Khasiat Daun Sukun Untuk Jantung Dan Ginjal

Tanaman sukun sangat terkenal dan umum dijumpai di Indonesia, buahnya yang lingkaran hijau sering dijadikan masakan dan bahkan ada yang kreatif menjadikannya sebagai buah tangan berupa keripik sukun. Sekilas dari bentuk pohonnya tanaman sukun menyerupai dengan tanaman keluwih dan daunnya pun menyerupai bentuknya.


DAUN SUKUN UNTUK PENGOBATAN SAKIT GINJAL :


1. Pertama, siapkan tiga lembar daun yang berwarna hijau tua, namun masih melekat di dahan. Kemudian basuh higienis pada air mengalir. Selanjutnya dirajang kemudian jemur hingga kering.

Tanaman sukun sangat terkenal dan umum dijumpai di Indonesia KHASIAT DAUN SUKUN UNTUK JANTUNG DAN GINJAL
2. selanjutnya, Siapkan pula wadah kemudian isi dengan air higienis dua liter. Usahakan wadah tersebut terbuat dari gerabah tanah liat, tapi kalau pun tak ada sanggup juga menggunakan panci stainless steel. Masukkan dedaunan kering itu kemudian dimasak hingga mendidih, sisakan air tersebut hingga volumenya tinggal separuh. Selanjutnya, tambahkan air higienis satu liter, dan didihkan lagi hingga separuh.


3. Saringlah rebusan daun sukun itu. Air rebusan akan berwarna merah, menyerupai warna air teh. Rasanya juga cukup pahit. Minumlah dikala hangat, tak boleh disisakan untuk kesesokan harinya. Demikian lakukan seterusnya hingga sembuh.


Agar tidak repot berulang mengambil tiga lembar daun, sebaiknya sediakan rajangan daun sukun kering untuk seminggu. Caranya, siapkan lembar daun hijau renta sebanyak 3 x 7 = 21 lembar. Proses selanjutnya persis menyerupai cara di atas, sehingga kita punya sejumlah rajangan daun sukun kering, tapi dibagi-bagi menjadi tujuh bungkus. Tiap hari ambil sebungkus, rebus, saring, dan minum. Jika Anda termasuk tak tahan pahit, sanggup ditambahkan sedikit madu setiap kali minum.


DAUN SUKUN UNTUK PENGOBATAN PENYAKIT JANTUNG SEBAGAI BERIKUT:


Daun sukun juga sanggup untuk mengobati penyakit jantung. Caranya,:
1. Ambillah satu lembar daun sukun renta yang masih melekat di pohon. Daun sukun renta memiliki kadar zat kimia maksimal.


2. Cuci daun sukun yang sudah dipetik tadi hingga higienis kemudian dijemur hingga kering. Kemudian rebus hingga mendidih dengan lima gelas air dan sisakan hingga tinggal separuh. Tambahkan air lagi hingga mencapai volume lima gelas.

3. Setelah disaring, rebusan air itu siap diminum dan harus habis tak sanggup disisakan untuk esok hari.


Beberapa pakar obat tradisional memang mencurigai khasiat daun sukun. Namun masyarakat sudah percaya dan mengambarkan khasiat daun sukun yang sanggup menyembuhkan penyakit jantung dan ginjal. Literatur yang mengungkap efek diuretik dan kardiotonik sukun hanya buku Indian Medicinal Plants. Itu pun hanya menyangkut buahnya. Apakah materi kimia yang dikandungnya itu berguna ?


Tentu saja masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut oleh pihak-pihak yang terkait, alasannya yaitu memang obat tradisional dari tanaman dipercaya walaupun awalnya hanya dongeng dari ekspresi ke mulut. Jadi, penelitian itu amat penting bagi dunia kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel