Rahasia Sehat Kulit Dan Buah Manggis Yang Wajib Di Ketahui



Pohon manggis menyukai suhu yang hangat dan stabil untuk tumbuh dan berkembang. Manggis tergolong jenis tumbuhan yang hanya hidup di tempat beriklim tropis, dan diyakini berasal dari Indonesia. Tinggi pohonnya bisa mencapai hingga tinggi 7-25 meter.

Dalam bidang perdagangan, manggis sering dijuluki sebagai ratu buah. Sebutan ini tentunya tidak hiperbola mengingat kadar antioksidan yang terkandung dalam buah manggis ialah yang tertinggi di dunia, luar biasa bukan? Selain daging buahnya, ternyata kulit manggis juga mempunyai khasiat yang tidak bisa diremehkan.


Kandungan & Senyawa Utama



Kulit kayu, kulit buah dan lateks keirng manggis mengandung sejumlah zat warna kuning yang berasal dari dua metaboloit, yakni mangostin dan β-mangostin. Berbegai penelitian berhasil mengambarkan kulit buah manggis mengandung antioksidan yang sangat kuat, melebihi vitamin C dab E. Buah ini juga kaya akan vitamin B1, B2, C, kalsium, kalium, sodium, zat besi, mangostin, garnison, gartanin, flavonoid dan xanthone.


Khasiat Terbaik Manggis



Buah manggis sanggup dimanfaatkan sebagai obat diare, peradangan pada amandel, keputihan, disentri, wasir dan borok. Selain itu, manggis juga sanggup meluruhkan dahak dan mengobati sakit gigi. Sedangkan kulit buah manggis dipakai untuk mengobati sariawan, nyeri urat, disentri, dan juga sembelit. Sedangkan kulit batangnya berguna meredakan nyeri perut, dan akarnya sangat elok untuk mengatasi hadi yang tidak teratur.

Xanthone yang ada pada kulit buah manggis ialah biro membunuh penyakit yang ampuh dan juga memperbaiki sel yang telah rusak, serta melindungi sel-sel dalam tubuh. Xanthone juga berguna mengobati penyakit ibarat jantung, hipertensi, thrombosis, dan aterosklerosis. Bukan hanya itu, senyawa ini bisa menghambat pertumbuhan masiv sel-sel kanker. Jenis-jenis kanker yang bisa diobati dengan kulit manggis, antara lain kanker pay**ara, kanker darah (leukemia), kanker lambung, kanker paru-paru, kanker usus besar, dan juga kanker hati.


Cara Membuat Ramuan



Obat Disentri
2 buah manggis dicuci dan dipotong-potong kemudian direbus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan tinggal setengahnya. Setelah dingin, disaring, kemudian dimnum dengan madu 2 kali sehari sebanyak ¼ gelas.

Obat Mencret
2 kulit buah manggis yang sudah masak, dicuci dan dipotong-potong, kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa separuhnya. Setelah dingin, jangan lupa disaring terlebih dulu sebelum diminum dengan madu seperlunya, lakukan hal ini 2 kali sehari masing-masing ¼ gelas setiap kali minum ramuan ini.

Obat Sariawan
2 kulit buah manggis di basuh dan dipotong-potong kecil, kemudian direbus dnegan 3 gelas air hingga mendidih, biarkan hingga tinggal separuhnya. Setelah dingin, disaring dan dipakai dengan cara dikumur-kumur terlebih dahulu sebelum diminum. Lakukan 3 hingga 6 kali sehari sebanyak 2 sendok makan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel