Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Manggis bagi Kesehatan - Manggis ialah flora orisinil dari kepulauan Indonesia, walau sekarang pembudidayan manggis banyak dilakukan di Thailand dan Burma. Manggis dikenal akan kandungan anti oksidannya yang tinggi, sehingga keuntungannya bagi kesehatan tidak di ragukan lagi. Buah dengan nama latin garcinia mangostana ini memiliki pohon yang dapat tumbuh sampai 25 meter tingginya.

 Manggis ialah flora orisinil dari kepulauan Indonesia Manfaat Buah Manggis bagi Kesehatan


Kandungan anti oksidan dalam buah manggis menciptakan buah manis ini banyak dipakai oleh perusahaan untuk diolah sebagai obat-obatan. Bahkan banyak perusahaan yang bertaraf International sekalipun.

Xanthone dan Antioksidan dalam buah manggis



Buah manggis terutama pada kulitnya mengandung senyawa yang disebut dengan Xanthone. Ini ialah sebuah fitonutrien yang dipercaya sangat elok dalam meningkatkan kekebalan tubuh, fungsi pernafasan , usus dll. Menurut penelitian bahwa enam dari senyawa xanthone memiliki peranan dalam menghambat pertumbuhan penyakit leukeimia. Bukan hanya itu saja, dalam buah manggis juga mengandung polifenol yang merupakan anti oksidan berpengaruh yaitu lebih berpengaruh dari 10 kali vitamin C dan 100 kali dari kombinasi vitamin E dan Karatenoid. Karena kandungan manggis yang menyerupai inilah, maka menciptakan buah manggis ini menjadi buah sehat yang sangat elok dalam menangkal bahayanya radikal bebas, yang menjadikan banyak sekali penyakit termasuk kanker.

Manfaat Buah Manggis Sebagai Anti Radang



Manggis sekarang sedang dalam uji coba laboratorium dan berdasarkan riset terhadap binatang, manggis efektif dalam mengatasi inflamasi pada hewan, dan menjadi obat radang sendi. Para peneliti meyakini bahwa hasil uji coba ini walau hanya sebatas pada bintang, tetapi akan memperlihatkan imbas kasatmata bagi pengobatan radang sendi pada manusia, dan diperlukan manggis dapat menjadi obat bagi penyakit arthtritis (radang sendi) dimasa depan.

Kalau kita lirik sejarah manfaat kesehatan buah manggis, Buah ini sudah sejala usang dipakai oleh orang Asia tenggara dan cina dalam pengobatan tradisional. Salah satunya yaitu sebagai jamu atau obat untuk diare dan sistitis, caranya hanya dengan merebus 25-30 kulit buah manggis. Tidak hanya itu, tetapi dapat juga kulit buah manggis dikeringkan dan digiling sebagai obat disentri.

Tips menentukan buah manggis yang elok untuk obat atau untuk jus buah manggis ialah buah manggis yang tidak ada getah kuningnya dalam buahnya. Begitu juga jikalau anda mau menciptakan jus manggis, maka getah kuning pada kulitnya harus dibuang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel