Obat Penyakit Dari Tanaman Temu Putih



OBAT PENYAKIT DARI TANAMAN TEMU PUTIH


Temu putih, jikalau dilihat sepintas lalu tanaman ini seakan-akan dengan temulawak, ataupun temu kunci. perbedaannya akan terlihat bila kita melihat rimpangnya yang berwarna putih, daun temu putih berwarna merah gelap. Temu putih merupakan jenis tumbuhan yang berumur tahunan, temu putih merupakan jenis tanaman rimpang yang cukup besar dan tingginya bisa mencapai dua meter. Temu putih tidak tumbuh merumpun namun hanya mempunyai beberapa batang yang tumbuh dengan jarang.







Rimpang temu putih merupakan jenis umbi batang, berbentuk bundar dan gendut, serta sangat gampang sekali dipatahkan. Rimpangnya dipenuhi oleh akar akar yang besar dan kaku, jenis batangnya tersusun dari campuran kelopak-kelopak daun dan berbatang semu.





Temu putih banyak dibudidayakan di Malaysia, Indonesia dan Filipina, Khusus di Indonesia Temu putih sering kita temukan tumbuh dengan liar khasusnya didaerah Jawa, Ambon, hingga ke Irian. Dalam membudidaya temu putih cukup dengan memisahkan anakan atau rimpangnya yang mempunyai mata tunas.





Khasiat temu putih sudah usang dikenal di Negara kita, ini tentunya sebab temu putih diyakini bisa mengobati banyak sekali jenis penyakit yang sedang kita derita. Dan Berikut ini yaitu beberapa khasiat temu putih dan cara mengolahnya :





Mengobati keseleo 


  • Ambil beberapa buah rimpang temu putih 
  • Bersihkan 
  • Tumbuk atau diparut hingga halus 
  • Tempelkan pada pecahan yang keseleo, biarkan hingga kering, supaya tidak gampang lepas sebaiknya dibungkus dengan kain atau perban. 


Memulihkan tenaga Bagi yang habis melahirkan 


  • Ambil beberapa buah rimpang temu putih yang masih segar 
  • Cuci hingga bersih 
  • Jadikan Rimpang temu putih sebagai lauk makan nasi 


Khasiat lain temu putih Temu putih juga cantik untuk jamu maupun sebagai bumbu masakan, sebab bermanfaat untuk menghangatkan badan, menambah nafsu makan, menghilangkan nafas tidak sedap, menguatkan syahwat, sebagai obat luka, peluruh cacingan pada anak-anak, memperbaiki penglihatan yang kabur atau tidak jelas, obat demam, tumor, TBC, limpa bengkak, sakit ayan serta wasir. Selain dari itu khasiat temu putih juga cantik untuk menyegarkan otak dan jantung, merangsang muntah ketika terkena racun, pelancar haid bagi wanita, pelancar dahak, kentut.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel