Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan

Manfaat daun pegagan bagi kesehatan - Daun pegagan sering tumbuh di kawasan lembab menyerupai pematang sawah, daun ini mempunyai aneka khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Daun pegagan atau yang disebut dengan daun tapak kuda mempunyai rasa agak elok dan menyejukkan. Manfaat daun pegagan bisa untuk anti-infeksi, antitoxic, penurun panas, peluruh air seni.

Karena manfaat daun pegagan bagi kesehatan kian besar, maka daun ini sering dicari oleh kebanyakan orang untuk dijadikan sebagai materi ramuan obat-obatan. Dibalik keuntungannya yang demikian besar, ternyata daun pegagan mengandung sekian banyak kandungan kimia, sebut saja asiaticoside, centellose, carotenoids, thankuniside, isothankuniside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, madecassoside, brahmoside, meso-inositol, garam-garam mineral menyerupai garam kalium, kalsium, besi, vellarine dan zat samak, natrium, magnesium. Berikut Manfaat daun pegagan yang harus anda ketahui

 Daun pegagan sering tumbuh di kawasan lembab menyerupai pematang sawah Manfaat Daun Pegagan bagi Kesehatan




Aneka Manfaat Daun Pegagan bagi Kesehatan



1. Mengobati darah tinggi
Salah satu manfaat daun pegagan yang sering dibutuhkan ialah mengobati darah tinggi. Dengan kemampuan untuk menstabilkan tekanan darah, maka daun pegagan serasa penting untuk ditanam. Cara mengobati darah tinggi dengan daun pegagan ialah dengan merebusnya.

Ambil 20 lembar daun pegagan dan rebus dengan air sebanyak 3 gelas, biarkan sampai air tersisa sampai ¾. Kemudian airnya diminum 3 kali salam sehari, masing-masing ¾ gelas.

2. Mengobati demam
Manfaat daun pegagan untuk menyembuhkan demam. Daun sawah ini juga bermanfaat untuk meredakan demam yang menyerang. Ambil satu genggam daun pegagan dan tumbuk sampai halus, selanjutnya beri sedikit air dan garam, saring dan minum di pagi buta sebelum mengkonsumsi masakan lain.

3. Daun pegagan mengobati wasir
Wasir ialah jenis penyakti yang sangat mengganggu BAB, kekurangan mengkonsumsi serat menjadi penyebab utama dari penyakit wasir atau hemorrhoid. Bagi anda yang mengalami penyakit ini tidak perlu takut, anda bisa mengobatinya dengan daun pegagan.

Cara menciptakan ramuan untuk wasir ialah dengan mengambil 4-5 batang pegagan beserta akar-akarnya. Rebus dengan air 2 gelas sampai mendidih dan minum setiap hari.

4. Mengobati mimisan, batuk darah, muntah darah
Manfaat daun pegagan bagi kesehatan selanjutnya ialah bisa mengobati penyakti berkaitan dengan kerongkongan, menyerupai batuk berdarah. Untuk mengobati penyakit ini, ambil 60 gram daun pegagan dan rebus atau peras sampai keluar airnya. Minumkan airnya

5. Mengobati mata merah, bengkak
Bagi anda yang mempunyai mata merah dan nanah anda bisa juga memakai daun pegagan. Manfaat daun pegagan bagi kesehatan mata didapatkan dengan cara meneteskan air perasan daun pegagan kedalam mata menyerupai anda memakai rhoto.

Remas atau lumatkan daun pegagan sampai keluar airnya, teteskan pada mata sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

Demikianlah manfaat daun pegagan bagi kesehatan semoga dengan adanya informasi ini anda bisa memanfaat daun yang sering dijumpai di area persawahan ini sebagai ramuan tradisional dalam mengobati aneka penyakit.

Baca juga manfaat daun binahong dan manfaat rumput gajah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel