11 Khasiat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan

Buah kelengkeng (Dimocarpus Longan) mempunyai 2 sebutan bersahabat lain, yakni buah mata kucing atau buah longan. Buah yang berasal dari Benua Asia Tenggara ini berbentuk bundar dengan ukuran kurang lebih sebesar kelereng. Pada pertumbuhannya, buah kelembeng bergerombol pada tangkainya. Kulit buahnya berwarna coklat muda hingga kehitam-hitaman dengan kulit permukaan agak bergairah dan berbintil-bintil, dengan dagning buah yang berwarna putih bening dan berair. Rasanya manis, segar dan mempunyai aroma harum yang khas. Bijinya berbentuk bundar yang terdiri dari dua keeping dan dilapisi kulit biji yang juga berwarna hitam. Daging bijinya sendiri berwarna putih, mengandung senyawa karbohidrat, sedikit minyak,d an saponin.


 yakni buah mata kucing atau buah longan 11 Khasiat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan
Khasiat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan




Kandungan dan Senyawa Utama



Pada daging buah kelengkeng terdapat kandungan sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, asam tartaric, dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan.


Khasiat Buah Kelengkeng



Beberapa khasiat buah kelengkeng yang sanggup dirasakan, antara lain:

  1. Mengendurkan saraf
  2. Mengatasi gelisah, susah tidur, dan sulit konsentrasi
  3. Menyehatkan jantung dan meredakan jantung yang berdebar keras
  4. Memperkuat limpa
  5. Meingkatkan produksi darah merah
  6. Menambah selera makan dan menambah tenaga
  7. Menyehatkan usus dan memperbaiki proses perembesan makanan
  8. Melancarkan buang air kecil
  9. Mengatasi kecacingan
  10. Menyehatkan mata
  11. Mengobati sakit kepala, keputihan dan hernia.



Cara Pemanfaatan

  • Mengembalikan kebugaran badan pasca sakit: makan 250 gr buah kelengkeng segar setiap hari.
  • Menambah nafsu makan dan menguatkan limpa: makan 60 gram buah kelengkeng segar 2 kali sehari, tiap pagi dan malam. Cara ini juga sanggup mengatasi diare lho !
  • Menyembuhkan luka bakar: ambil sedikit biji kelengkeng, kemudian bakar hingga menjadi arang. Setelah itu, tumbuk hingga halus dan campurkan dengan minyak tung, kemudian oleskan pada bab badan yang sakit.
  • Mengobati luka luar yang susah sembuh: gunakan biji kelengkeng secukupnya yang sudah kering, kemudian bakar hingga menjadi arang, selanjutnya tumbuk hingga halus dan jangan lupa tambahkan minyak zaitun. Oleskan pada luka luar. baca juga: Kenali 3 Khasiat dan Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel