Manfaat Daun Pepaya Untuk Budidaya Lele

Manfaat daun pepaya untuk budidaya lele - Daun pepaya tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan manusia saja, namun juga bermanfaat untuk kesehatan ikan lele. Ikan lele sangat membutuhkan ph air yang stabil. Sementara pohon pepaya yaitu salah satu cara mengstabilkan ph air dalam bak ikan lele. Yang bermanfaat untuk ikan lele yaitu pohon pepaya dan daun pepaya. Pohon pepaya bisa menjadi obat herbal bagi ikan lele yang stress atau sakit.

Ikan lele stres atau sakit biasanya dikala ph air bak berubah. Ini terjadi biasanya pada bak ikan yang terbuka, dikala demam isu hujan air hujan yang masuk akan menciptakan ikan merasa ada perubahan habitatnya sehingga kebanyakan ikan stres dan sering naik ke atas. Ketika kondisi bak menyerupai ini maka perlu di antisipasi dengan memasukkan pohon pepaya. Ketika pohon pepaya dimasukkan kedalam kolam, maka lumut akan tumbuh dengan sendirinya dan akan dimakan oleh ikan lele. lumut inilah yang akan berfungsi sebagai obat herbal bagi ikan lele.


 namun juga bermanfaat untuk kesehatan ikan lele Manfaat Daun Pepaya untuk Budidaya Lele
Daun pepaya untuk budidaya ikan lele


Manfaat pepaya dalam budidaya ikan lele juga bisa dilihat dikala ikan gres dimasukkan kedalam kolam, biasanya mengalami stres atau pening. Ini bisa di atasi dengan menunjukkan daun pepaya.


 namun juga bermanfaat untuk kesehatan ikan lele Manfaat Daun Pepaya untuk Budidaya Lele
Kolam terpal daerah budidaya ikan lele


Manfaat Daun Pepaya untuk Budidaya Lele



Nah, bagi anda pembudidaya lele, salah satu flora yang serba guna bagi ika lele yaitu Pohon pepaya, mempunyai kegunaan mulai dari daunnya sampai pohonnya. Berikut kita lihat kegunaan dari pohon pepaya dan daun pepaya untuk budidaya ikan lele.

1. Daun pepaya bisa menjadi obat stres ikan lele yang gres dibeli atau dimasukkan kedalam bak pembenihan atau penenbaran.

2. Daun pepaya sebagai obat bagi ikan lele semoga slow dan damai dalam kolam. Caranya yaitu rajang halus daun pepaya sampai mengeluarkan airnya dan tebarkan dalam bak sebagai pakan ikan lele.

3. Menghilangkan sifat kanibalisme sesama lele. Manfaat daun pepaya bagi lele juga bisa untuk menghilangkan sifat menyerang satu sama lain atau sifat kanibalismenya. Caranya yaitu dengan mencincang halus daun pepaya dan masukkan sedikit tetesan tebu/Molase, aduk merata dan diamkan selama 15 menit, gres diberikan kepada ikan lele.

4. Meningkatkan kekebalan badan ikan lele. Daun pepaya juga manis sebagai pakan alami yang bisa menambah daya tahan badan atau imunitas pada ikan lele. Caranya bisa di cincang kemudian dimasukkan kekolam atau bisa eksklusif di lempar kekolam.

5. Daun pepaya bermanfaat untuk sterilisasi air bak dari penyakit. Daun pepaya juga mempunyai manfaat lain yaitu membebaskan bak ikan dari penyakit. Caranya gampang saja, ambil daun pepaya dan tangkainya, tumbuh halus atau rajang sampai hancur, kemudian tebarkan keseluruh bak ikan lele. Perbadingannya yaitu 1 genggam untuk 1 meter persegi. Maka bak ikan lele akan bebas dari penyakit ikan.

Cara lain untuk menjaga kesehatan ikan lele selain memakai pepaya yaitu bisa menggunana bogol pisang. Namun dalam penggunaannya harus diperhaitkan semoga tidak terlalu banyak. Terlalu banyak bogol pisang malah berbahaya bagi ikan lele. Demikianlan manfaat daun pepaya untuk budidaya ikan lele. Demikian juga manfaat dari pohon pepayanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel