Ramuan Herbal Dari Mengkudu (Morinda Citrifolia)








Tanaman Obat Mengkudu


Klasifikasi ilmiah


Regnum: Plantae








Familia: Rubiaceae


Genus: Morinda


Spesies: M. citrifolia


Nama binomial


Morinda citrifolia





Mengkudu (pace, kemudu, kudu (Jawa); cengkudu (Sunda), kodhuk (Madura), wengkudu (Bali) berasal tempat Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Nama lain untuk tumbuhan ini ialah Noni (bahasa Hawaii), Nono (bahasa Tahiti), Nonu (bahasa Tonga), ungcoikan (bahasa Myanmar) dan Ach (bahasa Hindi),





Tanaman ini tumbuh di dataran rendah pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 m, mempunyai bunga bongkol berwarna putih. Buahnya berwarna hijau mengkilap dan mempunyai totol-totol.





Mengkudu sering dipakai sebagai materi obat-obatan.








A. ASAL USUL MENGKUDU


Asal permintaan mengkudu tidak terlepas dengan keberadaan bangsa polinesia yang menetap di kepulauan Samudra Pasifik. Bangsa Polinesia dipercaya berasal dari Asia Tenggara. Pada tahun 100 SM, bangsa yang populer berani ini mengembara.tanpa alasannya yang terperinci mereka menyeberangi lautan meninggalkan tanah air mereka. Ada kesan para pengembara itu di kecewakan oleh suatu hal dan maksud menjauhkan diri dari kehidupan sebelumnya. Setelah usang mengembara, mereka hingga di sekitar Polinesia, yaitu kepulauan di sekitar Pasifik Selatan. Para petualang tersebut eksklusif jatuh hati ketika melihat indahnya pemandangan, kondisi pantai, dan pulaunya. Uniknya, mereka seakan telah mempersiapkan diri untuk berpindah ke pulau lain. Hal ini sanggup dibuktikan dengan adanya sejumlah flora dan binatang yang ikut dibawa, lantaran dianggap penting untuk mempertahankan hidup. Beberapa flora asli, ibarat pisang, talas, ubi jalar, sukun, tebu, dan mengkudu, dibawanya.di antara yang dibawa itu, masih ada yang berupa stek dan tunas. Salah satu flora itu, yakni mengkudu, dianggap barang keramat. Sejak 1500 tahun kemudian penduduk kepulauan yang sekarang disebut hawaii itu mengenal mengkudu dengan sebutan noni. Mereka menduga flora berjulukan latin Morinda citrifolia tersebut mempunyai banyak manfaat. Mereka memandangnya sebagai Hawaii magic plant, lantaran buah ini dipercaya sanggup mengobati banyak sekali macam penyakit.





B. CIRI-CIRI UMUM MENGKUDU ==


a. Pohon. Pohon mengkudu tidak begitu besar, tingginya antara 4-6 m. batang bengkok-bengkok, berdahan kaku, kasar, dan mempunyai akar tunggang yang tertancap dalam. Kulit batang cokelat keabu-abuan atau cokelat kekuning-kuniangan, berbelah dangkal, tidak berbulu,anak cabangnya bersegai empat. Tajuknya suklalu hijau sepanjang tahun. Kayu mengkudu gampang sekali dibelah sesudah dikeringkan. Bisa dipakai untuk penopang tumbuhan lada.





b. Berdaun tebal mengkilap. Daunmengkudu terletak berhadap-hadapan. Ukuran daun besar-besar, tebal, dan tunggal. Bentuknya jorong-lanset, berukuran 15-50 x 5-17 cm. tepi daun rata, ujung lancip pendek. Pangkal daun berbentuk pasak. Urat daun menyirip. Warna hiaju mengkilap, tidak berbulu. Pangkal daun pendek, berukuran 0,5-2,5 cm. ukuran daun penumpu bervariasi, berbentuk segi tiga lebar. Daun mengkudu sanggup dimakan sebagai sayuran. Nialai gizi tinggi lantaran banyak mengandung vitamin A.





c. Bunga harum. Perbungaan mengkudu bertipe bonggol bulat, bergagang 1-4 cm. Bunga tumbuh di ketiak daun penumpu yang berhadapan dengan daun yang tumbuh normal. Bunganya berkelamin dua. Mahkota bunga putih, berbentuk corong, panjangnya sanggup mencapai 1,5 cm. Benang sari tertancap di verbal mahkota. Kepala putik berputing dua. Bunga itu mekar dari kelopak berbentuk ibarat tandan. Bunganya putih, harum.





d. Buah batu. Kelopak bunga tumbuh menjadi buah bundar lonjong sebesar telur ayam bahkan ada yang berdiameter 7,5-10 cm. Permukaan buah ibarat terbagi dalam sel-sel poligonal (segi banyak) yang berbintik-bintik dan berkutil. Mula-mula buah berwarna hijau, menjelang masak menjadi putih kekuningan. Setelah matang, warnanya putih transparan dan lunak. Daging buah tersusun dari buah-buah watu berbentuk piramida, berwarna cokelat merah. Setelah lunak, daging buah mengkudu banyak mengandung air yang aromanya ibarat keju busuk. Bau itu timbul lantaran pencampuran antara asam kaprik dan asam kaproat (senyawa lipid atau lemak yang formasi molekulnya gampang menguap, menjadi bersifat ibarat minyak atsiri) yang berbau tengik dan asam kaprilat yang rasanya tidak enak. Diduga kedua senyawa ini bersifat aktif sebagai antibiotik.





C. KANDUNGAN MENGKUDU


a. Zat nutrisi. Secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang diperlukan tubuh, ibarat protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalm jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.





b.Terpenoid. Zat ini membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.





c.Zat anti bakteri. Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu sanggup mematikan basil penyebab infeksi, ibarat Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti basil itu juga sanggup mengontrol basil pathogen (mematikan) ibarat Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus.





d.Scolopetin. Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.





e.Zat anti kanker. Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.





f.Xeronine dan Proxeronine. Salah satu alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu ialah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung materi pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine ialah homogen asam nukleat ibarat koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel badan untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.





Literatur yang di gunakan:


Bangun, A. P.,DR, MHA dan Saworno, B.,Khasiat dan Manfaat Mengkudu, Jakarta: Agromedia Pustaka, 2002




Hak Cipta (C) 2000,2001,2002 Free Software Foundation, Inc.


51 Franklin St, Fifth Floor, Boston, MA 02110-1301 USA


Semua orang diperbolehkan untuk menyalin dan mendistribusikan


salinan sama persis dari dokumen lisensi ini, namun


tak diperkenankan untuk mengubahnya


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel