Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh

- Manfaat vitamin C - Vitamin C dalam istilah kesehatannya disebut L-ascorbate atau ascorbic acid tentunya setiap kita sudah tidak gila lagi, kita sanggup mendapat vitamin C dari makanan alami menyerupai buah-buahan atau sayuran yang kaya akan vitamin C atau sanggup juga mengkonsumsi Vitamin C berupa embel-embel yang sudah dikemas berupa tablet maupun minuman yang banyak dijual dipasaran.




Vitamin C mempunyai sifat yang gampang larut di dalam air dan kalau badan sudah cukup menyerap vitamin ini maka vitamin C akan dibuang menjadi air seni dalam waktu 24 jam, lantaran rasanya yang asam tidak semua orang sanggup dengan leluasa mengkonsumsi vitamin C ini dalam takaran yang tinggi, kalau lambung anda tidak tahan anda sanggup mengurangi dosisnya atau sanggup mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin C.

Fungsi vitamin C bagi tubuh:

  • Vitamin C tentunya sangat penting bagi kesehatan badan selain itu bermanfaat untuk komponen struktural penting dari pembuluh darah, ligamen, tendon dan tulang serta diharapkan juga untuk sintesis kolagen, neurotransmitter dan juga norepinefrin.
  • Juga yang tak kalah penting dari vitamin C ini sanggup berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh. 


Makanan yang mengandung Vitamin C:
Tubuh sangat membutuhkan asupan vitamin C setiap harinya lantaran badan tidak sanggup memproduksi Vitamin C sendiri, lantaran itu sangat disarankan untuk banyak makan makanan alami menyerupai buah-buahan atau sayuran yang kaya akan vitamin C, menyerupai nanas, kiwi, jeruk, strawberry, melon, raspberry, tomat, brokoli, paprika dan masih banyak yang lainnya. (Bisa anda lihat pada gambar di bawah artikel)




Kebutuhan Vitamin C per hari:
Setiap orang kebutuhan asupan vitamin C sanggup berbeda-beda tergantung dari usia, jenis kelamin, kondisi psikologis maupun banyaknya aktifitas seseorang.
Untuk orang berakal balig cukup akal laki-laki membutuhkan vitamin C 90 mg/hari dan perempuan 75 mg/hari sedangkan bawah umur usia 14 hingga 18 tahun membutuhkan vitamin C 65 mg/hari,
Namun kalau kondisi badan sedang kurang fit takaran vitamin C sanggup ditingkatkan yakni dengan mengkonsumsi vitamin C takaran tinggi, namun sebaiknya vitamin C dalam takaran tinggi tidak dikonsumsi untuk waktu usang lantaran sanggup mengakibatkan terganggunya perembesan vitamin B12, meningkatnya asam lambung sehingga sanggup mengiritasi dinding lambung, memicu terbentuknya kerikil ginjal.

Akibat dari kurangnya asupan Vitamin C:
Jika badan kekurangan vitamin C maka biasanya akan terjadi gejala-gejala menyerupai sariawan, panas dalam, anemia, radang gusi, mimisan, kulit kering, nyeri sendi serta berkurangnya daya tahan badan terhadap penyakit.

Beberapa manfaat Vitamin C bagi tubuh:

  • Untuk pemulihan dan daya tahan tubuh, Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat penting lantaran sanggup membantu untuk meningkatkan daya tahan badan terhadap serangan penyakit serta memulihkan kondisi badan sehabis melaksanakan aktifitas atau aktivitas sehari-hari biar badan kembali fit.
  • Membantu proses pertumbuhan, vitamin C sangat dibutuhkan untuk proses pertumbuhan badan serta memperbaiki jaringan di dalam tubuh, menyerupai membantu penyembuhan luka, memelihara kesehatan gigi dan tulang, selain itu membantu membentuk colagen, protein untuk pembentukan kulit, ligamen, tendon serta pembuluh darah.
  • Memperbaiki mood, dengan rutin mengkonsumsi Vitamin C sebagai antioksidan maka radikal bebas yang terjadi akhir stres sanggup ditangkal sehingga sanggup memperbaiki mood seseorang.
  • Menurunkan kadar kolesterol, berdasarkan beberapa penelitian mengambarkan bahwa vitamin C sanggup menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.


Manfaat vitamin C untuk kecantikan:

  • Sebagai antioksidan, sangat efektif untuk melindungi kulit dari radikal bebas sehingga kulit menjadi lebih sehat dan bersih.
  • Perawatan kecantikan, Vitamin C berperan melancarkan peredaran darah sehingga kulit akan terlihat lebih segar, selain itu vitamin C sanggup membantu menciptakan kulit lebih halus, mencegah kekeringan dan menjaga kelembaban kulit serta menghambat enzim tirosinase yang membantu pembentukan pigmen di kulit.
  • Membantu dalam proses produksi kolagen, serta meningkatkan sintesis kolagen.
  • Mengurangi terjadinya penuaan dini, menyerupai terbentuknya garis halus, kerutan pada kulit, kulit kusam dan tidak segar.


Itulah manfaat vitamin C bagi badan yang sangat penting dikonsumsi setiap hari biar badan kita tetap sehat dan segar, semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel