Manfaat Daun Eceng Gondok Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Eceng Gondok - Eceng gondok ialah tumbuhan air yang gampang hidup dimana saja, terutama di air yang kotor. Tanaman eceng gondok biasa diperdapatkan di sungai-sungai, kolam, parit, danau dan rawa-rawa. Tanaman hijau ini sanggup hidup dengan cepat, sehingga dalam waktu yang sebentar sudah sanggup menutupi permukaan air atau danau. Hal ini sering di anggap mengganggu oleh sebahagian orang, sehingga kesannya tumbuhan eceng gonsok dimusnahkan dengan cara dibabat.

Alasan lain yang menciptakan warga membabat tumbuhan liar ini ialah alasannya ialah sering juga terjadi banjir jawaban sampah-sampah yang bersarang di sana dan tidak sanggup dibawa arus. Memang sekilas ini benar adanya, namun jikalau dipikirkan akan manfaat dari tanaman ini mungkin kita akan mengurungkan niat untuk memusnahkan bahkan kita ingin membudidayakannya.

 Eceng gondok ialah tumbuhan air yang gampang hidup dimana saja Manfaat Daun Eceng Gondok bagi Kesehatan


Walaupun demikina sejarah awal eceng gondok, namun sekarang tanamna ini sudah mulai dimanfaatkan oleh tangan-tangan kreatif anak bangsa, menyerupai serat batang dibentuk menjadi tikar, anyaman yang berkualitas bahkan laris hingga maca negara. Selain itu, eceng gondok juga bermanfaat untuk dibentuk tas, tikar, aksesoris, taplak meja dan sebagainya. Sementara daun nya sanggup dimanfaatkan sebagai pakan ternak menyerupai bebek, sementara batangnya sanggup dimanfaatkan sebagai penyangga bunga. Peluang bisnis dari tumbuhan eceng gondok ini sekarang mulai dilirik dan dimanfaatkan, alasannya ialah nilainnya yang sangat ekonomis.


Manfaat Eceng Gondok bagi Kesehatan




Hal yang mecengangkan tiba dari dunia medis, ternyata tumbuhan eceng gondok bermanfaat untuk kesehatan dan berpotensi bahkan sanggup menyembuhkan bermacam-macam jenis penyakti, alasannya ialah adanya senyawa-senyawa tertentu dalam eceng gondok.

Unsur-unsur itu ialah unsur SiO2, calsium (Ca), magnesium (Mg), kalium (K), natrium (Na), chlorida (Cl), cupper (Cu), mangan (Mn), ferum (Fe) dan masih bayak lagi. Sementara akarnya terdapat senyawa sulfate dan fosfat. Daunnya kaya senyawa carotin dan bunganya mengandung delphinidin-3-diglucosida. Dengan banyaknya kandungan kimia dalam eceng gondok ini maka ada banyak penyakit yang sanggup disembuhkan menyerupai tenggorokan panas, kencing tidak lancar, infeksi dll. Zat kimia tersebut terdapat dalam eceng gondok baik dari akarnya atau hingga daunnya.

Selain sebagai obat, eceng gondok juga bermanfaat untuk pembuatan pupuk. Banyak pembuat pupuk memakai materi dasar eceng gondok. Jadi, keuntungannya sangat menyeluruh baik didunia kesehatan, kerajinan tangan bahkan hingga pada pertanian yakni pembuatan pupuk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel