Bahaya Bubuk Vulkanik Bagi Kesehatan

- Bahaya bubuk vulkanik bagi kesehatan - Bencana alam menyerupai meletusnya gunung berapi merupakan kejadian yang tidak sanggup kita tolak, banyak kerugian yang sanggup terjadi bahkan tidak sedikit yang meninggal alasannya yakni adanya musibah ini.

Beberapa waktu ini banyak terjadi peristiwa meletusnya gunung berapi menyerupai gunung Sinabung dan gunung Kelud yang gres saja terjadi, namun yang perlu diwaspadai yakni ancaman dari bubuk vulkanik untuk kesehatan badan kita.






Hujan debu vulkanik sangat berbahaya bagi badan kita apalagi jikalau hingga terhirup akan menjadikan terjadinya gangguan pernafasan selain itu bubuk vulkanik akan berbahaya untuk kesehatan mata dan kulit anda, alasannya yakni debu vulkanik mengandung zat-zat yang sangat berbahaya untuk kesehatan badan kita.




Beberapa efek jelek yang perlu anda waspadai ketika mengalami hujan debu vulkanik:

1. Terganggunya kesehatan pernafasan
Orang yang mempunyai gangguan duduk perkara pernafasan menyerupai sakit paru-paru, asma ataupun bronchitis akan lebih berbahaya jikalau hingga bubuk vulkanik terhirup, alasannya yakni sanggup menimbulkan penyakit yang dideritanya menjadi lebih parah, oleh alasannya yakni itu penderita gangguan pernafasan sebaiknya berada di kawasan yang tidak terkena bubuk vulkanik.

Faktor-faktor menyerupai durasi hujan vulkanik, konsentrasi bubuk vulkanik di udara serta kandungan aerosol dan juga gas yang tercampur dengan bubuk vulkanik menghipnotis resiko seseorang mengalami gangguan pernafasan, jikalau faktor-fakter tersebut semakin banyak maka akan semakin berbahaya bagi kesehatan pernafasan anda, sebaiknya anda memakai masker ketika keluar untuk mengurangi efek jelek dari ancaman bubuk vulkanik.

Gejala yang sanggup dirasakan ketika seseorang mengalami duduk perkara gangguan pernafasan jawaban bubuk vulkanik:

  • Saat bernafas menjadi agak sulit dan merasa tidak nyaman
  • Pada susukan pernafasan mengalami iritasi dan menimbulkan keluarnya ingus.
  • Gangguan pada pernafasan menyerupai batuk-batuk, sesak nafas, nafas tersengal-sengal, nafas menjadi berbunyi serta sakit pada pecahan dada.
  • Mengalami iritasi di pecahan tenggorokan sehingga menimbulkan radang pada tenggorokan serta mengalami batuk kering.



2. Terjadinya iritasi pada mata
Abu vulkanik selain sanggup masuk ke susukan pernafasan juga sanggup masuk ke mata anda dan jikalau itu terjadi akan sangat berbahaya untuk mata anda alasannya yakni bubuk vulkanik beda dengan bubuk biasa, bubuk vulkanik mempunyai sudut kristal yang runcing sehingga memungkinkan permukaan mata anda akan gampang tergores.

Jika hingga bubuk vulkanik masuk ke mata sanggup menjadikan iritasi pada mata anda oleh alasannya yakni itu sebaiknya hindari anda mengucek mata ketika bubuk vulkanik masuk ke mata anda alasannya yakni sanggup memperparah iritasi yang terjadi pada mata anda selain itu sanggup menimbulkan pengikisan serta gesekan pada kornea, sebaiknya anda memakai obat tetes mata atau sejenisnya untuk membersihkan mata anda dari debu vulkanik.

Untuk anda yang memakai lensa kontak akan sangat beresiko mengalami iritasi pada mata, alasannya yakni itu sebaiknya anda tidak memakai lensa kontak tapi memakai beling mata untuk melindungi mata anda dari bubuk vulkanik.

Beberapa tanda-tanda yang sanggup terjadi alasannya yakni bubuk vulkanik masuk ke mata anda:

  • Mata mengalami iritasi
  • Mata anda akan terus menerus mengeluarkan air serta mengeluarkan kotoran (belekan) 
  • Mata akan merasa sakit dan tidak nyaman
  • Terjadinya pengikisan pada pecahan kornea dan mengalami gesekan pada mata
  • Bola mata mengalami peradangan menjadikan terjadinya mata merah dan rasa terbakar serta penglihatan menurun.



3. Terjadinya iritasi pada kulit
Untuk anda yang mempunyai kulit sensitif sebaiknya anda menghindari kulit anda bersentuhan dengan bubuk vulkanik alasannya yakni akan menimbulkan reaksi alergi atau disebut juga dermatitis, jikalau bubuk vulkanik terlanjur mengenai kulit anda sebaiknya anda bersihkan kulit anda dengan air higienis dan sabun.

Meskipun iritasi pada kulit tidak selalu dialami oleh semua orang namun jikalau bubuk vulkanik telah bercampur dengan zat berbahaya sebaiknya anda berhati-hati, alasannya yakni sanggup saja zat yang berbahaya tersebut sanggup mengiritasi kulit anda.

Beberapa tanda-tanda yang terjadi alasannya yakni bubuk vulkanik pada kulit

  • Terjadinya ruam kemerahan pada kulit
  • Timbulnya bintik-bintik merah pada kulit
  • Kulit mengalami gatal-gatal



Beberapa tips untuk mencegah efek jelek dari debu vulkanik:

  • Gunakan masker atau kain lembap untuk menutup hidung anda
  • Gunakan beling mata untuk menghindari mata anda dari bubuk vulkanik
  • Sebaiknya anda tidak memakai lensa kontak untuk sementara 
  • Gunakan obat tetes mata atau sejenisnya untuk membersihkan mata anda
  • Gunakan baju lengan panjang atau celana panjang semoga kulit anda tidak bersentuhan pribadi dengan bubuk vulkanik
  • Untuk membersihkan bubuk vulkanik sebaiknya disemprot dulu dengan air semoga debu vulkanik tidak berterbangan.
  • Gunakan lap lembap untuk membersihkan barang-barang yang terkena debu
  • Cucilah kulit anda yang terkena bubuk vulkanik memakai air dan sabun
  • Saat mencuci kain atau pakaian yang sudah terkena bubuk vulkanik sebaiknya dibersihkan dulu sebelum dicampur dengan pakaian lainnya.


Itulah artikel mengenai "Bahaya bubuk vulkanik bagi kesehatan" yang perlu anda waspadai supaya kita sanggup terhindar dari efek jelek dari debu vulkanik yang sanggup mengganggu kesehatan kita terutama pecahan pernafasan, mata dan juga kulit.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel