan gres meningkat sesudah menopause.

Produk buangan termasuk asam urat dan garam-garam anorganik dibuang melalui terusan ginjal, kandung kemih dan terusan kemih dalam bentuk urin. Kegagalan ginjal dalam proses pembuangan asam urat dalam jumlah yang cukup banyak sanggup meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Hal tersebut juga sanggup mengakibatkan komplikasi lain yaitu pengendapan asam urat dalam ginjal yang risikonya terjadi pembentukan kerikil ginjal dari kristal asam urat.
Serangan gout biasanya timbul secara mendadak/akut, kebanyakan menyerang pada malam hari. Jika gout menyerang, sendi-sendi yang terjangkit tampak merah, mengkilat, bengkak, kulit diatasnya terasa panas disertai rasa nyeri yang sangat hebat, dan persendian sulit digerakan. Serangan pertama gout pada umumnya berupa serangan akut yang terjadi pada pangkal ibu jari kaki, dan seringkali hanya satu sendi yang diserang. Namun gejala–gejala tersebut sanggup juga terjadi pada sendi lain menyerupai pada tumit, lutut, siku dan lain-lain.

Dalam masalah encok kronis sanggup timbul tofus yaitu endapan menyerupai kapur di kulit yang membentuk suatu tonjolan atau benjolan yang menandai pengendapan kristal asam urat. Tofus sering timbul pada daun telinga, siku, tumit belakang dan punggung tangan.

Berikut ini yaitu jenis masakan yang sanggup menaikkan kadar asam urat darah, yang harus dihindari atau dikontrol asupannya oleh penderita asam urat :

- Jeroan menyerupai usus, rempela, paru, hati, jantung, dan otak.
- Melinjo dan olahannya menyerupai emping
- Kacang-kacangan yang dikeringkan beserta olahannya menyerupai kedelai, - kacang tanah, kacang hijau, toge, oncom, tempe, tahu.
- Makanan yang diawetkan menyerupai sarden, kornet.
- Kerang, kepiting, cumi-cumi, udang, ekstrak daging/kaldu
- Minuman beralkohol menyerupai bir, tape, ragi, tuak, dan minuman hasil fermetasi lainnya.
- Sayuran dan buah menyerupai : bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kacang polong, kacang buncis, kembang kol, nanas, durian, dan air kelapa.
Penderita juga dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih lantaran air membantu mengeluarkan asam urat melalui urin.
Untuk memastikan seseorang terkena gout sanggup dilakukan investigasi sebagai berikut :
1. Pemeriksaan kadar asam urat di dalam darah
- Apabila kadar asam urat dalam darah pada pria lebih dari 7 mg/dl dan
pada perempuan lebih dari 6 mg/dl, maka dikatakan menderita asam urat tinggi yang
memicu terjadinya gout.
2. Pemeriksaan kadar asam urat dalam urin per 24 jam
- Kadar asam urat dalam urin hiperbola jikalau kadarnya lebih dari 800 mg/24 jam pada diet biasa atau lebih dari 600 mg/ 24 jam pada diet bebas purin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel